dimanche 22 juillet 2012

AYAS HUJUT HULUP! :D

Hai, hai, haaaai, balik lagi dengan saya, Esa Khairina Husein, di WAGSUHM (ini akronim kok nggak enak banget ya...). Anyway, kalo kamu bertanya-tanya, nggak kok, aku nggak bisa Bahasa Latin. Aku pun nggak mahir bahasa planet. Kalo kalian satu sekolah sama gue, pasti udah nggak asing sama tiga kata "ajaib" itu.

Apa? Sekolah gue di mana? Omaigattt, kalian belom pada tau?!?!

Well, ehm, ehm, setelah perjuangan yang bikin ngos-ngosan, belum dihitung dengan melototin buku pelajaran sampe mata congean, hidung belekan, dan kuping ingusan, akhirnya alhamdulillah gue diterima masuk di RSBI SMAN 70 Jakarta. Aih aih aih iya, seneeeeeng banget rasanya xD Soalnya tuh dari dulu udah penginnn masuk sekolah RSBI muehehehe. Bagi kalian yang mau masuk 70, siap-siap pening yaa, soal seleksinya susah-susah banget soalnya :"D Dan bagi kalian yang udah ngerencanain masuk 70 dengan bekal bocoran UN, siap-siap fail. Di sekolah gue yang diutamain itu nilai tes soalnya:)

Setelah dua menjelang tiga bulan liburan (yap, libur anak kelas 9 di Indonesia kurang-lebih mirip summer break-nya para bule), tanggal 14 Juli kemarin gue mulai masuk ke SMAN 70 buat pra-MOS. Saking pewenya gue sama jadwal liburan, mata masih lengkeeet banget buat dibuka jam lima pagi-_- Dan coz it was Saturday, sopir gue jadi nggak masuk (cieeeehhhh udeh kayak anak sekolahan ajayak Pak:"D). Jadilah gue naik motor sama bokap, mana nggak pake jaket pula-____- Tapi alhamdulillah gue masih bernyawa saat turun di depan 70. Bernyawa dalam arti sebenar-benarnya loh yaa.

Abis itu, kebetulan di jalan gue ngeliat cewek pake kerudung yang kayaknya masuk 70 juga, yaudah gue JB-JB dan dengan sokkenalsokdeketnya, gue iseng aja nanya, "Mmm, kamu masuk 70 ya?" Ya, guys, alibi gue memang sangat tidak branded. Nenek-nenek salto juga harusnya tau dia ini Utas di 70.

(P.S. Gue itu orangnya mah emang polite... kalo sama orang yang baru kenal HUEHEHEHE).

Si cewek berkerudung itupun ngangguk dan cteng-jeduar-gukgukguk-meong, kami pun kenalan. Namanya dia Zikra, dari SMPN 75 kalo gasalah (iya kan Zik?). Abis itu kita langsung masuk dan duduk. Setelah itu datanglah Miskah, jengjeng, siapa lagi diaaa? Dia adalah Utas baru juga *plakk, dari SMP Nurul Fikri (NB, gue tau kalian pasti lagi ngernyitin dahi dan mikir, "NF bukannya cuma bimbel doang ya?). Ternyata NF itu bukan cuma bimbel doang loh. Ada juga sekolahnya, tapi BS a.k.a boarding school! Jeguarrrr.

Kita pun mulai bercapak-capak, eh, bercakep-cakep, eh terserah kalian deh maunya apa. Yang jelas kita mulai ngobrol gitu. Mulai dari pertanyaan standar kayak, "Dari sekolah lo berapa orang yang masuk?" sampe pertanyaan yang sangat menohok seperti, "Kalian punya pacar nggak?" Kalo dulu gue dengan riangnya, gembiranya, sampe nari TorTor dan berlarian kayak Dora, sekarang dengan pathetic-nya gue nunduk dan menggeleng. Aih, ironisnya....

Usut punya usut, setelah sekian lama gue inget, "Kok kita belom diumumin ya kelasnya di mana..."

Zikra, "Iya, ya..."

Dan Miskah pun menjerit, "Hah? Kalian berdua belom liat kelas? Itu tuh, ditempel di mading!"

JDUAR.

Mendadak gue merasa bloon sekali. Langsung aja tanpa ba-bi-bu gue sama mereka rushed into the wall magazines. Uft, ramenyooo. Paradoks kedua hari itu adalah, gue nggak sekelas sama satupun dari mereka. HUAAAA.

Miskah di X-7, gue di X-8, dan Zikra di X-10 (FYI, jumlah kelas X di 70 itu ada 11 kelas). Yaudah deh langsung sedih gimanaa gidu hiks hikhs T^T. Tapi abis itu kita ketemu sama temennya Zikra dan temennya lagi--yang, gue lupa nama mereka itu siapa:/ Pokoknya salah satu dari mereka itu di X-7 dan satunya lagi di X-3.

Yaudahlahya, gue langsung gabung sama temen-temen gue di X-8. Kesan pertama: AWKWARD. Mungkin karena gue duduk belakang dan temen gue yang dari 12 yang sekelas sama gue, Ridhwan, beloman nyampe, jadilah gue duduk sendiri. Yang lain tuh dari 11 sama 19 dan mereka membentuk gerombolan hingga saya merasa tak sampai hati untuk JB-_-v Tapi untunglah, ke-awkward-an itu segera teratasi dengan hadir-hadirnya kakak-kakak OSIS yang langsung ngasih tugas dan blabla tentang MOS.

Tema MOS gue: Go Green, yang kalau diartikan lebih lanjut, Tarzan masuk kota.

Gue langsung jleb dan bingung. Bayangin aja, kita disuruh bikin nametag dari kardus yang dibentuk semanggi berhelai empat, dikasih warna hijau. Dikasih foto lagi bercocok tanam dan nama, juga 10 alasan masuk 70.

Tugas kedua: bikin ikat kepala dari rangkaian daun buat para cowok dan dari rangkaian daun+bunga buat para cewek (foto menyusul).

Tugas ketiga: bikin notebook SENDIRI, dari kertas bekas yang dibentuk POHON, 31 lembar (bayangin betapa besar kapalan di tangan gue setelah menggambar dan menggunting 31 lembar kertas dibentuk pohon), cover-nya dikasih warna coklat+hijau, dilaminating, dan dijilid sendiri pake pita hijau.

Tugas keempat: bikin esay kesan pertama masuk 70 dua halaman, apa yang sudah dan akan dilakukan untuk lingkungan tiga halaman, dan curhatan tentang MOS lima halaman. Berapa jumlahnya, anak-anak? Ya, pintar, 10 halaman. Modar modar dah tuh tangan.

Tugas kelima: bikin bekal rimba. Jadi gini: tempatnya itu stoples kue lebaran yang bening itu, dialasi daun pisang. Nasi diletakkan di atas daun, dengan brokoli ditancep sebagai pohon, kangkung dibentuk semak-semak, dan ayam suwir dan telur yang ditabur rata. 

Pas pulang, gue langsung kelimpungan nyari bahan. Apalagi waktu yang dikasih cuma satu setengah hari. Tapi alhamdulillah, gue mendapat bantuan dari keluarga. Ayah yang ngebikinin gue iket kepala itu, adek ngerjain notebook gue, dan nyokap sebagai penyalur camilan muahahaha. Sedangkan untuk nametag itu gue sendiri yang bikin. Ya, kawan, hidup itu memang sulit....

Langsung kita skip yaa ke hari Senin. Gue udah kayak orgil karena nenteng-nenteng segala macem itu pake plastik. Tapi ternyata 317 Utas baru pun bernasib sama dengan gue. Gue langsung ketemu Zikra sama Miskah, yang udah dapetin temen-temen baru. Ada Tyas dari X-2 dan Taqiya dari X-10. Lama-lama gerombolan kami pun bertambah. Ada Whiska (iya, pas pertama kali denger namanya, yang gue inget adalah makanan kucing gue) dari X-7, Shahna dari X-2, dan Kishy dari X-10. GUEDOANGLOHYANGDARIX8 MUAHAHAHAHA. Aduh rasanya langsung jadi unique gimanaa gitu :s (padahal diem-diem panik).

Dari mikrofon, kita disuruh ngumpul di lapangan buat apel pagi (FYI, lapangan di 70 itu ada TIGA HAHAHA). Gue duduk paling depan sama Tania dari SMP... lupa. Pokoknya gue duduk sama dia paling depan. Di belakang gue ada Caca sama Intan.

Terus yaaa selanjutnya blablabla, kalian pasti tau lah gimana itu upacara. Gue rasanya rada gimanaa gitu pas ngeliat anak lain disuruh maju buat jadi Paskibra gitu. Harusnya anak 12 kek yang maju, soalnya Paskib adalah trademark SMP kami selain cheers dan MD-nya yang nggak kalah maju.

Lanjut. Kelar apel, anak-anak X-7 sampe X-Inter (Inter itu maksudnya Internasional. X-11 itu maksud gue X-Inter) diangon *lu kate kambing* ke ruang multimedia. Fuih, legaa, soalnya X-1 sampe X-6 itu di ruang audio visual di lantai dua (atau lantai tiga? Entahlah). Ruang multimedia itu nggak segede aula-nya 12, malah cenderung sempit X.x Akhirnya gue dapet tempat duduk di deket Miskah sama Whiska (ya, entah kenapa gue selalu kedapetan tempat duduk deket ni anak dua). Pas istirahat makan, gue pun muter badan buat makan bareng temen-temen gue. Di situ gue dapet beberapa orang tambahan temen, Almira dan Ira dari X-7 (I told you, nama anak X-7 itu sungguhlah bikin keder). Ada juga anak X-7 cuma gue lupa namanya HAHA.

Skip ke hari kedua. Di hari kedua itu, gue sama temen-temen diajak tur keliling 70 sama PJK kami, Kak Dara. Gue duduk sama orang yang berbeda (lagi), namanya Firda, dari SMP 11. Entah kenapa gue selalu dapet duduk paling depan gitu ya :/ Tapi pas di ruang multimedia, gue sama Firda kepisah karena gue memilih nyempil di belakang bersama gerombolan anak X-7 (waktu itu gue dan X-8 masih berjarak, azrek).

Abis itu kita ngeliat Demo Ekskul. KEREN-KEREN SEMUA SUBHANALLAH! :"D Rasanya tuh kayak mau nangis (#lebaitapinyata) ngeliat demonya, sumpah keren-keren, nggak ada yang nggak keren apalagi jelek! Tapi yang paling kocak dan seru itu Teater70. Jadi mereka bikin parodi serial Glee yang "diobrak-abrik" abis-abisan dengan memasukkan HarryPotter, Hulk, sama Si Pitung. Pokoknya kereeen! Yang bikin Utas excited sih pasti karena tiap ada performance, selalu dibagiin selembaran yang dikasih permen gitu muehehe #plak.

Selain Teater70, yang bikin mata gue melotot tot tot itu Pusdok a.k.a Pustaka Dokumentasi, basisnya di fotografi gitudeh. Mereka kan ngadain kuis gitu, guess what the present! HP SAMA DIGICAM WOIII! Gue udah langsung speechless. Gue kira kan kardusnya doang HP sama kamera, eh nggak taunya bener-bener isinya barang elektronik itu!

Vocal group juga keren, walau gue cukup tau diri untuk nggak ikut ekskul ini karena suara gue yang... yah begitulah. Ada kakak kelas yang cantiiiik banget dari vocal group, dia nyanyinya enjoy banget gitu dan keliatan ramah.

Di hari ketiga, gue yang tadinya nggak semangat jadi bener-bener semangat 45 karena ini hari terakhir. Di hari itu, pas apel gue tadinya duduk sama cewek koplak dari 11, namanya Fianisa Tiara, biasa dipanggil Fiani, Fia, atau Fianu (yang terakhir itu gue yang ngasih muehehe). Awalnya tuh gue kira dia anaknya serius karena mukanya tipikal-tipikal Albert Einstein gitu, belom diitung dengan kerajinannya mencatat dan gemar memakai kacamata #asrek. Tapi ternyata anaknya koplak dan sering ngatain gue gila padahal sendirinya lebiiih :"D Dia juga yang "meracuni" gue untuk ngasih surat cinta ke Kak Nugi (yap, gue juga dikasih tugas nulis surat cinta buat kakak OSIS). Ada juga Hardina, Ucca, sama Ayu, para alumni 19. Abis apel pagi, para kakak-kakak OSIS kembali "mengangon" kita ke ruang multmed, trus abis ada materi dan blabla yang gapenting *pisss, Bu, Pak-_-v* kita kembali nonton demo ekskul! Yeay!

Bedanya sama kemarin, hari itu kita di lapangan tanpa rumput *bahasa macam apa ini..* Gue bingung harus ngejelasin gimana karena kalo diitung-itung, lapangan di 70 itu ada empat atau lima. I don't know how to show it. Pokoknya di salah satu lapangan, deh!

Demonya kembali berlangsung dan nggak kalah seruuu dari yang kemarin walo duduknya mpit-mpitan kayak sarden dalam kaleng. Kalau yang kemarin itu lebih ke art, yang sekarang ini lebih ke science dan olahraga. PKC-nya kereeen, begitu pula Trads-nya. Tapi mungkin yang paling bikin gue antusias sih SKIR kali yaaa..., soalnya kakak-kakaknya kece-kece keliatan pinter muehehehehe *jomblo detected*. Ada lho salah satu kakak-kakak yang miriip sama Jerawati, cuma tinggi dan... amboiiii manisnyaaa hehe, umm.... *rapiin rambut*

Lagi semangat-semangatnya, antusias-antusiasnya, dan berbagai nya-nya yang lain, eeeh tiba-tiba aja mendung trus gerimis T^T Gue dan yang lain, yang mirip korban tsunami Aceh 2004 (plusss topi tarzan dan nametag berlilit daun ini...) ngungsi ke musro. FYI, musro itu akronim untuk music room haha. Iye, tau kok akronimnya itu emang kurang enak didengar gimanaa gitu.

Entah berapa kali kita bolak-balik musro-multmed-lapangan, tapi yang pasti, akhirnya Trads, tari tradisional 70, cuma separo yang tampil, dan gue rada prihatin sama kakak-kakak PKC a.k.a. Persada Karya Cipta, ekskul yang bergerak di bidang cheers sama MD *modern dance*. Udah jejingkrakan sana-sini, mati-matian latihan tiap hari, eh gajadi tampil. Padahal gue yakin cowok-cowok pasti paling menantikan yang satu itu... #digampar.

Akhirnya terpaksa demo ekskulnya berhenti sampe di situ dan kita dipulangkan, hiks hiks T^T Mungkin ini tuh demo ekskul paling tak terlupakan seumur hidup, soalnya heboh, excited, dan hal-hal seru lainnya. Pokoknya bangga banget deh jadi anak 70!

Hal yang bikin gue rada guilty mungkin karena 70 itu bikin flashback banget sama sekolah lama gue, SMPN 12. Bangunannya yang eco office, catnya yang hijau, pohon-pohonnya, lapangannya yang luas..., pokoknya semuanya! Malah anak-anaknya juga bikin flashback:") Miskah itu rada mirip sama anak 12, Ocang, trus Kishy miriiiip sama Dwita, classmate gue di kelas 9. Shahna, dari muka sampe selera humornya, bikin gue kangen Afifah yang ndut, trus Taqiya juga mirip-mirip sama Zahra. Dan yang terlegendarissss, Fiakoplak bener-bener ngingetin gue ama Dyna, temen seberang bangku di 12, sekarang dia di 6. I can't calculate how much I miss 'em, my schoolmates:"(

But life goes on and on, and everyone will be moving on. Kita kan ga bisa stuck di satu tempat. Hidup bakal terus berlanjut dan kita akan terus bergerak. Masih banyak loh orang-orang baru yang ada dalam list takdir untuk diperkenalkan ke kita, dan mungkin juga... jodoh gue ada di dalem list itu *aheeem*, walau gue masih berharap jodoh gue si anak Aussie itu sih....

Stop stop galaunya! Kita lanjut...

Nah waktu gerimis-gerimisannya itu, masih sempet-sempetnya Kak Candrika, ketua OSIS, teriak, "JAYA TUJUH PULUH?"

And we answered, "AYAS HUJUT HULUP!"


1 commentaire: