vendredi 9 décembre 2011

Writing Competition!

Hehe, sebenernya sih ini kejadiannya udah lama, tapi no problem, cuma mau nge-share pengalaman, kok! =D

4th of December, 2011. Lomba terribet yang pernah gue ikutin!
Minggu itu, jam setengah enam kasur gue udah diguncang teriakan nyokap yang nyuruh gue bangun. Gue bangun meski ogah-ogahan banget. Everyone, please deh ya! Hari ini hari Minggu dan gue pengin rehat sejenak setelah Minggu kemarin berpusing-ria ngadapin Science Competition.

Hari ini juga kata belakangnya sama. "Competition". Yap, ada lagi kompetisi yang gue disuruh ikut. Karena ini amanat, yaa mau gimana lagi kan ya-_- Writing Competition alias lomba nulis.

Semingguan kemarin di sekolah, sumpah deh gue sibuk banget. Ditarik sana ditarik sini sama Bu Pur, Bu Rusmian, sama Bu Retno. Kamis, gue sampe bolos pelajaran PLKJ, istirahat, sama pelajaran Seni Musik. Pas PLKJ sampe istirahat, gue ada di UKS buat ikut penyuluhan gitu tentang hepatitis, terus pas Seni Musik, gue kumpul sama anak-anak yang ikut lomba lainnya buat pengarahan sama guru-guru Bahasa.

Setelah panjang-kali-lebar-kali-tinggi, akhirnya kita ngerti deh disuruh apa. Parahnya, dari tiga lomba, yang jelas lombanya cuma satu: baca puisi. Yang duanya, lomba nulis dan baca, nggak jelas apa yang ditulis dan dibaca. Yowes, gue pasrah aja deh. Selain gue sih, dua temen gue, Tiwi & Ericko, ikut juga lomba nulis. Jadi nggak worried-worried amat.

Malem Minggu-nya gue melotot di depan laptop demi ngelarin cerpen sama artikel, jadi kan seenggaknya gue udah siap, ehe. Tapi kenyataannya, tuh dua benda nggak dipake sama sekali pas besoknya.

Pas hari Minggu gue udah pede banget karena udah ada persiapan, plus penampilan baru gue karena sisa-sisa roll rambut yang kemarin masih ada :p Dianter bokap ke sekolah, baru ada Tiwi di sana, JB sama anak-anak kelas 9-8 yang hari ini mau foto buku tahunan. Gue duduk sama si Tiwi, abis itu si Luthfi sama Amanda, anak kelas 8, dateng. OLALA, peserta yang lain sama Bu Retno tuh udah ada, cuma ada di dalem!

Ngegerutu, gue sama Tiwi ke dalem, ke ruang guru. Udah ada Bu Retno di sana, sama Ericko, Clara (8-?), sama Ricky (8-?). Abis itu kita diabsen, dan karena Aflah (9-1) sama Aisyah (8-2) belom dateng, akhirnya gue curcol ke Tiwi soal Keegan. Afterthat, kita makan roti jatah dari Bu Retno, abis itu pas Aflah dan Aisyah akhirnya dateng, kita semua (total 15 peserta + 1 guru pendamping) doa bersama dulu, terus capcus deh, ke Hotel Grand Cempaka, Jak-Pus!

Gue, Tiwi, Ricky, Amanda, sama Lutfi naik mobilnya Aflah, yang lain naik mobil Didi (8-?) sama mobil sewaan Bu Retno. Gue, Tiwi, sama Aflah duduk paling belakang, sisanya di depan. Di sepanjang jalan si Tiwi aktif banget ngajak ngobrol, but I was too worried. Nggak tau deh nih kecemasan datengnya darimana. Cuma tiba-tiba jadi nggak pede aja.

Pas sampe di sana, kita absen terus ngambil kaus "seragam". Kita ganti baju di ruangan yang udah ditentuin, abis itu masuk ke aula gedeee banget. Nah, aulanya itu ada tiga pintu, pintu bertama ada kertas yang tulisannya "PIDATO", pintu di tengah tulisannya "PUISI" dan pintu paling kiri tulisannya "DONGENG". Berarti "ruang sampel"-nya *ini kompetisi bahasa apa matematika, sih?-_-* ada dua, kan, nulis pidato baca dongeng, atau nulis dongeng baca pidato. MATILAH AWAK! Yang gue tulis kan, cerpen sama artikel, bukan dongeng sama pidato!

Oke, oke, keep calm, gue ngebatin. Temen-temen gue yang lain aja nggak ada persiapan tapi tenang-tenang aja, tuh. Jadi gue duduk tenang di bangku gue, sambil baca-baca buku merchandise dari Diknas. Buku dongeng-dongeng yang hoahm gitu lah, eh tapi Ericko dongengnya kocak, masa dia dapet Si Manis Jembatan Ancol?! Yang bener aje.

Aflah ngasih gue dua bukunya, tapi salah satunya gue kasih Tiwi karena gue udah ada. Gue rada gerah juga karena kita semua udah nyampe dari jam 8 tapi acaranya baru mulai 10.30! Gimana gue nggak kesel, coba?! Nah si Aflah nggak bisa diem banget nih, dia minta gue *secara tulisan gue paling cakep B-)* nyalin puisinya Tiwi buat dia baca. Jadi semuanya tuh baca puisinya sendiri-sendiri.

Abis itu break, istirahat, sekitar jam 11-an. Gue sama Tiwi ke mushala buat shalat Dhuha, ngelewatin snack pengganjel perut. Tau nggak yang miris apa? Di hotel segitu gede dan mewahnya, mushalanya kecil banget, paling cuma muat nampung 10 orang. Gue sedih rasanya. Udah gitu juga nggak bisa dibilang mushala, cuma ruangan kecil segi empat, tanpa tulisan arah kiblat atau ukiran-ukiran Allah dan Muhammad, dilapisin karpet coklat. Gue sama Tiwi wudhu di tempat wudhu (yang kerannya cuma ada DUA!), abis itu shalat Dhuha. Parahnya, pas assalamu'alaikum, bapak-bapak tukang renovasi bilang kalo arah kiblat kita salah! Nah lho! Ya Allahu alam deh ya keterima atau enggak shalat gue -_-.

Kita balik ke aula buat naro mukena, abis itu nyari makanan. Parahnya, snack-nya udah keabisan! Ya Allah gue pengin nangis banget dei rasanya -______- Gue kan laper gitu! Dalem hati gue udah mencak-mencak, tapi gue tahan karena gue kebelet pipis.

Toiletnya keren dan banyak biliknya, beda banget sama tempat wudhu. Gue sama Tiwi antre, dan selesai "mengurusi" urusan masing-masing, kita balik lagi ke aula. Acaranya udah dimulai, pembukaan dan pembekalan oleh Ibu Neno Warisman dan dua anaknya, Kak Maghfira dan Kak Ghifary. Kak Maghfira itu udah pernah didaulat sebagai juara satu presenter terbaik internasional *nggak tau tingkat apa, Canadian kalo nggak salah*, dan Kak Ghifary, dia punya koleksi buku tebel menggunung. Guess what, seminggu dia bisa ngabisin 4 buku setebel buku Eclipse! GILA NGGAK TUH?!

Gue sih duduk anteng aja, terus waktunya makan siang, deh! Gue sama Tiwi shalat Zuhur dulu, baru ke kolem renang buat makan siang. Selesai shalat Zuhur *alhamdulillah arah kiblatnya nggak salah lagi*, kita ke atas buat makan siang. Makanannya enak-enak, tapi sayangnya gue nggak kedapetan puding karena *LAGI-LAGI* keabisan. Untuk yang kedua kalinya gue mau nangis....

Abis makan, Bu Retno, Nabila dan Nadia (7-1), ke bawah buat shalat, tinggal gue sama Tiwi. Di jalan, kita ketemu Ericko sama Ricky, jadi kita foto-foto deh, mumpung udah pada sepi! Eh, ada untungnya juga sih gue sama Tiwi shalat duluan, soalnya jadi penuh banget sekarang mushalanya.  Wkwk, one two three.. SAY CHEESE! B-)













Left to right: Tiwi, Ericko, me :)














Left to right: Tiwi, Ricky, me :D













Ericko and me :b *NB: Fadel jangan marah yaaa ;)*













Me and Tiwi :D

Abis foto-foto, kita langsung ngibrit ke bawah, dan parahnya, lombanya udah mau dimulai! Karena banyak yang bilang dongeng=cerpen=nulis, akhirnya kita masuk ke ruangan dongeng. Tapi, di dalem, kita bingung soalnya banyak yang bilang kalo ini tuh MEMBACA DONGENG, yang artinya MENULIS PIDATO! Kobam banget deh rasanya yekan bolak-balik. Akhirnya, salah satu panitia tuh bilang kalo nulis tuh boleh di mana aja. Boleh nulis puisi, nulis dongeng, atau nulis pidato.

Yowes, gue ke dongeng, Tiwi, Ericko, sama Ricky ke puisi, terus Melinda (8-?) ke pidato. Gue dengerin tuh baik-baik wejangan dari bapak-bapak pendongeng di Indonesia. Lagi asyik-asyiknya nyimak dan ngegali sumur ide, tiba-tiba si Melinda dateng, and she said, "Bu, Kak, katanya pidato itu harus setim. Jadi anggota nulis harus ke sana."

HAH?!

Gue panik terus minta penjelasan dari Bu Retno, abis itu gue sama Melinda nyusulin Ericko, Tiwi, Ricky di ruang puisi. Mereka lagi sibuk nyimak, nggak tega banget ngeganggunya :(. Abis itu akhirnya kita ke pidato DENGAN CATATAN gue tetep ikut dongeng, dan yang lain ikut lombanya masing-masing. Jadi kita cuma bantu perumusan pidatonya, nanti yang maju baca pidatonya ya si Melinda.

Gue ngibrit begitu dongeng acakadut gue kelar, Mengapa Matahari Terbit di Timur, ke ruang dongeng, dan ternyata udah pada dikumpulin! Gue langsung ngbrit dan ngumpulin di detik-detik terakhir, terus duduk di situ. Ericko yang abis dari ruang pidato dateng, terus kita duduk di sana.

Parahnya, pas beberapa peserta disuruh maju buat NGEBACAIN dongengnya, ternyata temanya itu KANCIL! Sedangkan yang gue tulis sama sekali nggak hubungannya sama si maniak ketimun itu! Gue langsung blank, shock, nggak bisa mikir jernih. Abis itu gue langsung keluar, ke ruang pidato, dikejar-kejar Ericko yang nyuruh gue tetep di sana. Bodo amat deh, gue udah males. Bener-bener males.

Di ruangan pidato, suasananya juga nggak kalah kacau. Tiwi sama Ricky konsentrasinya kebelah antara pidato sama puisi, Melinda mati-matian ngafalin puisinya. Gue-Ericko mondar-mandir kedua ruangan itu. Abis itu, Ericko sama Ricky ke ruang puisi, dan GUESS WHAT! Penulisan puisinya nggak boleh berbait-bait, ALIAS lurus aja!

Gue nggak tega banget rasanya ngeliat mereka NULIS DARI AWAL LAGI. Kenapa lombanya kacau begini, coba? Kenapa nggak dikasihtauin sistematikanya dari awal?! Melinda berusaha fokus, dan akhirnya gue sama Tiwi ke ruang puisi buat ngeliat Ricky-Ericko. Giliran jaga berubah lagi, gue sama Ricky di ruang pidato, Ericko sama Tiwi ke ruang dongeng. Pas mereka balik, ada satu kabar yang nyesekin. Tadi nama Nabila udah dipanggil buat ngebacain dongengnya, TAPI DIA TADI LAGI KE TOILET! Astaghfirullah... gue ngucap istighfar berulang-ulang. Kok bisa sesial ini sih?!

Abis itu kita semua kumpul di pidato--Tiwi udah duluan ehe--dan ternyata Melinda belom sempet ngebacain pidatonya sama sekali. Akhirnya kita bikin siasat licik buat nunjuk tangan di waktu bersamaan, kalo salah satu dari kita ditunjuk, Melinda maju, jadi kesannya kita nggak sekelompok, gitu lho. Melinda maju, akhirnya, dan gue bersyukur. Seenggaknya SATU dari LIMA BELAS orang berhasil maju.

Abis itu kita semua ngumpul lagi, ngedengerin yang menang, dan balik dengan tangan kosong. Gue agak nyesel, Ya Allah, kenapa bisa kayak gini? Tapi ya udahlah, mau digimanain lagi kan. Kami balik naik mobil sewaan Bu Retno--abis shalat Ashar, tentunya--ke dua belas, abis itu gue sama Tiwi yang searah patungan naik bajaj.

The worst competition ever! Jangan sampe keulang lagi deh, amit-amit!

9/12/2011.
Esa Khairina H.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire