jeudi 13 octobre 2011

Kota-kota Terhijau di Dunia

Pernah nggak, kalian ngebayangin kalau Indonesia didaulat menjadi negara terhijau di dunia? Kita menerapkan sistem eco-living, dan ke mana-mana harus jalan kaki dan naik sepeda. Negara bakal bebas macet dan mengurangi polusi. Well, di bawah ini ada beberapa kota yang harus jadi "percontohan" kota-kota lain di seluruh dunia! Sssst, tapi sebelumnya, siapin dulu yah kamus Bahasa Indonesia, karena bakal banyak istilah baku di blog ini!

1. Reykjavik, Islandia.

Di post sebelum ini, Islandia adalah negara yang penduduknya paling sehat di dunia. Ternyata bukan cuma itu lho, hal yang bisa dibanggakan Islandia. Islandia juga memiliki ibukota yang merupakan kota paling hijau di dunia, yaitu Reykjavik. Kota ini memanfaatkan energi hijau, seperti panas Bumi dan pembangkit listrik tenaga air. Penduduk kota Reykjavik menggunakan hidrogen untuk sistem transit bus, dan memiliki ambisi besar untuk menjadikan Eropa sebagai benua terbersih di dunia.

2. Portland, Oregon, AS.

Penduduk kota Portland sangat aktif bersepeda, dan pemerintah menyediakan jalur khusus sepeda yang luas untuk mendorong warganya mengurangi pemakaian kendaraan pribadi yan bikin polusi. Nggak kayak di Indonesia yang lahan sepedanya malah dijadiin tempat parkir. Oregon juga pernah berjanji mengurangi emisi rumah kaca dan efek buruk lewat perubahan pembangunan.

3. Curitiba, Brazil.

Curitiba memfokuskan diri menerapkan keseimbangan ekosistem fauna dan mengisi mereka ke taman-taman kota. Kebanyakan hewan di taman kota ialah domba dan rusa. Curitiba juga punya sistem transit bus terbaik, di mana penmpangnya dianjurkan mengurangi bahkan nggak make sama sekali kendaraan pribadi mereka! Ckckck :O

4. Malmo, Swedia.

Kota ini terkenal karena keberadaan taman-taman yang menjelma menjadi lingkup ruang hijau. Kota Malmo berkonsentrasi pada pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Malmo menjadi salah satu kota yang sering menjadi studi banding dalam isu kontemporer (eja yang betul ya) masalah perkotaan.

5. Vancouver, Kanada.

Sebanyak 90% pasukan untuk kebutuhan energi di Vancouver diaktifkan oleh pembangkit listrik tenaga air, angin, surya, gelompang, dan pasang-surut air laut. Semua energi ini, dimaksudkan untuk membangun kota menjadi hijau dan memiliki tujuan untuk generasi yang akan datang.


-sumber: Kompas.com

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire