jeudi 3 novembre 2011

2nd November and 3rd November 2011.... So crappy..., so CRAZY!

Oke, jumpa lagi dengan saya di jurnal pribadi yang bersifat meluas ini. Mungkin kalian mikir, "Ih, Kak Echa mana sih, kok nggak update-update...." Itu dikarenakan schedule gue yang emang padet akhir-akhir ini (ini beneran!). Saking padetnya, gue sampe cuma punya waktu free barangkali tiga jam sehari, kadang lupa makan, lupa tidur, lupa nafas *yang ini naudzubillah deh* dsb-dsb.

Soooo... 2nd November, it was Wednesday, right? Hari itu gue berangkat ke sekolah dengan rada galau karena belom dapet kepastian kapan ulangan Fisika yang gue laksanain kemarin. Abisnya, seharusnya udah tiga minggu lalu TAPI ditunda-tunda mulu. Sebagai murid, gue bersyukur, lah. Tapi berita buruknya: hari Selasa ulangan dadakan. Abis deh gue. Rambut gue bener-bener ngejegrik semua.

Gue masuk ke kelas dengan muka disengakkin karena udah dua hari ini gue punya... ehm, trouble sama si M. Arravy a.k.a. Jerawati, cowok tersengak di kelas yang ngeselinnya ampun-ampunan. Jangankan buat nyapa dia apalagi ngeledekin kayak biasa, senyum aja gue udah males. Lagian, jari-jari gue belum "memulihkan diri" dari cedera ringannya gara-gara semalem gue paksain bikin peta konsep 6 bab IPS yang makes us crazy yeah. Bayangin deh, menurut lo lo dan lo, kalo ada guru yang udah ngasih rangkuman tertulis dan latihan yang make tangan juga (1 bab per 2x pertemuan), PLUS nyuruh kita buat ngetik itu semua dan presentasiin di kelas, terus kita sekarang disuruh ngejabarin lagi 6 bab dalam bentuk peta konsep gitu. Psycho nggak sih tuh guru? Tapi gue kerjain juga walau gue belum nyelesain 1 bab karena gue termasuk seneng IPS (EXCEPT Sociology). Pas gue di kelas, gue baru tau kalo temen-temen gue belom ngerjain sama sekali peta konsep itu.

Krik, krik... Gue ceming.

Temen-temen gue langsung balik ke kelas dan bikin tuh peta konsep. Gue duduk anteng dan nyalin peta konsep bab 3 Dyna yang emang gue skip semalem karena materinya lumayan bikin... ya gitu deh. Dyna udah bab 1 sampe bab 3 dan belum 3 bab lagi. Gue udah lima bab tapi ada yang gue skip, bab 3 yang lumayan banyak. Jadi ya seimbang lah. Gue ngerjain itu dan belom apa-apa, bel. Gue langsung masukin buku IPS ke kolong meja, terus baca Quran dengan suara syahdu *ceile*.

Terus Bu Suyatmi masuk dan gue ngelanjutin lagi ngerangkum IPS, tapi tanpa buku Dyna karena dia sendiri mau minjem. FINALLY, I'VE FINISHED IT! VERY FIRST AND THE EARLIEST! :-D Gue langsung buru-buru ngasih Bu Suyatmi buat dinilai dan dia nilai, eh dia nyuruh gue ngerangkum bab 8. Gue balik ke bangku, tapi langsung balik lagi ke meja guru because suddenly I remember... gue udah nyelesain rangkuman bab 8, 9, dan 10. Bu Suyatmi nilai dan dia nyuruh gue ngelanjutin latihan bab 8. Tanpa keluh gue langsung ngerjain karena dari nomor 1 sampe 20 PG dan 1 sampe 5 esai udah gue kerjain, tinggal 5 soal esai lainnya yang emang gue sisain biar gue ada kerjaan kalo di kelas. Udah dinilai, gue balik ke kelas dan ngerjain latihan bab 10 tanpa keluh. Geografi, salah satu pelajaran yang gue suka walau itu dan bab 9 udah masuk materi semester dua nanti.

Abis IPS, Bahasa Inggris. Nggak tau kenapa gue jadi spontanitas kalo guru gue nanya gitu *well, inilah gunanya terbiasa dengan native yang ngomongnya hasyisyusyesyoh*. Tapi hari ini Pak Moy ada rapat jadi kita main-main gitu. Gue ngumpul di meja tengah bareng Dinda, Chelsy, Dana (cowok), Lia, Dita, sama Astri. Abis itu karena bete, gue ngajak Dinda keluar buat ke kantin. Chelsy ikut-ikutan, jadi kita keluar berempat. Pas diluar, tiba-tiba Ajeng "menyerang" dan nyoret lengan gue pake spidol.

ARRRGH!

Gue langsung kesel, tapi bukan gue satu-satunya korban. Dinda, Ana, Awak, sampe si Jerawati pun juga kena getahnya. Gara-gara kesel, gue sama Dinda nyergap Ajeng berdua dan ngerebut spidol papan yang dia bawa, terus nyoret dia lebih gede HOAHAHA. Gue langsung ngibrit ke koper sementara Dinda berputar haluan ke toilet. Ajeng ngikutin Dinda karena pasti Bu Koper yang galak bakal ngedumel kalo kita bikin keributan di sana. Abis gitu, permainan berhenti karena bel. Ajeng ngegerutu, terus ngajak kita ke keran di depan UKS dan cuci tangan, eeeh dia malah nyipratin. GUE YANG PALING BANYAK KENA, SAUDARA-SAUDARA!

Gue langsung ke kantin, dan ngelewatin dapur. Pas gue ngeliat, gue tau itu kelas 9-8 lagi praktik karena gue ngeliat Ayu, Lista, Fia, Reggy, sama Fajri lagi bolak-balik di sana. Kita ngintip dan gue mau ngakak ngeliat Reggy pake apron merah! Ya ampunnn nggak cocok banget! Abis gitu, dia ngangkat tangan dan nyapa gue, megang piso pake satu tangan, jadi keliatan kayak chef absurd gitulah. Bu Tata Boga kelas 9-8 yang lewat, langsung melototin gue. Jadilah gue dan Dinda balik dan bergabung dengan Ajeng-Chelsy.

Setelah ke kantin, kita balik ke kelas karena Pak Moy udah masuk. Jadi hari ini ulangan harian. Oke, unlucky for me because the exam week has been came! Semalem gue sama sekali nggak belajar loh, buat ngerjain tuh tugas IPS, tapi nggak tau kenapa rasanya agak rileks karena materinya udah gue hafal luar kepala dan harapan terbaik gue adalah... semoga gue nggak remed, amiin. Abis itu Pak Moy langsung nyuruh kita ngeluarin kertas ulangan, pulpen, dan kamus, terus ngebagiin kertasnya. Formatnya, listening, speaking, reading, writing yang kalo ditotal 40 butir. Gue langsung dengerin bener-bener Pak Moy walau terganggu karena banyak "lebah-lebah beterbangan" di kelas gue, jadi nggak begitu kedengeran, deh. Sesi listening rada keganggu karena dua temen gue kebelet ke toilet dan baru balik 10 menit kemudian *tau deh sengaja apa enggak*. Kita mah nungguin sambil ngerjain soal-soal speakingreadingwriting, jadi listening-nya di-skip. Pas dua orang itu balik, Pak Moy langsung ngelanjutin listening-nya yang ketunda sedangkan dua orang itu innocent gitu deh *jujur gue agak geregetan*. Nah, nah, ada beberapa kata yang rada asing, tapi gue kerjain aja. Abis itu, gue ngerjain soal-soal yang lain yang at least lumayan lancar gue kerjain. Abis itu istirahat but I didn't go to canteen because I haven't finished IPA presentation project :( Gue gelar kertas karton putih dan kuning dan gue gunting beberapa kertas karton kuning yang udah gue kerjain *gambar akan di-upload besok*. Abis itu bala bantuan datang. Senta, Dzalika, Dinda, sama Ulfa (9-4) dateng dan ngebantuin gue ngerjain tuh tugas. Karena keburu bel, Senta sama Ulfa balik ke kelas masing-masing, digantiin sama kelompok gue, Rifki (KETUA. BUT HE DIDN'T WORK ANYMORE LIKE HELL!), Virsya, Mighfar, sama Ridwan. Kita corat-coret abis deh tuh masing, and alhamdulillah, finally we were finishing it! :D Tadinya gue udah waswas setengah mati karena kelompok lain udah kelar kan ye, dan Bu Shofi langsung nilai. Horeee, A although inside I was dissapointed because we've got A+ for two projects before it :( Tapi yah seenggaknya harus disyukuri yekan. Apalagi, itu didapat dari hasil jerih payah dan kespontanitasan.

Setelah dinilai, Bu Shofi langsung ngasih tugas lain. Dua orang harus presentasi di depan project masing-masing yang ditempel di dinding, sementara lima orang lain harus nyatet presentasi kelompok lain. Gue sama Rifki langsung presentasi dan yang lain nyebar. Tapi ada aje gitu anak yang nanya ini maksudnya apa dan blablabla, padahal gue yakin mereka nggak tau apa yang mereka tanyain, asal aja gitu. Karena gue pede, gue jawab aja setahu gue, tau deh bener atau salah, toh Bu Shofi cuma ngeliatin dari jauh. Eh, tapi nggak asal-asal amat, kok, gue kan udah belajar dan lumayan nguasain materi. Abis itu gue pengin ngambil Android gue buat ngefoto *berhubung "pengunjung"-nya udah sedikit dan kayaknya Rifki bisa ngatasin* gue langsung ngacir ke tempat duduk dan ngudek-ngudek tas. OMAIGAT! I COULDN'T FIND IT ANYWHERE! Dibantu Dzalika, gue minjem HP Dyna buat misscall dan nggak ada apa-apa. Nggak ada vibrate atau dering apapun dari sekitar tempat duduk gue, padahal HP gue disetel vibrate. Gue udah mau nangis dan bolak-balik dari bangku ke project mading. Terus Dzalika bilang, "Sa, jangan-jangan ketinggalan di rumah, kali."

Gue langsung ngapus air mata dan langsung nelpon nyokap gue di rumah. Dan... astaghfirullah, bener HP gue ada di sana! Setengah pengin teriak tapi setengah pengin nutup muka karena malu, gue langsung naro HP Dyna di meja sementara Dzalika nyorakin gue. Yah, keteledoran mungkin bisa dibilang sifat yang nggak bakal diilangin dalam diri Esa Khairina Husein sampai kapanpun.

Gue langsung ngebalikin HP gue ke Dyna dan minta maaf karena udah minjem pulsa dia, tapi dia nggak marah. Oke, Dyna emang baik walau luarnya cool dan galak. Abis gitu gue sama Dzalika balik ke tempat duduk yang udah digeser, jadi gue sama dia duduk di deket jendela. Hujan deres banget di luar, dan gue menggigil mikirin gimana caranya gue ke ILP nanti.

Pas pelajaran Bu Shofi kelar, gue sama Dzalika gabung ke meja belakang. Ada Ana, Ajeng, Dinda, Astri, Lia, Dita, sama Chelsy yang lagi main bongkar pasang pake spidol Faber Castle-nya Dinda. Gue cuma melongo ngeliatin ke-MKKB-an teman-teman gue, nggak ada niat buat ikutan bikin. Abis itu karena bosen, gue ke tempat Ana, ngobrol sama DzalikaAjengAna sampe bel. Abis bel, gue langsung ke atas buat bimbel BTA. Uyeah, hari ini bimbelnya Bahasa Indonesia. Gue merhatiin gurunya bener-bener, tapi rada terusik pas Nadia-Ayu (9-8) ngeluarin majalah Sophie Paris dari tasnya, terus ngasih ke gue sama Dini (9-5). Yang namanya cewek, ketemu katalog fashion kayak begituan tau kan gimana reaksinya? Gue berulang kali hah-heh-hoh ngeliatin baju-baju, jam-jam, sama tas-tas di situ, keren-keren pisaaaan! Gue tertarik sama tas Eiffel dari bahan setengah plastik yang harganya gocap, jam Surfer Girl (70 ribu), sama kaus lengan panjang skinny yang cerah. Dan gue juga melongo ngeliat tas yang bernuansa USA gitu, jadi kayak ada gambar bendera USA, terus sama ikon-ikon masing-masing kotanya. Gue langsung tertarik tapi pas ngeliat harganya... 150 ribu. Sedangkan untuk pulsa 20 ribu aja gue masih cekat-cekot mikirinnya (baca penyebabnya di sini).

Abis BTA, gue sama Dini langsung ke masjid untuk shalat dan nungguin hujannya redaan dikit. Abis shalat Ashar, kita disamperin Pak Sugino dan kita sama-sama curhat, dari A sampe Z dan dari Z balik ke A lagi. Dari situ gue tau kalo masa ngajar Pak Sugino cuma kesisa 12 hari lagi karena tanggal 14 nanti Pak Sugino bakal pensiun :') Pas dengernya, rasanya ganjil. SMPN 12 udah kehilangan Pak Morgan, kepala sekolah teladan se-DKI tahun berapa gitu, karena beliau pindah tugas ke SMP 19, dan dikit lagi bakal kehilangan Pak Gino..., terus Pak Ruswan. SMPN 12 bakal kehilangan guru-guru terbaiknya walau gue masih makan ati sama Pak Gino karena kuku gue bentuknya nggak beraturan gara-gara dipotongin pake gunting biasa hari Senin lalu.

Pas ujan sedikit reda, gue sama Dini balik ke 9-3 karena tasnya kita taro di sana. Abis itu, kita langusung capcus. Gue nebeng Dini karena bajaj ke rumahnya bakalan ngelewatin tempat kursus gue. Lumayan hemat waktu dan tenaga, berhubung tinggal 9 menit lagi waktu yang tersisa sebelum pelajaran dimulai *inget yaw, native itu bule dan bule itu disiplinnya tinggi*.

Sampe di ILP, gue langsung lari-lari ke sampe ke lantai 4 dan room 15. Di lantai pertama, gue ketemu sama si "Robert Pattinson" dan matanya nerawang. Oke, untuk pertama kalinya I realized that he wore glasses, LIKE ME! Gue senyumin, tapi dia nggak bales karena emang matanya lagi natap langit mendung di luar sana *duh nasib gue*. Di room 15, Mr Lupanamanya udah hadir sama Namira, temen sekelas gue dari mana gitu. Gue langsung duduk di sebelah Namira dan pelan-pelan banyak yang hadir. Hafiz, terus Rafly, Harris, Tiffany, Alesya, Reza, sampe Salwa dan Nadira. Salwa duduk di samping kiri gue.

So, pelajarannya hari ini adalah listening dan kita disuruh gambar gitu. Oke, cukup kenyanglah gue dengan pelajaran listening dua kali hari Rabu itu. Tapi pas mau discussion, PET! MATI LAMPU!

Gue santai walau awalnya kaget juga, terus Mr. Lupanamanya langsung berentiin kelas dan kita langsung keluar dari room 15 walau masih ada waktu 5 menit buat last games of the day. But I was totally comfort! Di luar juga udah cerah, dan nyokap gue udah nunggu di sana.

Today's Diary.... 3rd November 2011. Bikin peta konsep satu bab lagi? Edaaaan~
Hari ini Sentani ultah! Yippie! Sentaaaa if you read it, I wish all the best for you, wish you always happy and blessing everywhere, everytime :D And I'm proud being your best friend!

So, hari ini gue kembali ke sekolah kayak biasa. Memulai hari dengan yang biasa-biasa. Tapi tadi, dua pelajaran di ujung-ujung (Matematika dua jam pertama, SenMus dan SenBud dua jam terakhir) bolong, dan Pak Moy juga absen hari ini. Jadi hari ini longgaran, lah. Gue ngumpul lagi sama close friends gue di 9-3 dan ngoceh. Ajeng tadi sempet pindah ke sebelah gue jam Matematika karena "cowok"-nya *amiin ya Jeng* lagi main bola diluar sana. Ya dia teriak-teriak nggak jelas gitu. Gue mah, begitu kelar ngerjain tugas, langsung baca novel.

Abis Matematika, pelajaran Pak Agus yang bikin zzz gitulah. Efeknya duduk di pinggir, Pak Agus jadi nggak merhatiin gue, jadinya gue tergoda untuk nggak merhatiin dia juga. Dzalika sibuk ngikir kukunya, dan gue cuma ngelitain dia ngoceh dengan pikiran ngelantur. Ngelantur ke gosip kalo... Pak Agus bisa ngeramal dan baca pikiran orang.

Tapi anehnya, semua temen gue keliatan antusias dan pada merhatiin dia *serasa jadi artis ye Pak*. Bahkan para trouble maker juga pada ngeliatin Pak Agus gitu. Dana malah keliatan excited banget, yah bukan rahasia lagi sih kalo dia ngepens sama Pak Agus. Karena gue nggak merhatiin, jeng jeng jen jengg.... Gue kelabakan pas tiba-tiba Pak Agus ngasih soal, terus tuh guru ngeloyor tau ke mana sama Bu Lina. Mana soalnya nggak jelas pula. Gue ngerjain itu asal-asalan dan tau-bener-tau-salah, langsung nyelipin buku latihan di balik buku paket, terus lanjut tidur dan baca novel.

Pak Agus nggak balik sampe istirahat kelar, dan gue makan lumayan banyak. Abis itu Sentani dateng dan gue dan Ajeng langsung peluk-pelukan sama dia. Begitu tau dia ultah, langsung deh, banyak temen sekelas gue yang ngucapin happy birthday ke dia. Hmm, dia lumayan eksis, sih. Abis itu kita langsung duduk di bangku gue *Ana sama Dzalika gabung sama grup HipHipHuray 9-3* jadi kita cuma bertiga doang. Gue cerita soal si Robert Pattinson dan Senta cerita soal Mr. X dan Mr. Biologi. Hahaha. Gini deh kalo kita ketemu. Abis itu Lista sama Ayu dateng, dan langsung nyapa gue, "Ginanjar..." kayak biasa. Gue bales, "Ayu T. A. I...." karena emang namanya itu Ayu Tri Andini I....... siapa gitulah. Oke, pengetahuan dari Ravy yang gue salahgunakan.

Gue langsung mesen tas Eiffel itu tapi bilang masih pikir-pikir lah untuk tas nuansa USA itu. Terus kita balik makan dan setelah abis, Senta balik ke kelasnya dan Bu Suyatmi dateng dalam itungan menit *guru sehat*. Setelah bersia-memberi-salam *ritual setiap guru baru dateng*, gue langsung duduk dan Bu Suyatmi ngasih tugas suruh bikin peta konsep BAB 7 YANG BANYAKNYA NAUDZUBILLAH.

Otak gue langsung butek dan tanpa babibu gue langsung ngerjain tuh tugas yang lumayan bikin tangan gue berontak. Kabar baiknya, hari ini nggak jadi ulangan dududu~ Eh, pas IPS tadi, ada sedikit tragedi gitu. Jadi ada kucing hamil yang betah banget di 9-3. Gue sama Lia udah gantian buat ngeluarin tuh kucing, tapi tuh kucing masuk lagi masuk lagi. Tapi ya udahlah. Selesai IPS, pelajaran Bahasa Inggris lagi (dua hari ini emang IPS-B. Ing jadwalnya berturut-turut). Berhubung Pak Moy nggak masuk, I took a paper and wrote something random on it. Setelah itu gue baca novel dan langsung gabung sama HipHipHuray9-3 (cewek-cewek yang lumayan akrab sama gue ituloh). Kita langsung masuk ke obrolan absurd, dan take a rest begitu bel tanda shalat bunyi. Gue sama Ajeng--yang kompakan lagi absen shalat--tetep ke masjid karena Senta ada di sana. Begitu adzan, Senta langsung masuk ke masjid sedangkan gue dan Ajeng ke belakang masjid atas *masjid cewek* dan makan di sana. Fia (9-8) dateng dan gabung, terus kita ngobrolin banyak hal, terutama sih tentang sekolah. Pas Senta dateng, Fia gabung sama BlakBlakans dan mereka nggak tau ke mana. Pokoknya gue sama SentaAjeng stay at mosque. Kita foto-foto pake HP Senta *karena HP gue yang lowbat gue tinggal di tas* dan Ajeng sempet jerit-jerit karena dijejelin semut terbang sama Sentani. HOAHAHA, taste it, Jeng!

Abis itu gue gabung sama anak BlakBlakans yang juga lagi sesi foto-foto, beberapa meter dari tempat kami ngumpul. Gue ikutan foto sama mereka pake kacamata frame tebelnya Senta *kata orang gue lucu pake gituan. Gatau deh lucu dalam konteks bagus apa ngeledek*. Abis itu kita balik ke depan perpus dan Rakrya ada di sana, duduk di hadapan Rheza (9-2) yang lagi main laptop. Rheza kebetulan temen sekelas gue dulu pas kelas 7, jadi lumayan kenal. Abis itu kita terlibat obrolan random dan Rakrya minta PU sama Senta.

Terus gue sama Ajeng balik ke kelas, dan ke koperasi dulu buat jajan. Pas di kelas, tiba-tiba Bu Hotlina masuk dan ngumumin kalo... yang bimbelnya pake PM sekolah diliburin karena gurunya pada latihan nyanyi buat lomba PGRI. Gue langsung kecewa karena gue bimbel BTA, gitu juga sama Ajeng dan Dinda. Yang lain mah, sekolah. Abis itu kita langsung BTA walau rada males dan muridnya juga menyusut *walau anak kelas A yang rajin pada nggak bolos, sih*. Karena BTA-nya hari ini Bahasa Inggris, gue yang tadinya mau bolos pun ngurungin niat, terus ngikutin pelajaran Kak Diana dengan tekun. Oke, bukannya sombong but alhamdulillah, I feel my English is getting better :)

Selesai BTA, gue balik ke rumah. Hari ini nggak ada yang spesial tapi gue wajib bersyukur. Thanks God it's Thursday, and once again, happy birthday my friend, Sentani Ayu :D Hope you enjoy you days, guys!



3/11/2011.
Esa Khairina.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire