samedi 20 avril 2013

Writing Always Starts Tomorrow?

Ehm, sebelum gue nulis post ini, gue lagi blogwalking and I found something that made me felt like I'd been punched. Ada suatu pertanyaan, "Ada berapa hal dalam hidupmu yang terlewat dari jerat tinta dan hilang begitu saja?"

Rasanya gue langsung jleb dan ingatan gue langsung terbang entah ke mana. Got my memories came in flashback. Gue pun ngetikin komen di blog itu, "Banyak banget." Sedetik kemudian, komen itu gue hapus dan gue nglamun gitu aja.

Jujur aja nih, gue tipikal orang yang suka nunda-nunda. Mungkin secara soalnya bintang gue Libra yang simbolnya timbangan, jadi suka gabisa nyusun skala prioritas hahahaha ngeles tingkat planet ekstraterestrial banget inimah-_-

But that's it. Gue selalu ngestuck wondering, which activity should I do first. Karena kelamaan mikir, seringnya gue gajadi ngelakuin apa-apa. Gue ngerasa rugi banget.

"Demi masa. Sesungguhnya manusia kerugian." -Al-Asr, ayat 1 dan 2.

Gue selalu ngerasa kian rugi tiap baca ulang ayat itu. Betapa gue kerugian karena udah sering nyia-nyiain waktu. Kalo uang lo ilang, lo masih bisa cari gantinya. Lah kalo waktu? Mau malak dari mana hayo?

Dan... gue paling jleb waktu ngait-ngaitin topik itu sama nulis. Kenapa? Karena sebagai anak SMA, sehari gue cuma punya waktu luang empat jam. Pas pulang, gue udah terlalu capek buat ngapa-ngapain. Kalo ada ide baru, gue cuma tulis draft dikit tanpa bikin perwujudan kompletnya. Dan taraaa, idenya jadj bikin jenuh trus kebuang sia-sia aja, deh.

Waktu gue baca ulang autobio gue, itu kerasaaa banget. Ada banyak bagian autobio yang gue copas dari blog, tapi ada banyak juga bagian dari hidup gue yang miss gitu aja; kayak gue yang nyasar di GOR Pasar Minggu pas lomba gegara Pak Fulmer sibuk nawar tukang foto, atau pas gue numpahin es krim Baskin Robin-nya Refal yang baru dibeli seharga 97 ribu.

"Kenapa dulu gue nggak cepet-cepet tulis ya?" It keeps repeating on my mind. Jawabannya, deep down, gue udah tau sih. Karena gue dulu mikir momen itu sepele dan gaada harganya. Padahal, even the tiniest moment can be the most precious story to tell. Dan hanya karena lo nganggep pengalaman lo itu nggak penting, bukan berarti bagi orang lain gitu, lho.

Penyesalan gue yang lain adalah: waktu SMP gue punya waktu hampir dua bulan setelah UN sampe gue balik ke sekolah. Dan dua bulan itu gue laluin gitu aja, tanpa ngerampungin satu project pun! Tiap malaikat kuping kanan gue bisik, "Ayo nulis!" maka gue selalu ngebales, "Besok aja, ah." Terus begitu fasenya sampe liburan berakhir dan gue nggak punya sesuatu buat disombongin.

Well, tapi menyesal itu juga termasuk time-wasting lho, dan karena itu I wrote this instead of regretting, grumbling over myself, or nangis-ing uhuk-uhuk ngabisin bergulung-gulung tisu.

Hayo penulis, berapa lama waktu tersisa? :)

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire