vendredi 28 octobre 2011

The 4th week of October... so many times I used to stressed out my life~

Bulan Oktober. Bulan kelahiran gue yang dari jaman gue kelas 7 banyak bawa "kesialan". Tahun lalu, gue sakit sampe segitunya, putus sama Fadel, PLUS HP gue rusak. Kurang jadi petaka apa, coba? Tahun ini sih, alhamdulillah nggak gitu-gitu amat. TAPI, ada TAPI yang harus digarisbawahi, pas minggu keempat Oktober, gue mulai stres.

Siapa sih yang nggak stres saat ngeliat dompetnya cuma berisikan selembar duit gocap? Okay, mungkin itu berlebihan, tapi masalahnya adalah, di awal Oktober, gocap di dompet gue ada 8 lembar, PLUS dua lembar duit cepe yang merah itu. Gue shock banget, sesuatu banget lah pokoknya. Gue emang boros, tapi sumpah, gue belum pernah ngabisin duit setengah juta dalam waktu kurang dari sebulan.

Yah emang sih, bulan Oktober 2011 ini gue banyak pengeluaran yang wajib dicatet kalo suatu saat gue disuruh bikin riwayat hidup. Mungkin tulisannya nanti gini, "Minggu keempat bulan Oktober 2011, terjadi wabah bokek yang meneror hidup Esa Khairina..." atau yang lebih baik, "Minggu keempat bulan Oktober 2011, terjadi krisis moneter dan perang antara Esa Khairina melawan dompetnya." Cupu-cupu banget, bet.

Tapi alhamdulillah gue punya bokap yang perhatian dan beliau ngasih gue uang untuk "mengenyangkan" dompet gue. Setelah krisis moneter selesai, ada lagi krisis-krisis lainnya. Krisis pede, krisis kemujuran, tapi yang terhebat yang terjadi tanggal 26 Oktober, krisis gerutuan :D

The 26th of October 2011... Dunia memang nggak pernah krisis cowok kece B)
Hari itu mendung dan lo-lo-lo semua pasti pada tau kalo gue bukan tipe orang yang suka hujan. Nggak tahu kenapa, kayak phobia gitu lho sama hujan. Gue nggak suka denger suara geledek, kilat sahut-sahutan, pasti jantung gue cekat-cekot. Jangankan itu deh, ngeliat pohon-pohon nari samba dibawah guyuran air hujan aja gue udah takut.

Dan gue makin ngeri kalo hujan nggak brenti lagi sampe jam tertentu, soalnya gue punya jadwal khusus hari itu. Yap, hari kedua kursus di ILP Panglima Polim. Gurunya native dari England yang kalo ngomong hashsyisyusyesyoh kayak orang kelelep. Oke, gue cuma kesel karena yang sering gue denger adalah American English dan begitu gue ngedenger bule ngomong pake British English, gue sadar betapa bloonnya gue memahaminya. Singkat kata, susah banget buat nangkap apa yang dia maksud quickly.

Pas pertama gue masuk tanggal 24, gue kecewa karena gue penginnya native bule yang keren dan berambut pirang, tapi Mr. Lupanamanya adalah pria berumur 64 tahun (cuma itu yang gue hafal) dari UK dan... for me, he's a good story-teller, although I just could heard a few of his words clearly. Tapi alhamdulillah, pas gue masuk, gue udah mulai ngerti semua yang dia omongin. Mungkin karena tadi gue berdoa setulus-tulusnya biar kuping gue nggak budek sama British-nya dia. Guess what, ada dua bocah SD yang se-room sama gue di ILP, dan itu membuat gue kian merasa bloon walau kebanyakan murid SMP-nya di room 15, ruangan gue. Tapi, yang namanya belajar, nggak ada batas usianya, betul nggak? Malah gue pernah denger tentang seorang kakek yang baru bisa nyelesain kuliahnya pada usia 100 tahun. Gue kagum sama perjuangannya dan malu kalo baru kayak gini aja gue udah nggak pede. Akhirnya, gue mati-matian berusaha supaya terus jawab pertanyaan biar kata pas dia muji atau ngekritik, gue cuma bisa nge-reply seperti, "Thanks, Sir," or, "Okay, forgive me, Sir, I've forgot bout it." Dan seringnya, Mr. Lupanamanya ngebenerin kata-kata gue. Terus dia nyerocos panjang lebar tentang perbedaan American English dan British English, terus baru deh materinya dimulai. Oya, sebenernya untuk YAC, kita kebanyakan tes dan latihan secara speaking, jadi jarang dijejelin materi tentang grammar, dan jarang kita main sama pulpen dan kertas.

Hari itu, kita dikasih gambar soal pakaian dsb-dsb, jumlahnya 30, dan masing-masing anak (total anak di kelas gue hari itu 8 orang, 2 orang absen) harus milih kotak mana, dan nebak apa sih nama gambar di kotak itu. Gue curiga apakah Mr. Lupanamanya udah nonton London Fashion Week karena dia hafal bangettt berbagai istilah dalam mode baju-baju gitu. Ckckck. Setelah itu, dia ngajak kami untuk main "Sambung-Kata" kalo dalam bahasa Indonesia. Jadi aturannya, "You have to say some words, any words, and we can determine the last alphabet. Then, your friend who sat next to you have to say some words, that started from the last alphabet of your words." (Baca: Bahasa Inggris masih belepotan). Jadi misalnya gini, waktu itu gue yang pertama harus ngucapin kata-kata, dan gue asal nyeletuk, "Wardrobe," dan temen di sebelah gue, Salwa, harus ngucapin kata yang diawali huruf E. Understand toh ndok?

Abis gitu kita pun keluar dan Mr. Lupanamanya sempet ngobrol sama Nyokap walau Nyokap lebih condong ke American English juga. Pas gue turun dari tangga, OMAIGATTT I saw a handsome native who just fnish and exit from room 10. Demi apapun yah, dia mirip ROBERT PATTINSON! Rambutnya merah-merah gitu, jenggotnya bener-bener mirip Pattinson, dan dia pake kemeja gitu, dilapisin waistcoat sama celana jeans, and that's kinda cute :3. OMAIGATTT. Saat itupun gue langsung tahu, kalau semua hal bisa dibilang bisa krisis, tapi satu hal, dunia nggak pernah krisis cowok kece, man!

Dan masih ada kejutan lain from my motha. Katanya kontrak buku ketiga gue nyampe di rumah! Wohoooo, finally! I couldn't breath that time... rasanya bener-bener kayak mau loncat gitu. Akhirnya karena takut ujan lagi, gue dan nyokap pun langsung balik ke rumah, setelah beli muffin sama hot chocolate made in 7-Eleven.

The night of 27th October.... Ribet dan bikin kebakaran jenggot -_-
Semalem rasanya kayak mimpi buruk. Banyak banget masalah silih berganti menimpa kelompok Tabog gue. Pertama, gue udah SMS-in satu-satu anak, dan kita kurang sendok es krim, serbet jari, sama yoghurt. Oh man, demi apapun yah, maksud gue kalo ada tugas kayak begituan, harusnya dicek minimal dua hari sebelum practice, jadi kan Kamis-nya gue bisa beliin barang-barang yang kurang. Lah ini? Lo pikir aja deh, siapa yang nggak kesel coba, di-SMS jam 9 malem (malem Jumat pula!) dan dikasihtau kalo mereka belum punya sendok es krim yang udah dikasihtau sejak tiga minggu lalu! Gue kesel, tapi karena gue kasian kalo masalah kayak gini gue kasih ke Ravy juga (masalahnya, gue ketua -_-). Ujuk-ujuk gue lari sendirian jam segitu, ibarat dari 12 ke BlokM Plaza lah, buat beli sendok es krim sama yoghurt, dan but I COULDN'T FOUND THE "SERBET"! Gue langsung panik sampe pulsa gue kesedot buat nelponin temen yang bisa bawa tuh serbet, termasuk Senta sama Rakrya --" Ini nih, gue selalu diomelin sama ortu kalo tugas baru keingetan, dan gue heran, apa temen gue nggak diomelin juga, apa? Oke, itu menunjukkan betapa disiplinnya keluarga gue -_-.

October 28, 2011. Ketika mendung berganti cerah :)
Paginya, gue bangun dengan semrawut dan kembali ngecek semua barang yang udah masuk ke tas, udah lengkap apa belom. Tuhkan, gue itu teliti kalo di rumah. Setelah yakin nggak ada yang ketinggalan, gue langsung capcus ke sekolah.

Guess what? Di bangku gue, ada bunga krisan gede-gede dan banyak pula, dan pasti kalian udah bisa nebak tampang gue kan? Bengong kayak sapi ompong. Pas gue ngegumam, "Bunga siapa, nih?" Temen gue, Nitya dkk, nyahut, "Itu bunga, dari Ravy."

JLEB.

Kalo bunga dari Ravy, pastinya itu buat Tabog. TADINYA gue ngayal kalo tuh bunga dikirim secret admirer rupawan yang sekian lama mencintai gue dari jarak jauh *bugh*. Untuk informasi, tuh buka tingginya kira-kira selutut gue dan bunga yang gue minta adalah buat meja makan. Gue tau Bu Djus, guru Tabog, bukan kanibal, tapi kayaknya beliau bener-bener sanggup ngegigit kuping kelompok gue kalo bunga raksasa itu ditaro di atas meja makan kontinental. Ya lo pikir deh, bunganya ada setinggi itu, potnya bisa-bisa segede apa? Terus nanti kalo kita makan, bisa-bisa yang diliatin malah ntu bunga, bukannya fokus sama table manner yang ada.

Terus gue sama Ravy sama Rifki langsung ke dapur buat naro es krim sama bikin es batu. Selesai itu, kita balik ke kelas, baca Yasiin, dan Bu Djus utuk-utuk dateng dan bilang kalo praktiknya sekarang. Lha wong gue taunya praktiknya itu jam terakhir. Yo wes lah, karena ini titah dari baginda, gue sama temen-temen gue yang lain mah nurut aja.

Sampe di dapur, gue langsung mencar dan bikin segala persiapan yang ada. Beres-beres alat, bikin garnish, dan sebagainya. Walau sempat ada krisis dan perselisihan, alhamdulillah acara persiapannya beres dalam waktu satu jam lebih sepuluh menit (diitung). Pas itungan ke sepuluh, kelompok gue pun harus siap di tempat.

Kocaknya, kita lupa kalo duduk di kursi harus dari sebelah kanan kursi, keluar lewat sebelah kiri. Alhasil, kita semua pun nubruk. Abis itu kita langsung duduk di bangku masing-masing, formasinya, Rifki-Ajeng, Basit-gue, Ravy-Dzalika, Awak-Ana (aseeek). Abis itu, kita langsung mulai makan, tapi Bu Djus nanyain sesuatu yang simpel dengan nada kalem, "Ini makanan apa?"

Gue langsung nyahut, "Blackpaper chicken fillet, Bu, eh... main course."

"Oh, jadi kalian makan kontinental yang pertama dimakan tuh main course, ya?"

Muka Ravy langsung stres dan pada nggumam, "Tuh, kan..." Oke, oke, gue akuin itu salah gue. Akhirnya Ajeng sama Ana oper-operan naro lagi main course di meja persediaan, terus Basit--sebagai pelayan--langsung ngasih appetizer-nya, salad buah. Campuran mangga, selada, anggur, stroberi, yang dikasih yoghurt dan madu. Pas gue dan temen-temen nyicipin, puaahhh! Demi apapun asem bangetttt >.< Muka Ravy bikin gue mau ngakak ("Gimana kalo dikasih jeruk nipis, coba," sabda Ravy), merah gitu deh hahaha. Yang kocak tuh tapi Awak. Udah tau ini makan salad buah, bukan cream soup, eh pas Bu Djus nggak ngeliat dia ngangkat mangkoknya terus minum langsung dari mangkok. Astaghfirullah, gue hampir ngakak abis. Pas gue nyobain es jeruk, gue langsung mau muncratin. Demi apapun asemmm banget. Bukan kurang gula, gulanya banyak karena rasanya rada nyeleket, tapi emang udah dasarnya jeruknya asem -_- Cobaan untuk kelompok gue terus berlanjut sampe-sampe Awak nyeletuk, "Ini makan apa penyiksaan, sih?"

Terus Bu Djus dateng dan nyuruh kita makan seladanya. Muka Ravy lagi-lagi bikin gue mau ngakak. Terus Basit, dengan suaranya yang kalem dan cool, bilang, "Mendingan gue makan itu..." *nunjuk bunga krisan* "daripada ini." *nunjuk selada*. Ya Allah gusti... gue langsung mau ngakak lagi. Dan mangkok yang bersih tak bersisa cuma mangkoknya Awak sama Rifki--yang seladanya dimakan juga--"

Selesai makan appetizer, lanjut ke hidangan pembuka. Risoles gitu yang rasanya yummy, TAPI makannya pake garpu dan memperhatikan tatakrama yang ada. Gue dapet piring yang motif Holland gitu, motif yang tadi gue taksir. Gue alhamdulillah yah bisa motongnya, tapi yang lain termasuk Dzalika susah buat motong. Udah makan risoles, ada lagi yang bikin gue ngakak. Si Rifki ngambil selada garnish pake tangan, bungkuk ke balik meja, terus ngunyah mentah-mentah. Anjirrrrrrr gue langsung ngakak, tapi yang lain nggak ngeliat karena "asyik" sama kegiatan potong-memotongnya. Karena porsinya kecil, kita pun langsung ke main course.

Basit tampil kembali menjadi bintang. Dia maju-mundur-kanan-kiri dan ngambilin jatah blackpapper chicken fillet buatan nyokap gue dan juga kentang goreng iris made in Dzalika's house. Pas giliran gue yang dilayanin...

"Lah, kok piringnya kurang?" tanya Basit heran.

Gue langsung panik dan mereka nyari-nyari piring buat jatah gue, dan Bu Djus dateng dan berujar santai, "Wah, tadi sepiring Ibu kasih Pak Ruswan."

Gue langsung lemes. Imagine if... lo yang paling banyak bawa ini-itu, tapi nggak kedapetan makan! Gimana gue nggak keki, coba. Gue udah keki, panas, getek, kesel, perpaduan semua perasaan nggak enak, lah. Berhubung blackpapper chicken fillet-nya masih ada, Ajeng pun ngambilin dan dia nyomot satu dari masing-masing kentang goreng iris di piring temen-temen sekelompok gue. Akhirnya gue selamet, walau tanpa garnish gitu. Terus kita lanjut makan dan alhamdulillah, semuanya bilang blackpapper chicken fillet nyokap gue enak :') Seenggaknya, it was repair my broken-mood. Sebenernya tadi pengin ngakak juga karena Bu Djus dateng dan nyuruh tomatnya dimakan (Gue aman karena gue tanpa garnish). Kejadian bikin ngakak lainnya: tadi sikunya Bu Djus ditaro di atas kepala Awak gitu, bikin ngakaklah. Abis makan, kita makan es krim (Ravy yang paling semangat) sebagai dessert *pas ini gue rada curiga kalo Rifki lagi diet karena dia bilang dia kenyang dan nggak ngabisin es krimnya. See what's wrong? Dia nelen selada bulet-bulet tapi nggak doyan es krim -_-*. Setelah itu, kita pun berdiri dan mulai ngecuci semua barang-barang. Ana sama Dzalika cuma ngerapiin, tapi yang lain (Awak, Ravy, Rifki, Basit, Ajeng, gue), stay in kitchen dan nyuciin semua perlengkapan satu-satu.

Pas cuci piring, Reggy sama Nibras (9-5) dateng terus minta berbagai makanan dan minuman, dan si Reggy jago bet, bilang kalo salad buahnya manis *dengan muka bergidik*. Reggy langsung sok ngegombalin Dyna sama Natt (9-8) gitu, HOAHAHA. Eh tapi mereka cuma numpang makan doang, tapi nggak ngebantuin nyuci piring. Hmm, oke, beramal itu berpahala yekan?

Selesai nyuci piring, yang ada di dapur (kelompok gue + Dyna + Rachmi + Syafiq) leyeh-leyeh dan nyetel musik. Yang lagi-lagi mengocok perut tuh pas Syafiq nyanyi "Kemana, kemana..."-nya Ayu Tingting. Selesai nyuci piring dan segala tetek bengeknya itu, gue ambil bunga sisa yang Ravy bawa tadi. Sialannya, tuh cowok bisa nebak yang ada di pikiran gue, "Pasti Esa ngayal kalo tuh bunga dari Fadel, makanya dicium, dipeluk..." dan alhasil? Gue disorakin.

Tapi rasanya semua kejadian tadi menyenangkan dan gue melewati hari ini tanpa hambatan. Thanks God it's Friday <3


28/10/2011.
Esa Khairina H.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire