mercredi 22 mai 2013

Tentang Mereka yang Pergi

Jadi, Rabu kelabu ini gue mulai dengan ngebuka site kawan seperjuangan gue si Bary, http://abarygregor.blogspot.com/ Di post terakhir, ada puisi yang nyentuhhh banget. Pokoknya bikin air mata menggenang lah wakakak. Eh ga taunya di akhir-akhir... itu puisi buat kucingnya yang baru mati.

Kucing?
Kucing?
Pret.

Eh tapiiii jangan meremehkan. Gue juga pernah keilangan kucing, dan itu rasanya nusuk. Ya gimana sih, kehilangan sesuatu yang lo udah terbiasa dengannya. Pasti jleb dan bikin linglung. Etapi gue gatau sih it makes sense juga buat lo. But for me, it does.

Kucing gue namanya Rebek Itun Curly. Rebek soalnya mukanya rebek, belekan pula. Itun  bahasa Sunda artinya item. Trus Curly soalnya buntutnya panjang. Doi mati tahun 2011, pas gue lagi libur ujian. Gue sayang sama dia, kadang kita kayak bisa telepati gitu. Kalo gue lagi sedih, dia bakal ngegosok-gosokin kepalanya ke paha gue. Emang sih, kadang dia suka ga sopan. Kayak pas bokap lagi shalat, eh dia ndeprok di tempat sujud. Trus kalo dia udah disuruh pergi, dia suka balik-balik lagi. Dia juga takut sama tikus, jadi kadang gue manggil doi Doraemon. Yang paling ngeselin sih pas dia udah punya anak, dia ga get along sama anak-anaknya. Istrinya ga diakuin pula, ckckck.

Gue inget, pas kelas 4 SD gue mungut Rebek pas nyokapnya, Meong, mati keracunan dan Rebek dan ketiga sodaranya jadi tiga batang kara. Untuk ngibur gue yang nangis nggak ada juntrungannya, sepupu pun mungut ketiga anak Meong trus dikasih kamar sendiri di atas, sebutan gue dan para sepupu buat tempat jemur di rumah. Nah berhubung sepupu yang kecil ada tiga, kita kasih atu-atu deh. Gue waktu itu dapet si Belang, satu-satunya betina, yang sayangnya mati paling pertama hiks. Sodaranya si Item juga menyusul lima hari kemudian. Tinggal si Rebek, yang paling jelek dan item kecuali bagian putih di keempat kakinya, dan gue suka mengasosiasikan putih itu dengan kaos kaki.

Terus ya udah. We grew up together, sampe gue mesti pindah rumah saat kelas 6 SD, Rebek pun ngintilin gue. Kayaknya kita emang udah sehati. He was born to survive, berantem kayak gimana pun dia bisa bertahan. Trus sampe gue kelas 9, dia sekarat gegara berantem, dan di hari terakhir hidupnya, dia tidur di samping gue. I love him so much.

Trus dia mati. Ya gitu. Gue mewek.

Itu adalah salah satu perpisahan yang paling gue inget, selain Juli 2012, gue putus sama seseorang yang udah sama-sama bareng gue sejak 2 Februari 2010. Sama kayak Rebek, dia pergi juga ninggalin pertanda. Kita putus pas annive, dan di hari annive itu kita jalan-jalan keliling Jakarta, ke Kota Tua, eveywhere. Trus gue cium pipi dia, hoping time like this could be eternal.

I had never thought it would be our last kiss.

Tapi ya gitu. Rasa menyesal pasti pernah ada, tapi emang udah kodrat manusia kayak gitu kan? Stay for a while, make memories, and leave. Terus begitu siklusnya, sampe nyokap gue bilang dia ga ngerti kenapa ada manusia susah move on, padahal esensi manusia itu ya berpindah. Dinamis. Go and move. Move and leave. Dan di akhir, everything's made to be broken, and we have nothing left but memories to repeat over.

For my two beloved guys ever,
I love you. Remember, no one can take it.

Let me end this post with a question,
"If nothing lasts forever, would you be my nothing?"

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire