vendredi 25 mai 2012

Semua Ada Hikmahnya :)

"Surely there is ease after hardship." -Holy Quran Al Inshirah, 94:6.
"Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." -QS Al Insyirah, 94:6.

Hayo hayooo, udah sampe mana hafalan surah-surah pendeknyaaa? Wkwkwk, kalian pasti tau kan, itu ayat surah apa? Surah Al Insyirah, surat ke-94 ayat enam. Surah Al Insyirah itu salah satu surah "favorit" gue yang selalu gue baca tiap shalat Maghrib :> Nggak tau kenapa, favorit aja gitu. Ayatnya bagus dan--seenggaknya buat gue--bisa menjadi penguat (?).

Kenapa gue tulis potongan ayat surah itu di sini? Karena gue mau--ehm--curhat. Well, gue terlalu rendah untuk menebak rencana Allah, tapi kayaknya sih, gue lagi diuji.

Semuanya berawal dari awal-awal liburan. Dada gue sering sesak nafas dan semua orang--termasuk gue--ngira penyakit gue kambuh karena gue punya bronkhitis, penyakit bawaan yang udah nyerang dari umur gue dua tahun. Semakin hari semakin sering frekuensinya, dan semakin lama juga nyerangnya! Akhirnya, my mother brought me to hospital, buat di rontgen, tanggal 10 Mei (hafal kan gueee). Pas hari itu juga si dokter yang nanganin gue ngasih--well, just say that--"hasil kasar" rontgen rongga dada gue. Katanya sih, paru-paru gue bagus, begitu juga jantung. Yang bermasalah, justru tulang belakang gue.

Tulang belakang gue bengkok, loh, bentuknya persis kayak tanda tanya terbalik. Ngerti, kan, maksud gue gimana? Yaa kira-kira begitulah.

Well, dan walau Biologi gue pas-pasan, gue udah langsung mafhum gue sakit apa. Hayoo, tebak sakit apaaa?

Yap, betul sekali, kawan! Gue skoliosis! Yang nggak tau apa itu skoliosis, silakan deh di-search di Google, hihihi. Masa skoliosis aja nggak tau? Pelajaran kelas 4 SD itu mah!

Si dokter sih cuma ngomongnya tulang gue belok dan nyuruhnya ke orthropedi. Nyokap gue cuma diem aja. Akhirnya, gue sama nyokap pulang ke rumah dan nunggu sampe hasilnya keluar besok.

Besoknya, tanggal 11 Mei, nyokap balik ke RS buat ngambil hasil rontgen. Tanggal 12 Mei, gue diajak nyokap nemuin kenalannya yang tukang pijat gituu deh. Gue sih belom pernah baca kalo skoliosis bisa disembuhin dengan pijat, tapi yaa dicoba dulu lah, namanya juga usaha.

Tapi apa? Pas malem, gue panas-dingin dan rasanya tulang belakang gue kayak dikoyak-koyak kapak! Lebai ya, asosiasinya? Entah gue yang cemen atau emang rasanya sakit banget, gue nggak tau, deh. Mungkin kalo kalian yang (naudzubillah sih) ngalamin, kalian juga bakal ngomong kayak gini. Rasanya sakit. Tiap gue tiarap buat dikasih Voltaren, malah rongga dada gue yang jadi nyeri. Nyokap-bokap panik dan langsung telpon sana sini buat nyari orthroped yang buka hari Sabtu, besok. Soalnya kan, nggak semua dokter orthropedi itu kerja di hari Sabtu.

Akhirnya, diputuskan kalo besok gue ke seorang dokter di RS Prikasih, di daerah Pondok Labu. Ngeselinnya, si dokter ini cuma punya jam praktik satu jam tiap Senin-Sabtu, dari jam 7:30 s.d. jam 8.30. Masalahnya: jarak rumah gue ke Pondok Labu itu nggak deket, man. Mana macet, pula! Hazzzz.

Tanggal 13 Mei, pas resepsi acara nikahan sepupu, pagi-pagi gue ke RS sama nyokap-bokap. Rasanya udah mau lumutan saking lamanya nunggu dokter, ououooo~ (You'll see, bakal banyak kata menunggu yang gue terapkan sejak gue divonis sakit begini). Tapi akhirnya, karena gue dapet nomor 2 (HOW DO YOU SPELL IT? D-U-A! T-W-O! F-A-D....... *plak).

Gue masuk ke ruang praktik dan diraba-raba (?) gitulah punggungnya. Kata dokternya, gue skoliosis thoracalis, skoliosis yang lengkungannya ada dua. Jadi sebenarnya, bentuknya bukan kayak tanda tanya terbalik, tapi kayak huruf S! Cuma yaa lengkungannya nggak separah itu juga. Kata dokter, itu yang nyebabin gue nyesek, soalnya rongga dada sebelah kiri gue lebih kecil daripada yang sebelah kanan.

Dari dokter itu juga gue tau kalo:
- 90% dari penyakit skoliosis disebabkan faktor genetik/keturunan,
- sebagian besar diidap oleh perempuan, DAN,
- rata-rata kasus baru diketahui pas remaja awal.

Cara menyembuhkan/menghilangkan rasa sakit pada penderita:
- pake brace (nahan nafas). Next kalian bakal tau apa itu brace :)
- terapi,
- buat yang udah parah, jalan satu-satunya cuma operasi,
- sering-sering olahraga! Kenapa? Karena dengan olahraga, otot penderita membesar, jadi rada kebal sama rasa sakit. 

Sedangkan kalian tau porsi olahraga gue barangkali cuma pas ada pelajarannya doang di sekolah -,- Yes, guys, gue benci olahraga. Olahraga yang gue suka cuma pull up, renang (dan beberapa aspek kayak snorkeling dan short-length diving), climbing, sama trekking. 

Nah, ciri-ciri skoliosis, menurut si dokter adalah:
- nyeri pada punggung tiap bangkit setelah tiduran,
- tulang belikat menonjol sebelah,
- bahu tinggi sebelah,
- tubuh nggak berkembang maksimal.

Setelah gue search lebih lanjut lagi, pasien skoliosis itu rata-rata nggak bisa gemuk, loh, apalagi yang skoliosis thoracalis kayak gue. Alasannya, gue udah lupa -_-. Pokoknya nggak bisa gemuk, aja.

Dari si dokter, gue dikasih rujukan untuk rontgen Scoliosis Program di RS Fatmawati. Hari Senin (14/5), gue ke sana. Nungguinnya lama lagi, lama lagi. Mana punggung gue jadi sakit pula kalo keseringan duduk -___- Tapi pas dipanggil, gue disuruh "bergaya" dengan lima macam pose. Satu, berdiri tegap kayak biasa. Dua, tangan kanan diangkat dan ditarik ke arah kiri, kayak stretching. Tiga, kebalikan dari nomor dua. Empat, dua tangan diangkat ke depan kayak vampir -_-. Lima, tiduran, deh!

Besoknya, kita ngambil hasil rontgennya dan pas di mobil gue buka hasilnya, sudut bengkok atas gue 35 derajat dan yang bagian bawah 33 derajat. Gue langsung menggigil. Nyaris banget, Ya Allah. Mereka yang udah dikategorikan parah dan harus dioperasi adalah yang derajat bengkoknya 40 derajat dan lebih. Dalem hati gue merinding dan pas malemnya, gue nangis. Miris aja gitu, mikirin apa yang harus gue hadapi ke depannya.

Dan gue sempet protes juga sama Tuhan. Padahal gue udah nggak pernah ninggalin shalat. Gue sering puasa sunah. Gue sering mentok-mentok dinding gara-gara masih ngantuk pas ngambil wudhu buat tahajud. Tapi kenapa gue dikasih penyakit ini? Kenapa mereka--yang shalatnya seminggu sekali, puasa bolong-bolong, ngomong nggak diayak dulu--nggak dikasih penyakit kayak gini?! Why me, God, why me?!

Ortu gue nasihatin yang macem-macem. Mungkin aja ini cobaan dan ada hikmahnya. Gue seringnya sih, mikir, "Terus apa dong, hikmahnya?" Entahlah, sampe sekarang sih gue belom nemuin juga hikmah dari sakit ini tuh apa. Err, maybe I do, but... I don't know. Hikmah yang udah gue temuin sih, well, gue akhirnya dibeliin SLR sama bokap HAHAHAHAHA. Seneng bangeud lah pokoknya :D

Well, singkatnya, gue sama ortu bolak-balik Fatmawati-Prikasih. Tanggal 21 Mei, gue ke Fatmawati buat periksa lanjutan. Dannn karena nyokap gue kali ini pake Askes, ngantrenya lama banget! Sumpah. Akhirnya gue foto-foto aja di sekeliling taman. Mana pas pemeriksaan, nungguin dokternya juga lama, pula. Pas di ruangan dokternya, gue dirubung sama lima dokter cewek sekaligus. Gue disuruh naked woi di depan mereka, mana tirai jendelanya kebuka pula! Emang sih, ada di lantai dua, tapi kan tetep aja....

Akhirnya gue naked dan diperiksa punggungnya. Gue juga ditanyain kebiasaan gue di rumah, dll. Abis itu, nyokap, yang entah kenapa kayaknya menyalahkan profesi gue banget, nyeletuk, "Dia kan pengarang, Dok, jadi sering duduk nunduk gitu." Sang dokter langsung pada heboh dan, errr, minta foto bareng :$ Mereka juga janji mau beli buku gue, empat-empatnya HAHAHA. Well, umm, seenggaknya, mungkin itu hikmah keduanya, lah, hahaha.

Terus gue dioper lagi buat terapi. Nah, di bagian fisioterapi inilah gue menemukan pemandangan yang bikin gue merasa bersyukur dengan keadaan gue yang masih kayak gini. Pas nunggu nama gue dipanggil, gue ketemu sama cewek cantikkk banget, rambutnya panjang, pake t-shirt merah sama celana jeans. Karena dia daritadi ngelirik gue mulu dan senyum, akhirnya gue duduk di samping dia, sok-sok basa-basi gitulah.

"Siapa yang sakit?" gue nanya.

Si cewek menjawab, "Aku," sambil senyum. Gue ber-"Oh" panjang sambil manggut-manggut, terus dia ngulurin tangan. "Aku Elma, kamu siapa?"

"Echa. Bukan Echa-pe-deh loh ya, he-he-he," gue ngelawak garing, tapi Elma langsung ikutan ketawa.

"Echa sakit apa? Kelas berapa?"

"Kelas sembilan," jawab gue. "Skoliosis."

"Ohhh, sama dong! Aku juga kelas sembilan."

Karena dia yang tadinya senyum jadi menerawang gitu, gue jadi iseng nyeletuk, "Kamu sakit apaan?"

"Leukemia."

Deng. 

Bisa ngebayangin nggak reaksi gue pas itu kayak gimana? Gue speechless. Tambah speechless lagi pas ngeliat Elma ngucapin itu dengan gampangnya, pake senyum pula. Elma sepantar sama gue, sama-sama kelas sembilan, tapi penyakitnya bisa dibilang mematikan. Gue? Baru nyeri aja udah ngeraung-raung sambil nyumpah-nyumpah dalem hati.

"Errr, I'm sorry to hear that," cuma itu yang bisa gue ucapin, dalam Bahasa Inggris juga. Soalnya kalo dalem Bahasa Indonesia, kesannya jadi makin sedih.

"Hihi, nggak pa-pa kok," Elma nyerocos, "masih banyak loh, yang lebih nggak beruntung daripada aku. Banyak yang kena kanker darah tapi mereka nggak tau, dan kalo mereka tau, mereka nggak bisa ikut kemo gara-gara nggak ada biaya. Aku wajib bersyukur soalnya ortuku masih punya duit buat biayain pengobatan. Coba kalo enggak, waduh nggak tau deh."

Gue langsung ngerasa makin tersudut. Dia yang lebih parah dari gue, bisa ngomong kayak gitu. Sayangnya dia keburu dipanggil sama Mbak-nya buat kemo, sedangkan gue cuma merenung sambil lanjut nungguin.

Pas akhirnya nama gue dipanggil, ada dokter terapis khusus yang nanganin gue. Dokter Erlin namanya. Orangnya blak-blakan dan to the point. Pas baru ketemu gue yang mukanya lempeng dot com aja, beliau langsung dengan sinis nanya, "Kamu yakin nih, mau sembuh? Ini nggak main-main loh. Kalo didiemin aja, bisa-bisa tulang kamu makin bengkok, terus operasi. Kemungkinan operasinya nggak lancar dan kamu lumpuh itu juga ada, dan kamu bisa-bisa nunggu dua bulan sampe bisa jalan. Terus bisa juga paru-paru kamu kejepit. Kalo udah gitu sih, nggak ada yang bisa kita lakuin."

SILAKAN BAYANGKAN GIMANA EKSPRESI MUKA GUE! Cengo, ceming, dan langsung ciut. Sialan, ni dokter bukannya nyemangatin malah nakutin!

"Pas kamu make brace, itu juga bakal menyiksa, jujur aja. Yang bisa nolong kamu itu cuma diri kamu sendiri, kemauan kuat. Tuhan juga ogah nyembuhin kamu kalo kamunya sendiri males-malesan kayak gitu."

JLEB.

Ya udahlah, daripada gue ribut sama ni dokter sadis, gue ikutin aja. Gue langsung melotot pas denger apa yang dia suruh. Terapi apaan! Ini mah fitness namanya!

Gue disuruh ngelakuin gerakan-gerakan latihan yang gunanya ngelurusin tulang belakang gue. Tiap kali kelar, rasanya sakit masbroh, kayak digandulin batu itu gimana deh?  Ya kira-kira rasanya kayak gitu deh. Sekarang, tiap hari selama liburan, gue bangun pagi terus ngelakuin gerakan-gerakan itu, ditambah pull up setiap hari (sabar ya, telapak tanganku). Kadang gue juga dipaksa renang/sepedaan. Dan itu semua harus rutin dijalanin! Buset, ini mah bukan liburan namanya, tapi penyiksaan!

Tapi ada juga loh, kisah lucu tapi bikin gue terenyuh pas gue berangkat "terapi". Pas gue lagi duduk, tiba-tiba ada cowok manis tinggi yang kayaknya sih (perkiraan gue), masih kelas 7. Tiba-tiba dia duduk di samping gue, ngulurin tangan, terus nanya, "Nama aku Randi (nggak tau ini bener apa salah nulisnya), nama kamu siapa?"

Gue yang bingung pun, njawab, "Echa."

Nah, si Randi ini langsung nyengir. "Echa, kamu cantik deh. Kita pacaran, yuk?"

Demi segala isi jagat rayaaa....

Gue baru aja mikir kata-kata apa yang harus gue gunakan untuk menolak cowok aneh ini secara halus, dan berdoa supaya Fadel nggak marah pas baca post ini (jangan marah ya, Cungkring :3). Tapi argumen gue langsung di-stop sama kehadiran seorang Mbak-Mbak yang make baju baby sitter gitu.

"Aduh, Randi, kamu ke mana aja, sih? Maaf ya Dek, anak ini... autis."

JGAARRRRRRRR.

Bisa bayangin nggak lo gimana tampang gueee?! Makin cengo cuy! Cengo, ngo, ngo, ngo! Gue melotot ke Randi yang kini sibuk tepuk tangan. Gue senyum pasrah. Kecut.

"Mbaaak, aku suka Echa...."

Duh, mending gue ditelen Bumi dah, sekalian! Randi langsung berontak gitu dan gue bingung harus ngapain. Mana orang-orang banyak yang ngeliat ke gue, lagi. Akhirnya gue pengang pergelangan tangannya dia.

"Echa juga suka Randi, loh. Kalo Randi suka Echa, Randi ikut Mbak sana...." Dalem hati: Maaf ya, Del, aku megang tangan cowok lain...

Si Randi ini masih kelojotan aja di lantai and, really, what can I do? Akhirnya si Randi ini dibopong sama Mbak-nya sambil masih nunjuk-nunjuk gue. Gue udah ngeri. Sumpah, gue ngeri.

Tapi apa yang bikin gue salut? Mbaknya Randi itu sabar banget loh, dan malah nggak ngeluh biar kata si Randi ini bandelnya kayak apaan tau. Dan tiba-tiba I was thinking about my parents. Bokap gue yang ngebiayain semua pengobatan ini. Nyokap gue yang tiap hari nganter gue ke RS. Mereka nggak ngeluh, nggak protes. Kalo mereka aja bisa sabar banget, lantas kenapa gue enggak?

Akhirnya gue manut aja apa yang ortu dan terapis gue bilang. Gue lakuin semua gerakan itu di rumah dengan semangat 45! Dan gue udah nggak nanya, "Why me?!" lagi ke Tuhan, bahkan walau gue udah ngeliat kayak apa brace yang bakal gue pakai. Dari besi gitu, dan mencapai leher! Katanya sih, bakal bikin sesak nafas pas awal-awal penggunaannya *gulping*

Dari penyakit itu juga, gue tau siapa temen gue yang sebenarnya. Kebanyakan sih pada nggak peduli pas gue cerita kayak gini. No, I don't need their sympathy, of course! Gue cuma butuh disemangatin pas gue butuh itu, just that. Dan selama ini, selain keluarga gue, yang ngasih gue semangat sih cuma Fadel dan anak-anak CYCLE doang, tuh. Yang lain enggak. Finally, I know who my friends are.

Dan yang gue tau dari gosip sih, katanya Randi itu bisa main piano, loh! (Ada yang merasa tersaingi, nih, hihi). Dari situ gue tau kalo Tuhan menciptakan manusia dengan maksud tertentu. Setiap manusia itu unik, loh, dan nggak bisa dibanding-bandingin. Dan setiap manusia punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Well, cukup sekian cerita dari gue. For those who read this, please pray for my health! And for those who have same condition with me, mari berjuang dan jangan putus asa! >:D

Thanks God it's Friday :)
25/5/12.
Esa Khairina.

2 commentaires: