mardi 11 octobre 2011

What's FRIENDSHIP stands for....

...
You can take everything I have,
you can break everything I am.
Like I'm made of glass,
like I'm made of paper
...

Ini ya, gue baru ngeh tentang sesuatu. Sesuatu yang keliatan simpel dan sederhana--dan kenyataannya memang gitu--tapi kadang bisa nyesekin, dan ujung-ujungnya bikin mewek.


Jadi gini, hari ini gue mengalami bad day. Perlu gue ejain? B-A-D D-A-Y! Pertama, temen cowok gue keterlaluan banget. Ultah gue masih tanggal 12 besok, tapi hari ini mereka udah ngerjain gue.

Gue lagi duduk di mejanya Ana sama Ajeng, Dzalika, Senta, dan Ana sendiri, and enjoy my lunch, pas gue ngerasa sepatu gue nggak enak. Emang sih, sebelum makan, tadi gue nemenin Senta ke perpus untuk ngecek buku baru apa aja yang ada di perpus. FYI, ada aturan khusus di perpus gue untuk nggak make sepatu di dalamnya (plis deh ya, ini peraturan jaman kuda gigit besi yang masih berlaku sampe sekarang -_-).

Karena gue males, gue lepas sepatu gue, jadi gue cuma make kaus kaki di dalam kelas. Terus tiba-tiba, Reggy--anak kelas 9-8 temennya Ravy--dateng dan nanya-nanya gitu soal netbook-nya Senta. Karena mukanya innocent dan gue masih fokus dengan udang goreng tepung di tempat makan, gue cuek-cuek aja, nggak curiga sama sekali. Dan kami--gue, Senta, Ajeng, Dzalika, Ana--masih sempet-sempetnya bercanda dan ngomongin adeknya Senta yang bikin Ajeng punya affair sama dia sejak pandangan pertama *tring tring ting ting*.

Pas udah selesai, tiba-tiba Ravy nyeletuk, "Sa, lo nggak make sepatu?" dengan nada datar.

"Oh iya," gue nyahut asal sambil nenedang-nendang kolong bangku Ravy yang gue dudukin. GUESS WHAT?! SEPATU GUE LENYAP!!!

Gue langsung panik. Gue udah nyari ke kolong bangku Ravy dan sekitarnya, tapi hasilnya nihil. Sepatu gue tetap menjadi enigma. Kalo dipikir-pikir, siapa coba "Pangeran" yang memiliki sepatu gue? Sepatu kaca bukan, sepatu apek iya -,- Dan tiba-tiba lampu Philip nongol di otak gue. Yang tadi ngingetin gue untuk make sepatu siapa? RAVY!

Gue langsung ngegerebek tempat Ravy, Reggy, sama Aufar nongkrong. Gue sampe tarik-tarik mereka bertiga--terutama Reggy sama Ravy--dan tetap nggak nemuin sepatu gue. WHERE IS MY SHOES?!

Gue paksa mereka untuk ngaku sampe urat-urat di leher gue keluar semua. Gue udah getek setengah mati, tangan gue udah gatel pengin nyekek tiga cowok barbar itu. Terus Ravy malah ngomel karena dia bilang, apa-apa gue nyalahin dia (padahal emang dia yang salah), terus nunjuk Reggy yang buru-buru keluar pintu. Tanpa babibu, gue langsung narik lengan Reggy terus maksa dia ngaku di mana sepatu gue "bersembunyi".

Dan dimulailah sidang....

Ravy sama Reggy saling tunjuk dan nggak mau ngaku siapa yang ngumpetin sepatu gue. Dari Ravy, ke Reggy. Dari Reggy, ke Ravy. Dari Reggy, ke Aufar. Aufar pun menatap gue bingung. Yang ditatap? Lebih bingung lagi -___-

Dan akhirnya karena gue-almost-cried, Ravy pun angkat tangan dan ngaku di mana sepatu gue. Reggy pun ngebuka balik pintu. Dan...



sepatu gue tetep nggak ada, tuh.

Gue makin murka dan hampir lari ke BK. Tapi untung aja Aufar menyingkap kain pel dan sapu dibalik pintu. Dan dari situ, gue liat sepatu gue, yang sebelah kiri.

Pertanyaannya, di mana sepatu sebelah kanan gue?

Gue langsung mengaum dan melototin Reggy, Ravy, Aufar, tapi mereka sampe ngucap sumpah kalo mereka nggak liat di mana sepatu gue. Oke, gue cari ke sekeliling meja (sambil make sepatu sebelah kiri gue), dan tebak, di mana gue nemuin sepatu gue?

Di kolong meja Awak.

Gue langsung cemberut tapi dalem hati alhamdulillah. Senta, Ajeng, Dzalika, Ana pada ketawa sambil nyorakin gue, dan RavyReggyAufar mandang gue dengan pandangan ngeselin. Cengengesan gitu. Seolah-olah mereka nanya, "Salah gue apa, sih?" Minta ditampol bener-bener. Nenek-nenek bunting juga tau kenapa gue semarah itu.

Terus bukannya ngebaik-baikin gue, mereka malah bikin gue tambah kesel. Ravy apalagi, dia bilang gue tukang ngambek dsb-dsb. Najong. Dan akhirnya Ravy dan Reggy minta maaf dan nyanjung-nyanjung buku gue gitu. Karena agama melarang kita untuk marahan lebih dari tiga jam, gue maafkan mereka *merentangkan sayap*.

Kejadian buruknya nggak sampe situ aja. Tadi gue pas shalat, nggak tau kenapa ada yang bikin gue sedih. Sebenernya gue udah pernah sedih karena hal serupa, tapi nggak sampe mewek di sekolah kayak gini. Pas abis berdoa, gue udah nangis. Dan pas gue ngelipet mukena, gue nangis lagi....

Sentani panik terus nanya gue kenapa. Gue nggak bisa jawab. Terus gue apus nih air mata dan salim sama guru, itupun ditanyain, "Esa kenapa? Abis nangis?" dan Senta malah ngasih keterangan palsu *brb nyetel lagu Ayu Tingting*. Dia bilang gue nangis gara-gara nilai UTS gue pas KKM. Oke, mungkin karena ke-unmood-an gue juga dipengaruhi hal itu, tapi sebab asli gue nangis, itu nggak ada yang tau.

Akhirnya gue digiring ke depan perpus sama Senta sama Ajeng (Dzalika sama Ana nggak shalat), itupun ditanyain sama beberapa adek kelas yang heran ngeliat mata gue bengkak. Di depan perpus, gue nangis sejadi-jadinya. Alasan aslinya gue nggak bisa tulis di sini, tapi yang pasti, gue sakit. Banget.

Senta langsung lari dan ngambil tisu, dan untuk pertama kalinya, gue ngerasa beruntung punya mereka, shoulders to cry on. Bukan sahabat yang bisanya ngekritik tapi nggak introspeksi, bukan sahabat yang ngatain gue egois tapi nggak pernah mau nemenin gue ke mana-mana, padahal gue udah ngeluangin waktu untuk mereka, bukan sahabat yang nggak nanya kenapa akhir-akhir ini gue ngejauh dari mereka, bukan sahabat yang nggak pernah jenguk gue waktu gue sakit dan nggak sekolah.

Ada yang bikin gue terharu. Hari Jumat, gue nggak sengaja buka sketchbook-nya Senta, dan gue ngeliat ada gambar gue di halaman paling belakang, dengan tulisan, "My best friend, Echa", dan juga ada gambar yang kata Senta harusnya jadi kado ultah, tapi keburu ketauan. Ya Allah.... Belum ada seorang pun yang gambar gue di belakang sketchbook mereka. Belum ada seorang pn yang udah nyiapin kado buat gue dari lima hari sebelumnya. Rasanya gue terharu, dan inget kejadian itu, gue langsung nangis. Gue nggak pernah dapet hal yang gue udah dapet dari Senta, dari mereka yang selama ini gue sebut "sahabat" gue. Belum pernah, sekalipun.

Akhirnya gue dianter ke kelas, dan beberapa anak juga nanya, "Kenapa lo, Ca?" dan gue cuma sesenggukan dan nunduk. Di kelas, temen-temen juga nanya gue kenapa, dan penasaran banget. NB: penasaran adalah salah satu tanda kalau orang itu peduli. Gue cuma geleng-geleng dan tersenyum. Dari situ gue tau, gue masih dikelilingin orang-orang, yang biarpun cuek, tapi sebetulnya mereka peduli sama gue. (Virsya sampe nyegah Awak "nyetrum" gue, dan Ravy--najis emang tu bocah--bilang nggak percaya gue bisa nangis, setelah dia bilang dia nggak percaya gue bisa suka sama cowok -_-). Mood gue berubah sedikit sejak itu.

For everyone, do you know what's FRIENDSHIP stands for?

(F)aithful,
(R)eceive you just the way you are,
(I)nteresting,
(E)verlasting,
(N)eed you,
(D)are,
(S)haring. I wish someone read it and gonna treat me well :')
(H)elpful.
(I)rreplacable in your heart :)
(P)rotect you.



11/10/2011.
Esa Khairina.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire