samedi 19 mai 2012

Belajar dari Komik Jepang

Hai hai haiii, ketemu lagi nih kita di curhat-curhat with Madame... Echa! *Uhk uhk* Kali ini, Miss Echa bakal ngerangkum hal-hal yang bisa kita pelajarin dari komik Jepang!

Apa sih yang identik sama komik Jepang? Cowok-cowoknya tipikalnya dua: yang mesum sama yang dingin, well, itu boleh juga. Cewek-ceweknya rata-rata aneh dan freak di novel? Hmm, bener juga. Rata-rata di komik Jepang sih, ceritanya yang paliiingggg sering itu, kayak gini:
-Tentang cowok dingin kalem cool populer yang *akhirnya* jadian sama cewek freak.
-Tentang cewek sophisticated yang in the end jadian sama cowok mesum.

Wkwk, itumah udah jadi ciri khas bangeud ya. Tapi menurut gue, ada beberapa komik yang ceritanya bagus dan banyak nilai moral yang kita bisa peroleh darinya!

1. Chocolate Magic
Jadi ini tuh tentang penyihir yang punya toko coklat gitu, dan coklat-coklat bikinannya itu bisa ngabulin permohonan. Tapi, kita mesti "bayar" permohonan kita itu dengan sesuatu yang berharga. Well, nih komik ngajarin kita bahwa life is a mirror of our action. Kalo Bahasa Indonesia-nya, apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai. Pokoknya nih komik juara banget deh! Setau gue di Indonesia yang udah terbit itu ada tiga; Chocolate Magic, Chocolate Magic: Bittersweet, sama Chocolate Magic: Creamy Sugar. Semua komiknya top! Pokoknya uang yang kamu keluarin buat beli komik ini worth it banget, deh!

Selain itu, menurut gue nih komik nggak cetek gitu ceritanya. Idenya juga menerobos dan out of the box. Salut buat mangaka-nya, deh! ;D

2. Mahiru's Meteor
Ini nih, karya pamungkasnya komikus favorit gue, Iwaoka Meme! Jadi ini ceritanya tentang seorang cewek desa yang namanya Mahiru yang punya kekuatan untuk manggil bintang dari 12 zodiak yang ada. Aduh, rada susah ye kalo dijelasin pake kata-kata, tapi menurut gue nih komik kocak dan lucu. Jadi ini mengisahkan perjalanan Mahiru jadi pemanggil bintang yang hebat selama tinggal di rumah Kak Kaguya, gurunya, dan Naito, cowok yang dia sukain. Komiknya terdiri dari tiga seri dan semuanya KEREN! Moral value of the story is... segala sesuatu yang kita kerjakan akan jadi mudah kalau kita mengerjakannya dengan hati yang tulus!

3. My Fragile Love
Sebenernya sih ini gue salah beli ya, tadinya gue kira nih komik buat remaja eh nggak taunya buat dewasa HAHA :-p Tapi nggak ada adegan mesum, kok, tenang aja. So, komik ini tentang Aoi dan Rin, dua orang anak kembar... hmm, pertama-tama, gue tanya dulu, dari namanya, siapa yang cowok siapa yang cewek ya? Haha, pertama kali gue baca ni komik, gue kira Rin itu ceweknya dan Aoi itu cowoknya, nggak taunya kebalik!

Oke, back to My Fragile Love.

Jadi, mereka ini kan kembar, tapi Aoi akhirnya tau kalo sebenernya dia bukan anak kandung. Cuma mukanya aje yang mirip sama Rin. Akhirnya mereka pacaran, deh, tuh. Eh tapiii usut punya usut, ternyata Aoi itu satu ayah lain ibu sama Rin, makanya muka mereka mirip! It was a touching story. Part yang paling gue sukain itu sih, bagian waktu Rin bilang kalo selamanya dia bakal bertepuk sebelah tangan *ambil tisu*. Haha, gue nangis loh baca ni story *curhat malam minggu~*

Wkwk, kan kalian udah tau nih, komik-komik keren, jadi sekarang waktunya gueee nge-post tentang hal yang bisa kita pelajari dari komik Jepang secara general! Yuk, simak baik-baik!

1. Cowok Populer Suka Cewek Aneh
Nah, yang ini sih nggak perlu disangkal lagi, ye. Biar kata si cewek ini nerd atau suka teriak-teriak nggak jelas, biasanya ujung-ujungnya si cowok bakalan naksir juga sama nih cewek. Pernah baca Sweet Lollipop nggak? Liat aja tuh, si Zero yang keceh dan disukain banyak cewek, dia masa naksir sama Nina yang bawel dan suka ikut campur!

Tapi mungkin ada sedikit perbedaan di komik sama di dunia nyata. Kalo di komik, dengan teriak-teriak, "KYAAA!" sambil gebuk-gebuk bahu cowok dengan gaya Chibi-Chibi bisa bikin si cowok luluh, kalo di dunia nyata, mungkin bakal diteriakin balik, "Bacot lu." HAHAHA.

2. Cari Simpatik Cowok dengan Nyomblangin Dia
Semakin lo keliatan lemah-lemah nggak guna gitu dan keliatan ikhlasss nyomblangin cowok ke temen lo, maka semakin simpatik pula dia. Tapi di komik mah nggak terlalu lebai mode on yah, kalo udah nyomblangin cowok mereka ikhlas, nggak kayak kamu yang luarnya senyum sedih dramatis bilang, "Aku ikhlas kok," tapi nggak bisa move on juga.

3. Semakin Pendek Semakin Manis!
Kalo di dunia nyata orang pendek selalu dihujat, di komik dia bagai Ratu Sejagat. Kayaknya tuh di komik, yang pendek-pendek itu selalu identik sama manis dan lucu, imut, gitulah. Chibi-Chibi asoy gitulah.

4. Cowok Suka Jadi Superman
Cowok itu suka loh nolongin cewek! Eh, tapi cuma beberapa doang, ya. Kalo tingkat empati cowok yang kamu taksir itu low, sabar ajayah. Mungkin pas kamu kesandung sambil bawa buku gede-gede ke perpus dan sok nggak lemah nggak guna gitu, bukannya ditolongin malah dibilang, "Mati lo. Punya mata nggak dipake!" Kalo itu bener-bener terjadi, selamat menikmati galau night, kawan! Nyesss nyeseknya.

5. Cewek Sophisticated Rentan Jadi Korban Stalk
Kamu cantik, pinter, eksis, dan mainannya iPhone sama SLR? Waduh, waspadalah, waspadalah jadi korban stalk! Di beberapa komik yang gue baca sih, cewek-cewek sophisticated itu rentannn jadi korban stalk beberapa cowok freak. Biasanya sih, udah sampe bisa dikategorikan tindakan kriminal! Eh, di dunia nyata, stalking itu itu juga bisa jadi tindak kriminal, loh! Tapi bedanya, pelakunya kamu, korbannya kamu juga! Gimana nggak nyesek coba, udah di kelas manggilnya ayang-ayangan, eh di Twitter profile-nya, ternyata alusannya banyak. Kasian deh kamu.

6. Jadilah Cowok Misterius, Hindari Jadi Cowok Freak
Nggak ada tempat untuk cowok freak, kawan! Dan di mana-mana, yang misterius itu emang lebih menggoda dan nyegarin mata. Triknya, buat kalian para cowok, pas baru masuk kelas, hindari kontak mata dengan cewek lebih dari dua detik. Biar keliatan aura misteriusnya itu lho. Kemungkinannya ada dua: cewek inceran kamu bilang, "Gila, tuh cowok matanya dalem badai!" atau justru bilang, "Lo lagi sakit mata atau gimana ya?"

Trik kedua, mingkemin dulu deh tuh mulut. Jangan keseringan ngomong yang nggak penting. Cowok sekece Nicholas Saputra pun jadi keliatan nothing kalo mulutnya cablak. Terus, kalo ada cewek memprovokasi kamu buat buka mulut, liat lurus ke depan dan jangan menjawab! Kemungkinannya ada dua juga: tuh cewek klepek-klepek sama kamu, atau justru ngira kamu gagu.

7. Benci Jadi Cinta itu Unyu
Benci jadi cinta itu unyu sekali, kawan! Di komik-komik sih, rata-rata pasti adalah yang kayak gitu ya. Triknya gini: pas hari pertama kamu ajak ribut abis-abisan tuh inceran kamu, dan hari berikutnya, bermetamorfosislah menjadi Cupid-bersayap-pembawa-harpa! Kemungkinannya lagi-lagi ada dua: inceran kamu luluh dan mabuk kepayang sama kamu, atau justru kamu ditendang pake sepatu.

Nah, nah, kan udah tau nih, trik-trik menggaet pasangan dari komik Jepang, menurut kamu, yang paling manjur itu trik yang mana ;-D

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire