dimanche 2 mars 2014

Sedikit Pesan dari Laler Toko Buku

Gue suka buku. Sesuka itu sampe gue suka ngeliatin mereka. Di rak display yang tertutup kaca mengkilap, di bawah lapisan debu, bertebaran bersama pakaian dalam, apapun itu gue suka. I love smelling and gathering and loathing and hoarding them. Koleksi buku gue dari jaman TK masih tersimpan manis di rak buku gue. Kertasnya udah kuning, gambarnya udah buram, halamannya banyak yang lepas dan bahkan nggak jarang, sampulnya hanya Tuhan yang tahu keselip di mana.

Berhubung gue suka buku, bookstore itu so pasti tempat hangout favorit gue, selain coffee shop yg ada jendela gedenya. Bookstore barangkali satu-satunya tempat tertutup yg ga bikin gue klaustrofobik. There's something magical between the shelves, like a charm trying to draw you near. Berhubung gue orangnya kadang mager keluar dari comfort zone, sekalinya gue suka sama satu tokbuk, gue sampe males ke tempat lain. Mbak kasirnya sampe bosen ngeliat muka gue.

Nggak kayak di luar, industri penjualan buku di Indonesia didominasi sama satu raksasa absolut: Gramedia. Mal yg ga ada Gramedia-nya itu bagaikan Jakarta di musim hujan tanpa banjir: ga lengkap dan ga ada hype-nya. Dulu cuma satu Gramedia yang gue kenal. Gramedia Melawai. Tongkrongan favorit gue waktu SMP ya di situ.

Sejak SMA, berhubung 70 selangkah lebih dekat ke Blok M Plaza, jadilah gue lebih sering ke TGA di sana. Lama ga bersua, gue kaget waktu tau Gramedia Melawai udah ditutup. Kecewa, soalnya banyaaak banget kenangan indah di situ. Promosi+talkshow Fantastic Five. Surprise ke Dinda waktu doi ultah. Ketemu orang yg akhirnya jadi pacar dan akhirnya jadi mantan. Kecewa, tapi mau diapain lagi?

Sejak SMA, selera gue dalam membaca juga sedikit geser. Gue lebih... apa ya? Internationalized? Ya gitulah. Awalnya gue ketularan virus Ucca, yg katanya males nungguin buku terjemahan keluar. Trus waktu renang di Citos, gue diajak Lisa ke Books&Beyond dan menemukan surga baru di sana. Jadilah gue bolak-balik Books&Beyond buat bookshopping.

Setiap bookstore, layaknya mantan, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buat buku-buku lokal, Gramed masih juara hahaha no doubt lagi deh ya. Harga buku di Gramed dan Togamas dan TGA sama, yang beda cuma stok dan kecepatan persediaannya. Selalu ingat Hukum Gramed I -> Semakin ngetop mal yang "nampung" mereka, semakin cepat dan lengkap stoknya.

Kalo buku impor, beh, untung-untungan cuy. Kadang buku langka dan lama gaada angin gaada ujan nongol di rak. Begitu juga buku baru, belom ada seminggu dari tanggal rilis resmi di negara asal, udah berbaris rapi, menunggu dijamah pembaca. Gue perhatiin, buku-buku impor yang dijual di Gramed didistribusikannya sama PT Sinar Star Books, ada di stiker di belakang buku. Stiker yang sama juga kadang gue temukan di buku-buku Kinokuniya. Dan kata apa yang identik dengan Kinokuniya? Muahal pake U.

Stok buku impor di setiap Gramed itu juga beda-beda. Gue nemu Cinder yang gue cari antara hidup dan mati di Gramed Penville dan Before I Fall yang udah bikin gue putus asa di Gramed Gancit. Biasanya stoknya juga dikit, paling banter lima kopi per judul. Biasanya lagi, judul-judul bukunya itu random. Jadi ga semua buku baru ada di sana. Yah, down on luck aja sih kalo mau cari buku impor mah.

Sejauh ini, Gramed paling "wow" yang gue temui ituuu di Gancit dan PIM. Matraman sih jangan tanya ya wajar lah kalo dia lengkap. Buat buku lama, bisa coba cari di Gramed Penville atau Kalibata.

Oh iya. Gramed juga punya policy yang namanya Gramedia Member Card. Nyokap gue bikinin buat gue, and really, the use somehow confuses me karena beda Gramed, beda juga cara mereka nge-treat si member card. Ada yang ngasi diskon ada yang nggak. Belakangan gue tau kalo member card-nya harus diisi saldo dulu, baru lo bisa dapet diskon 20%. Kalo pake tunai, lo nggak dapet diskon, tapi cuma nambahin poin. Sebelum ada misunderstanding nih, Gramed Member Card cuma bisa dipake buat buku terbitan Gramed dan keluarga besarnya.

Books&Beyond. bookstore langganan gue selanjutnya. Love bgttt soalnya dia proses pengirimannya lebih cepat, biasanya selang dua minggu dari tanggal rilis di US udah nyampe di toko. Biasanya juga udah langsung tersedia dalam bentuk international edition yang notabene lebih affordable. Kalo Periplus kannn biasanya hardcover-nya dulu yang muncul, baru paperback atau IE menyusul one or two months later.

B&B juga kalo ngasih diskon ga tanggung-tanggung, bisa sampe 30% persen buat buku baru. I got my copy of Requiem by Lauren Oliver for only 84,6k. The Beginning of Everything by Robyn Schneider for only 69k (lately gue tau harga di Periplus 125k. MATI). Dan itu berlaku buat buku baru.

Member card juga disediain sama B&B, tapi sayangnya bayar huhuhu cry me a river:'( Positifnya, member card-nya aktif ngasi diskon 10% buat all products all year, nggak pake season-season-an. Birthday discount sampe 15%. Buat application setahun harganya 100k, dua tahun 150k, dan tiga tahun 200k. Gue nggak tau sih apa itu bakal do me many favors karena gue nggak diizinin bikin. 100k bisa buat nambah satu buku.

On the other hand, kalo mahal mereka juga nggak nanggung-nanggung HEHE dan kenaikan harga bisa lebih unpredictable dari mood cewek pas PMS. Biasanya bulan-bulan awal buku dijual masih murah. For example, gue waktu itu beli buku Ransom Riggs' Hollow City di B&B Penville for 132k. Balik ke B&B Citos sebulan kemudian, harganya udah 205k buset. Terlepas ini gegara pengaruh dolar atau nggak, gue bersyukur gue beli buku itu di awal.

Temen gue juga cerita waktu dia beli buku If I Stay-nya Gayle Forman di B&B. Di plastiknya tertera 99k, tapi waktu di kasir harganya jadi 110k. Temen gue yang main asal terima ya bayar aja, meski akhirnya dia terpaksa pulang ke rumah jalan kaki. Sampe di rumah, dia nelpon gue pake telepon rumahnya dan gue kena semprot.

Selain itu, website B&B suka nggak sesuai dengan kenyataan dan kurang development huhu aku sedih. Akun twitter-nya juga jarang update. Yaaa nggak banyak ngaruh sih tapi itu kan menyulitkan customer buat reach out mereka. Dan meski B&B most times paling murah, gue tetep nganjurin kalian buat ngebandingin harganya sama Peri+. Waktu itu gue beli House of Hades di sana 159k dan di Peri+ 149k. Beda 10k. Mayan buat beli bakso. Let It Snow di B&B 125k dan di Peri+, biar kata telat, 105k doang. YANG INI NYESEK MAMEN. Last time gue lucky karena gue beli Every Day di Peri+ 125k, di B&B 188k. Edisi di Peri+ juga udah ditambahin short story dan excerpt lainnya. HU to the RAY. HURRAAAAY.

Btw, bookstore B&B yang gue anjurkan kelengkapannya adalah Penville dan Citos. Yang terakhir kecil-kecil cabe rawit. Kalo PS rada tidak memuaskan yah. Paling lengkap sih adanya di Lippo Cikarang atau Karawaci gitu gue lupa. Gue belom pernah ke sana sayangnya:(

Bookstore ketiga adalah Peri+, yang udah kalian denger dari paragraf di atas. Plusnya, lumayan lengkap dan stoknya banyak. Kalo annual sale buset serasa nyolong gue saking murahnya. Website-nya bagus dan well-developed. Twitter-nya selalu update dan responnya quick waktu gue mention.

Tapi Peri+ sayangnya nggak segesit B&B dalam kecepatan suplai buku. Bisa berbulan-bulan sampe bukunya nyampe, apalagi kalo bukunya bukan dari penulis terkenal. Kalo datengnya cepet juga biasanya hardcover, something that's too royal to me. Yang gue kagumi, harga mereka nggak bohong. Paperback rata-rata paling mahal 125k, tebelan dikit 150k.

Peri+ juga nawarin member card, Periplus Elite Card a.k.a. PEC. Plusnya lagi, GRATIS. Kita cuma perlu beli buku seharga 500k dalam dua bulan. Minusnya? Cuma bisa digunain buat new products atau di occasion tertentu. Diskonnya 15%, birthday discount 20%. Kita bakal dapet poin buat setiap pembelian buku dengan PEC, 10k buat satu poin. Sayangnya poin baru bisa "ditebus" kalo udah 500. Kurang dari itu? Angus kalo ga di-redeem, which happened to me. Hikz.

Peri+ rekomendasi gue? PS dan Gancit dan PIM. Dua terakhir sering ngasih annual sale.

Fourth, Kinokuniya. Kayak yang udah gue bilang di atas, ni bookstore MUAHAL pake U. Harganya bisa beda 20k sampe 50k dari bookstore lain. Plusnya? Lengkap dan luas bgt Masya Allah. Lo nyari apaan juga pasti ketemu di situ. Sayangnya Kino nggak punya website di Indonesia:( Yaaa pilihan terakhir kalo gue ngebet bgt pengin punya buku ya ini. Ada di PIM2 dan PS, samping Starbucks pula.

Ohiyaaa ada juga Aksara. Harganya relatif mahal, tapi kalo mau borju baca buku sambil ngopi, you can try Aksara Kemang. Cozy bgt gilak. Pewe. Sayang kopinya mahal jadi gue nelen juga rada nggak rela gimana gitu:'>

Kalo lo udah bener-bener desperate, bisa sih coba online shop. Di Indonesia ada OpenTrolley, yang katanya cepet tapi lebih mahal dari Kino. Di luar ada Book Depository, free ongkir. Minusnya? Nggak bisa dilacak pengirimannya dan cuma bisa pake kredit. Nyampenya juga lama. Gue sampe sujud syukur waktu pesenan gue dateng. Sebulan dua hari.

Saran gue? Always, jeli sebelum membeli! Wait a little longer gabakal bikin lo mati. Enjoy books, happy shopping, and have fun!

1 commentaire:

  1. Bener kak bener..periplus lebih murah sieh. itu yang kusuka. Dari pengalaman pribadi, saya justru suka ngincer buku impor murah dengan belanja online di toko buku periplus.com, toko buku online yang ada di indonesia. setiap akhir tahun biasanya di diskon gede-gedean, dan yang paling kusuka ada buku motivasi...hunting-hunting-hunting! Dari pengalaman belanja di amazon, biasanya selalu mahal biaya antarnya. thanks kak.

    RépondreSupprimer