samedi 25 février 2012

February 24th.... So Much Happiness, So Much CRAZINESS!

24 Februari 2012 mungkin adalah hari "keramat" yang rada bikin gue stres. Kenapa? Soalnya setelah tiga minggu mengalami penundaan, akhirnya kemarin praktik Tabog-nya jadi. Pas gue turun dari mobil sambil bawa tentengan yang isinya sosis yang udah digulung roti, gue rada worried soalnya guru-guru pada make seragam olahraga dan kayak mau senam gitu. Gimana kalo... setelah dua jam ngejain nih tugas (nyokap gue sih, yang ngerjain, HAHA), prakteknya ditunda lagi?! Oh nooo!

Tapi alhamdulillah akhirnya jadi! Gue sama kelompok gue masuk ke ruang Tata Boga (meja kelompok gue strategis soalnya udah di-booking Ana h3h3), terus naro barang-barang, dan mulai kerja. Pertama-tama, sosis yang udah digulung diolesin sama telur kocok, abis itu digulingin ke tepung panir. Lagi asyik-asyiknya ngolesin sosis pake kuas, eh si Mr. Jerawat, Alus (stands for Anak Lusi), apapun itulah panggilannya, nongol dan nyerocos tanpa nyapa gue dulu.


"Eh, Gi, lo udah cuci tangan belom? Pasti nggak higienis, dah."

Tarik nafassss, buang... Daripada berantem, gue milih mingkem, terus cuci tangan dengan sukarela. Pas gue baru nyampe, eh gue udah dicipratin air. Oke, gue jadi curiga. Jangan-jangan selama ini Ravy nge-FANS sama gue?! (Emang ada yah orang nge-fans segitu jahatnya?).


Gue baru aja bakal mulai kerja lagi. Jadi gue sama Ajeng yang ngoles, dan Ana sama Dzalika yang ngegulingin sosis gulungnya di tepung panir. Eh belom juga sempet megang rotinya lagi, gue udah kembali dikomplain.

"Eh, Gi, itu mah kelamaan. Mendingan gini--" dengan sok pinternya *oke, dia emang pinter. Seenggaknya dalam bidang akademis, nilainya lebih tinggi dari gue* Ravy ngambil roti gulungnya terus malah diguling-gulingin di telor sampe becek!

"Lus, itu mah ntar sosisnya kecelup juga, ntar jadi amis," gue menyela dengan kalem. Sebenarnya satu huruf yang keluar dari bibir dower sang Alus bikin kesabaran gue menipis satu tingkat.

"Daripada lo ngoles-ngoles gitu pake kuas. Sa, kita nih lagi praktek Tata Boga, bukan Seni Rupa! Daripada lo lelet-leletan ngoles," Ravy mulai nyolot. Gue nyolotin balik.

"Vy, ini tuh gue yang bikin! Jadi gue yang tau, ngerti? Sok pinter banget sih lo!" gue mulai naik darah.

"Bodo dah Saaa, Sa..." Ravy ngebales ocehan gue dengan gonggongan dan menarik pihak lain, "Eh, Li, menurut lo ini mendingan dioles apa digulingin aja?" Dia mulai nyari sekutu, si Lia, anak kelompok lain yang kebetulan ngeliatin proses oles-mengoles.

"Iya, menurut gue sih mendingan digulingin aja..."

"Tuh!"

"Nggak fair lo! Lia kan pacar lo, jelas dia ngebela lo," gue mencibir, tapi Ravy sama Lia sok budek. Akhirnya dibuat kesepakatan. Gue yang ngoles pake kuas dan Ajeng yang ngegulingin di telur.

Belom juga ada sepuluh menit, gue kembali diterjang dengan debatan kelompok gue.

"Sa, ini mendingan minyaknya banyak apa dikit?" tanya Ridam (Rifki Adam) setelah kompornya panas.

"Dikit aja, jangan banyak-banyak, ntar kerendem, minyakan, terus nggak mateng," gue nyahut sambil merhatiin dia yang nuang minyak ke penggorengan.

"Sa, di mana-mana tuh yang kayak ginian minyaknya banyak!"

Anjir, ni orang nggak bisa apa nggak protes?!

"Vy, ini tuh gue diajarin nyokap gue, dan ada kok resepnya!" sahut gue dengan sabar (can you spell it? S-A-B-A-R).

Ravy langsung nanya ke Bu Djus dan kayaknya emang hari sial gue karena kalah debat mulu ama ni bocah. Bu Djus berpihak sama Ravy dan yaaa, lo tau lah mukanya. Gue nggak mau nyebutin di sini gimana tampang Ravy kalo ngerasa menang karena bisa bikin lo kena nightmare. Hampir sengeselin tampangnya Voldemort, lah, tapi bayangin aja kalo Voldemort jerawatan tuh kayak gimana.

Akhirnya setelah proses gulung-menggulung selesai, sosis gulungnya digoreng. Ana sama Dzalika yang gantian goreng sedangkan gue ngobrol sama temen-temen cowok gue (Ravy-Awak-Ridam-Basit) dan Ajeng duduk sama Dinda.

Belom juga ada beberapa menit...

"Jangan lupa ya nanti kertasnya dilaporin ke Ibu, sebelum kalian jualan," kata Bu Djus, dan dengan satu kalimat simpel itu, tiba-tiba Ravy nepok jidat.

"Mampus gue! Kertasnya nggak gue bawa!" dia mulai panik sama Basit, dan gue nggak kalah paniknya. Kertas yang dimaksud itu adalah kertas proposal berisi harga-harga pokok, perkiraan keuntungan, dll-dll yang baru gue selesain satu jam dengan bantuan nyokap gue! Dan sekarang dia nggak bawa?!

"Maksud lo nggak bawa?!" nada gue mulai ikutan panik.

"Ya nggak bawa! Aduh bego-bego-bego!" Ravy nyumpahin diri sendiri sambil berulang-ulang ninju jidatnya. Gue aja sampe heran kok jidatnya tetep kayak semula, nggak membengkak kayak ikan lohan walau ditinju segitu keras. Well, mungkin itu salah satu kelebihan--baca: mukjizat--yang dipunyai ketua kelas gue yang cantik itu.

Gue ikutan nyumpahin Ravy dan dia langsung lari ke Bu Djus, abis itu balik sambil bawa kertas yang sama, tapi KOSONG.

"Kok nggak ada tulisannya?" gue tanya sambil nyipitin mata sok ke-Hollywood-Hollywood-an.

"Ya nggak ada tulisannya," Ravy nyengir, dan walau gue tahu itu berarti "Maaf ya, Sa, maaffff...," gue tetep kesel sama dia. "Lo tulis ulang semuanya."

Gue bener-bener marah, dan gue langsung balik ke kelas buat ngambil pulpen, terus ke ruang Tabog dengan mulut terkunci. Gimana nggak miris coba coy, gue ngebantuin kelompok lain nyelesain proposal kertas itu dan kelompok gue sendiri nggak nyerahin proposalnya? Ironis dan pathetic banget.

Untunglah Bu Djus berbaik hati *sungkem*. Dia ngebolehin kelompok gue nulis keuntungannya di selembar kertas, dan segala tetek bengek soal proposal itu boleh nyusul Senin besok. Gue dengan lega berhenti nulis dan ngantongin pensil, terus minta maaf ke Ravy soalnya gue udah... marah-marah *sebenernya, wajar aja kan kalo gue marah?*

Terus akhirnya sosis gulungnya kelar digoreng dan gue buru-buru nyiapin plastik.

Baru aja damai, Ravy udah ngajak berantem lagi.

"Sa, lo nggak bawa straples?"

"Enggak," gue jawab dengan inosen, "abis kata nyokap gue, ntar takutnya ketelen."

Ravy langsung ketawa ngakak nggak jelas gitu. "Astaga... ketelen? Bego amat yang makan!" Actually he didn't understand what I felt! Gue trauma sama kemasan yang ada straplesnya. Dulu pernah, pas gue mau makan roti, straplesnya jatuh dan nyaris ketelen.

Dia langsung ngoceh nggak jelas sama Basit dan Ridam, ngepelonco gue, sedangkan gue cuma diem, bengong kayak orang idiot. Mau ngejelasin tapi paling nggak didengerin... yasutralah.

Akhirnya Ravy minjem straplesnya Adit dan berlima, kita mulai ngemasin semua sosis gulungnya. Gue, Ravy, Ridam, ngemasin, terus Basit nge-staples, dan Awak mulai berbenah. And finally, those tired activities finished!

Kita langsung tata tuh makanan, terus bagi-bagi tugas. Gue sama Ana ke kantor guru, Ravy and the gank ke 9-7, terus Dzalika-Ajeng ke kelas 8. Baru juga keluar, pembelinya udah ada dua, Miss Cindy sama Ricky, anak kelas 8 yang pernah ikut lomba sama gue. Sebenernya gue felt guilty juga ke Dinda, soalnya Dinda yang duluan nemuin Miss Cindy, tapi beliau malah beli makanan gue. Oke, gue ngerampas rezeki orang lain.

Di kantor guru, separo dagangan gue alhamdulillah laris! Bu Reni malah beli empat potong! Setelah selesai dari ruang guru, gue keluar dan ke 9-5, dan alhamdulillah yang beli "cuma" satu. Abis itu gue ke 7-1, dan di sanalah semua jualan gue diperebutkan.

Malahan banyak yang nggak kedapetan! Alhamdulillahhh rasanya senenggg! Hasil kerja keras gue berbuah juga yekan :D Gue ke kelas dan ngitung pendapatan, tapi rada bingung juga ngitungnya. Akhirnya, semua orang dapet untung 11 ribu.

Kelar praktek, gue dihadapkan pada ulangan Agama dan PKn, yang alhamdulillah lancar walau gue belajarnya ecek-ecek. Abis itu gue shalat di aula, dan ngedenger pencerahan soal gimana caranya dapet NEM 39 di UN.

Di sana dijelasin, ada tiga cara untuk dapet nilai yang bagus. Satu, harus selalu seneng dan punya mood yang bagus. Dua, harus selalu senyum. Tiga, minta dengan memberi (maksudnya kalo kita rajin beramal dan memberi, Insya Allah yang kita minta dikabulkan). Gue sempet nangis dalam suasana yang haru biru pas ada kayak semacam hipnotis gitu.

Gue juga tahu kalo otak akan lebih mudah terbuka karena ada limbic, zat yang dihasilkan oleh hati. Kalo hati kita selalu seneng, maka limbic yang diproduksi juga banyak. Nah, mulai sekarang gue pengin selalu senyum! :D Yang bikin gue seneng, kakak yang ngasih "ceramah", nyumpahin kita semua biar dapet NEM 40!

Semuanya, sumpahin gue ya biar gue bisa dapet NEM 40, amiin.

These happiness and craziness were beautiful gifts from God, so thanks God it was Friday :)















Esa Khairina.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire