mercredi 12 octobre 2011

Negara dengan Penduduk Tersehat di Dunia!

Setiap negara pasti punya kebudayaan dan kondisi geografis yang beda-beda, dan ternyata nih, dua hal itu mempengaruhi juga cara hidup mereka. Di beberapa negara, ada orang-orang yang hidup lebih dari seratus tahun karena lingkungan alam yang bebas polusi, juga kebiasaan sehat yang mereka jalanin. Temen-temen mau tau, negara dengan penduduk tersehat di dunia? Yuk, check it out!

1. Islandia

Penduduk negara Islandia sedikit banget, dan udara di Islandia sangat baik, bebas dari polusi. Menurut penelitian para ilmuwan, hanya ada 2 di antara 1000 bayi yang meninggal pada angka kematian di Islandia. Sesuai namanya nih (Iceland), Islandia adalah negara yang menggigil *brr*. Tapi alasan ilmuwan menobatkan Islandia sebagai negara tersehat bukan karena itu, tapi karena penduduk Islandia lebih sering kerja di luar rumah dan olahraga ke gym tiap hari. Wes wes, bisa bayangin seberapa square otot cowok-cowok kece di sana? 8-)

2. Jepang

Nah, inilah saudara tua bangsa Indonesia! Tapi dalam banyak hal, memang Jepang jauh lebih maju dari Indonesia. Tercatat, Jepang adalah negara dengan angka pengonsumsi ikan terbanyak di dunia, juga pemakan kedelai dan rumput laut. Salah satu budaya makan orang Jepang adalah... mereka akan berhenti makan saat 80 persen dari perutnya terasa penuh, terus nunggu 10 menit, dan lanjut makan lagi. Nggak kayak kita-kita yang nggak akan berhenti sebelum celana kesempitan -__-

3. Swedia

Pemandangan indah dengan perbukitan, gunung-gunung dan lembah, menjadikan Swedia negara yang indah dan sejuk. Jadi wajar dong, kalau warganya suka menikmati waktu di luar dan "menguasai" kekayaan alam negaranya. Pemerintah Swedia menerapkan kebijakan biar penduduknya menjalani gaya hidup yang sehat, perhatian banget. Karena letak geografis, orang Swedia banyak mengonsumsi makanan olahan ikan dengan kadar asam lemak omega tinggi. Cara mereka mengolah makanan juga beda, dan sehat, contohnya direbut, fermentasi, diasap, atau dikeringkan.

4. New Zealand

Wedeh, ini dia salah satu negara yang dekat dengan Indonesia! Yap, Selandia Baru atau kita biasa mengenalnya dengan New Zealand. Penduduk New Zealand sedikit dan udara di sana bebas polusi. Kebanyakan penduduknya, mendapatkan makanan dengan cara memetik dari pohon atau ngambil di taman. Nggak kayak orang Indonesia yang bisa dihajar massa gara-gara nyolong mangga -_- Penduduk New Zealand juga sering menghabiskan aktivitas mereka diluar dengan hiking, berkemah, atau memancing.

5. Italia (especially Sardinia)

Kota ini bernama Sardinia, sebuat tempat di Italia yang banyak penduduknya yang hidup sampai di atas 100 tahun. Sebagian besarnya sih, laki-laki pengembala. Mereka sering jalan kaki kurang-lebih 5 kilo per hari--bandingin sama di Indonesia, dua kilo aja udah naik mobil, yegak ._.--dan makanan yang mereka sering konsumsi adalah gandum, kacang-kacangan, tomat, sayuran, bawang putih, buah-buahan, minyak zaitun, dan keju pecorino. Dan anyway, rasa kekeluargaan di Sardinia itu tinggi banget, lho! Terbukti kebanyakan orang di usia senja tetap tinggal di satu rumah dengan anak-anak dan cucu mereka :3


-sumber: wolipop.com

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire