vendredi 9 décembre 2011

9th December 2011, beginilah rasanya jadi koki dadakan~

Hari ini, gue pulang ke rumah dengan duit sisa banyak dan perut kenyang, because... today, I've been a chef! HOAHAHA, sebenernya sih nggak tepat dibilang chef, karena gue cuma ngelakuin pekerjaan-pekerjaan kecil :)

Jadi, tadi, kelas gue praktik bikin kue buat Tabog. Kelompok gue sih milihnya cheesecake, so did we. Abis baca Yasiin, kita sekelas langsung ke dapur buat nge-booking tempat, eh ada aja pengumuman. Jadi bakalan ada pengarahan gitu seputar UAS. Lord, save me now! Gue udah tiga tahun jadi murid SMP *tepatnya sih 2 tahun 6 bulan, ehe* dan nggak perlu lagi, kali dijelasin dari A sampe Z dan dari Z ke A lagi! Mana lamaaa banget pula pengumumannya. Hasemele-_- Tapi enaknya, ada doa bersama, jadi lebih takzim dikit lah rasanya.

Selesai apel, kita langsung capcus ke dapur. Imagine, orang-orang pada balik ke kelas buat istirahat *FREE TIME SAMPE JAM KEEMPAT!* tapi gue malah sibuk di dapur. Hmm tapi yasudlah. Sampe di dapur, tanpa ba-bi-bu lagi kita langsung ngambil baskom gede, kecil, mixer, sama timbangan, terus mulai kerja, deh!

Pertama-tama, 5 butir telur dipisahin dari kuningnya *cuman putihnya doang yang dipake*. Udah belepetan gara-gara misahin telor, eh Bu Djus dateng terus ngasih alert terlambat: kalo cheesecake dicampur aja telornya. Gue ngedecek terus numpahin semua telor ke adonan (125 gr terigu, 125 gr gula pasir, 1 sdt TBM), abis itu di-mixer deh sama si Ana. Ana sama Awak *ehm, pasangan* tugasnya mixer adonan itu, terus gue ke kompor buat ngedidihin mentega biar cair, adonan keduanya. Si Ravy tapi bawel banget, teriak-teriak kalo menteganya kurang dan blablabla. Pas di kompor juga ditambahin mulu menteganya. Aturannya, 1/2 gelas mentega cair, tapi ternyata jadinya lebih sedikit, lah. Biasa, kalo tau dia bener, pasti orang lain jadi bahan omelan.

Adonan yang di-mixer rada lama biar putih, jadi kita tungguinnn dah sampe karatan. Pas warnanya keputihan, gue sama Ravy nuangin mentega cair ke dalemnya, terus di-mixer lagi selama beberapa menit. Selesai di-mixer, ditaro di pan bulet.

Pas gue nanya Bu Djus oven mana yang dipake, eeeh Bu Djus malah bilang, "Yang ini pake kompor."

DOENG.

Gue sama Ana bengong total, abis itu sepakat nyari korek. Di belakang 12 ada pedagang asongan gitu, jadi kita beli korek gas buat kompor yang kunoo abis *kompor gasnya abis soalnya*. After that, Bu Djus took the pan to the classic stove, and we were waiting about 45 minutes.













Dzalika-Ana lagi merhatiin kompor.


BAYANGIN! 45 MENIT! Tadinya jam pelajaran Bu Djus udah abis, tapi pelajaran Pak Rozak diambil *kebetulan tugas gue udah kelar semua*. Cuma Dzalika dari kelompok 3 yang nggak ada di dapur buat nungguin cheesecake-nya mateng!

Dari tadi kita udah nyium bau gosong, tapi gue pikir itu aroma batu-batu kerikil dibawah pannya Rifki, lagian kata Bu Djus, adonanannya masih mentah *bisa diintip lewat lubang kaca kecil gitu*. Tapi pas dibuka, atasnya udah lumayan mateng, TAPI TENGAHNYA GOSONG! Ana langsung matiin kompor, abis itu naro tuh pan ke meja kelompok kami, terus ditebalikin, deh. Bener, kan, bawah sama tengahnya gosong! Baunya sengit gitu. Tapi dalemnya enak, nggak gosong. Jadi pinggir-pinggirnya doang yang gosong.













Cheesecake kelompok 3, gosong-gosongnya lagi dibuang.

Akhirnya bagian-bagian yang gosong dibuangin, abis itu kita hias deh! Dioles keju, terus dikasih ceri. Yang kocak, pas tuh cheesecake udah diambil dari pan, si Awak dengan innocent-nya megang pan *buat dicuci*, terus dilempar gara-gara kepanasan. Saking pinternya sampe kayak gitu, tuh -_-.












Rifki lagi ngehias cheesecake.













Cheesecake setelah dipotong :9

Atas usaha dan kerja sama yang yah, totally mess, Bu Djus ngasih kita 85! Yeeeyyy! Dan... oh ya, mungkin post terakhir sebelum UAS, karena seminggu ke depan, gue bakalan UAS. Doain Echa ya, teman-teman :)


Maybe it was bad momment, but for me, it was totally cheerful momment! Thanks God it's Friday :)

9/12/2011.
Esa Khairina H.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire