vendredi 10 février 2012

My Favourite Books

Hayooo, siapa sih yang nggak suka baca buku? Kalian suka baca buku nggak? Kalo gituu, sama dong kayak gue! :D Setiap orang punya favoritnya masing-masing, termasuk gue. Beberapa buku ini adalah buku "wajib" buat dibaca karena bener-bener bikin seger! Selain bahasanya yang enak, jalan ceritanya juga berbobot dan ending-nya dijamin membuat emosi kita terkocok. Yuk, yuk, cekidot! ;-)

1. Romance books
Kalo untuk buku-buku romance, gue punya favourite author sendiri, yaitu Kak Ilana Tan, penulis best seller 4 seasons series itu! Gue suka semua buku-bukunya, Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, Spring in London, dan yang terbaru... Sunshine Becomes You! Emang sih, jalan ceritanya rata-rata pasti udah bisa ditebak, tapi Kak Ilana cakap banget memainkan alur sehingga kita jadi penasaran. Ai laf yu, Kak Ilana! :D

2. Teenlit books
Apa bedanya "romance" sama "teenlit"? Oke, kalo menurut klasifikasi gue nih yaa, kalo romance itu lebih ke cerita yang udah rada berat, tema yang diangkat juga biasanya dari kejadian langka. Kalo teenlit, itu cerita yang diangkat dari kehidupan simpel yang ditulis sedemikian rupa sehingga jadi "nggak biasa" lagi! Udah gitu, biasanya kalo teenlit itu lebih ke persoalan asmara anak-anak remaja *ceileee*. Untuk yang ini gue suka banget sama seri Student Across Seven Seas, jadi itu seri tentang petualangan cewek-cewek Amerika yang keliling berbagai negara dan ketemu sama Prince Charming-nya di sana! Ououooo, tapi sih yang paling berkesan buat gue dari seri itu yang judulnya The Sound of Munich, jadi dia ngambil latar di Munich, Jerman.

Selain itu gue juga suka sama Flipped-nya Wendelin van Draanen. Buku ini bernuansa vintage gitu dan tokoh utamanya, seorang cewek unik yang kharismatik. Jadi si cewek ini, cewek "aneh" yang suka manjat-manjat pohon dan main sama ayam, terus dia jatuh cinta sama tetangganya. Ehhh si tetangganya malah benci dia! Tapi giliran pas SMP, giliran Bryce (main male character) yang sadar kalo dia tuh udah sayang sama Juli (main female character). Sebaliknya, Juli udah mikir kalo Bryce udah bukan apa-apa lagi, tapi kenyataannya, dia masih sayang sama Bryce. Novel ini cocok banget dibaca sama semua orang, bahasanya juga ringan dan rada childish, tapi secara keseluruhan enak buat dibaca!

Setelah Flipped, gue juga suka sama Beastly, yang juga udah diangkat ke layar lebar. Jadi ini saduran dari Beauty and the Beast yang mengambil latar di NY. Genre-nya romance fantasy gitu haha tapi keren!

Oh iya, untuk teenlit yang punya makna yang "wooshhh", menurut gue adalah seri Jurnal Jo-nya Kak Niken Terate, Waiting for You karangan Susane Colosanti, juga semua buku karangan Kak Esti Kinasih. Itu keren-keren B-A-N-G-E-T! I wish someday I can be as great as them, amiin :-)

3. Traveling books
Wkwk karena gue orangnya suka penasaran, gue suka baca buku yang setting-nya di negara lain, apalagi ngebaca ulasan tentang negara itu dari sudut pandang orang Indonesia. Hmm, menurut gue sih the Indonesian goddess of traveling book itu Kak Trinity, yang sukses banget sama seri The Naked Traveler-nya! Dulu gue pernah talkshow Fantastic Five di sebuah toko buku dan jadwalnya atas-bawahan sama talkshow-nya Kak Trinity, tapi nggak sempet minta foto+tanda tangan HUAAA :-(

Eh tapi buku yang menarik bukan cuma buku-bukunya Kak Trinity aja, koook :) Ada juga buku Life Traveler karya Kak Windy Ariestanty, Merah Putih di Benua Biru karya Kak Erditya Arfah, dan The Journeys, kompilasi dari beberapa penulis, tentang petualangan mereka di negeri orang! Tapi yahhh indikasinya setelah ngebaca buku-buku ginian, jadi ngiler setengah mati pengin jalan-jalan, hehe -_-. Semoga suatu saat gue bisa kayak Kak Trinity, amiin.

4. Inspirational books
Wahaha ini buku tentang ilmu pengetahuan yang bikin terinspirasi! Gue suka sama komik World Tour Series yang sampe sekarang udah nerbitin tiga seri: Haloo, Amerika!, Bonjouuur, Prancis!, dan Saluuut, Rusia!. Ini keren-keren banget!

Selain itu gue juga suka sama 99 Cahaya di Langit Eropa karya Kak Hanum Rais, jadi kisah petualangannya menapak jejak-jejak Islam di benua biru. Terus ada juga tetralogi Laskar Pelangi karya Kak Andrea Hirata, The Geography of Bliss karya Eric Weiner, The Sound of Music, dan Totto-chan's Children karya Tetsuko Kuroyanagi. Ini keren-keren banget, yobrooo!

5. Humor books
Nah yang ini mah nggak usah dijelasin panjang-lebar orang-orang mah juga udah tau, ya. Gue suka sama semuaaaa karangannya Kak Raditya Dika dan Kak Arief "Poconggg" Muhammad! Kerennya ituloh.

6. Fantasy books
King and Queen of fantasy books versi gue adalah Brandon Mull, penulis seri Fablehaven, dan J. K. Rowling, penulis Harry Potter. Gue udah punya semua serinya kecuali seri terakhir Fablehaven yang emang belum terbit di Indonesia.

Nah, nah, gimana buku favorit gue? Keren-keren, kan? Sekarang, apa buku favoritmu? ;-)

1 commentaire:

  1. hai blogwalking nih... hehhehe.... tq ya rekomendasinya, jd pengen baca Flipped. Ngomong2 13 Reason's Why by Jay Usher juga bagus loh

    RépondreSupprimer