mercredi 28 décembre 2011

How to enjoy your life...

Oke, ehem, halo teman-teman semuanya, jumpa lagi dengan saya di post yang baru. Sebelumnya, maaf ya lama nggak update, soalnya akhir-akhir ini banyak problem, jadi jangankan buat nge-blog, buat makan aja sampe harus diingetin dulu. Singkatnya: gue lebih pikun kalo lagi stres.

Btw kenapa gue jadi curhat gini....

Hoahaha, jadi awalnya gue terinspirasi bikin nih post, tadinya gue ngestatus dan nge-tweet, kalo nggak salah isinya gini, "Hidup cuma sekali, jadi jangan dibikin ribet. Enjoy aja :D." Di twitter, cukup banyak yang RT *alhamdulillah RT-nya bukan versi mention*, tapi di FB, ada temen cowok gue yang komentar pake nyebutin lengkap alam tempat kita pernah stay di dalamnya.

Belom apa-apa gue udah ngegerutu, "Status-status gue ini, kenapa juga eloh yang ribet?"

Well, tapi gue menghargai perbedaan *ehem :p* Di dunia ini, ada jutaan suku bangsa, puluhan macam agama, ada jutaan jenis bahasa, tapi kita semua menerimanya. So, kenapa gue nggak menerima pendapat si pengomentar status?

Tapi mau gue tegasin di sini, yang gue maksud dengan "hidup cuma sekali", maksud gue, hidup sebelum kita keluar dari rahim ibu sambil oek-oek, sama hidup setelah kita lengser ke balik papan, itu nggak dihitung. Kenapa? Karena menurut gue, di sana nggak ada bittersweet-nya, (trenslet: pait-manisnya), cuma di alam dunia aja ada. Dan kita ngerasain.

Sekarang pake logika deh, saat lo masih di dalem kandungan ibu lo, pernah nggak lo senyam-senyum kayak orang gila gara-gara overdosis cinta? Pernah nggak lo nangis uhuk-uhuk ngabisin bergulung-gulung tisu saat tau si doi udah ada yang punya? Nggak pernah kan, tapi di dalem kehidupan kita sekarang *apalagi gue lagi berkembang dalam fase remaja yang penuh pergolakan, cieh* kita pasti ngerasain. Manusiawi banget mah itu. Eh, ralat, deng, bukannya manusiawi, karena bukan cuma manusia aja yang ngerasain, tapi hewan juga ngerasain. Jadi umm, namanya apa ya? Manuwani? *jleb*.

Oke, lanjutkan.

Saat kita udah meninggal nanti, terus kita dimakamin, terus pada langkah kaki ketujuh orang-orang yang mengantar kepergian kita menjauh, terus kedua malaikat Munkar dan Nakir datang, terus menghakimi kita atas perbuatan kita... masa iya saat itu kita mikirin sang racap lagi apa di dunia? Nangis atau malah udah nyari gebetan baru? Kan nggak mungkin. Banyak yang bilang kalau manusia itu nggak luput dari dosa, khilaf, tapi wa'allahu alam, cuma Allah yang berhak nge-judge perbuatan umat-umat-Nya, kan? Tapi katakanlah, banyak manusia yang berdosa, entah itu setitik debu atau segede Disneyland, cuma Allah yang tahu, betul?

Begitu juga ke fase-fase yang berikutnya, mulai dari kiamat kubra, terus Yaumul Ba'as, sampe dikumpulin di Padang Mahsyar, diawasin setiap gerak-geriknya sama malaikat, dan di sana pasti udah huru-hara banget. Masa iya pas kita lagi antre di antara makhluk-makhluk Tuhan, menunggu nama kita dipanggil dan tangan-kaki-mulut bersaksi, masa kita mau mikir, "Kan udah kiamat, berarti mal-mal di Jakarta udah pada ancur, dong? Anjrittt, dress gue belom sempet gue pake pula!" kan nggak mungkin.

Sekarang kita kembali ke masa kini. Di alam dunia inilah, kita bisa ngerasain segala macam perasaan. Senang, sedih, marah, kecewa, cemburu, de-el-el, semua itu cuma hati kita yang tau. Kadang kita sering mikir, kehidupan si A yang supermodel kayaknya seru banget; kehidupan si B yang bintang iklan kayaknya glamor banget; kehidupan istrinya Gayus kok enak banget; dan lain sebagainya. Stop thinking about that, karena hasilnya sia-sia dan cuma bikin lo nggak mensyukuri yang udah Tuhan beri. Coba, sekarang kita pikir dari segi keenggakenakan hidup mereka, misalnya, si A mesti puasa dua bulan dulu sebelum bisa lenggak-lenggok di catwalk; si B mesti vermak wajah tujuh kali dulu sebelum bisa nongol di majalah-majalah; istrinya Gayus sekarang jadi buronan parpol dan walau belum dipenjara, siapa sih yang mau tinggal di suatu negara tapi terisolasi dari temen-temen dan keluarga? Kalian mau? Gue sih enggak.

Jujur, gue sering ngebandingin sisi enak hidup seseorang dengan sisi nggak enak hidup gue. Kok kayaknya si C enak banget sih, kok bisa ya dia nerbitin selusin buku dalam waktu dua tahun? Kok kayaknya si D enak banget sih, udah cakep-pinter-tinggi, pacarnya mirip Tom Cruise pula! Kok kayaknya si E enak banget sih; kok kayaknya si F asyik banget sih; kok kayaknya... dan lain-lain. Gue pernah baca di mana gitu, gue lupa, dan sayangnya gue nggak bisa ngutip karena tuh quotes pake Bahasa Inggris, HAHA. Pokoknya intinya, kalo mau menikmati hidup, lo bandingin sisi nggak enak hidup seseorang, dengan sisi enak dari hidup lo. Percaya deh, lo pasti akan ngucap hamdallah berkali-kali.

Percaya nggak, setiap orang, siapapun dia, pasti hidupnya juga ada sesi atas dan sesi bawahnya, sama kayak kita. Mau dia anaknya Barrack Obama, kek, cicitnya Ratu Elizabeth, kek, sepupunya Pangeran Arab, kek, tetep aja, mereka juga pasti ngerasain bittersweet dalam hidupnya. Dan lo tau satu hal? Kebahagiaan itu ada di mana-mana, nggak susah didapetin, cuma tergantung dari sudut kita memandangnya. Semuanya itu tergantung kita, loh. Contoh, lo dikasih Ferrari buat hadiah ultah, kalo lo mikirnya, "Yah, masih kalah sama si anu dong, dia kan punya Lambhorgini..." (yang ini, kalo itu gue, gantung gue kalo gue nggak dilelepin sumur sama nyokap saat itu juga), sampe onta punya habitat baru di Kutub Utara juga, lo nggak bakal ngerasain bahagia. Karena pikiran lo negatif mulu. Tapi contoh, saat lo dikasih, misalnya, iPhone Apple, dan lo mikir, "Alhamdulillah, walau diluar sana masih banyak yang lebih canggih, tapi seenggaknya masih banyak temen gue yang make Nexian, yang make BB *buatan Bakrie* juga nggak sedikit..." pasti lo bersyukur. Eh, tapi inget loh, bersyukur jangan dijadiin alesan buat kita jadi takabur. Nah, nah, kalo kita udah mulai takabur, baru deh kita mikir pake sisi negatifnya, bahwa diluar sana MASIH BANYAK yang lebih dari lo. Mau sepinter apapun lo, diluar sana pasti banyak yang lebih pinter. Mau sekece apapun lo, diluar sana pasti banyak yang lebih kece, bahkan nggak kecil kemungkinannya kalo lo nothing kalo dibandingin sama mereka.

Intinya, kalo lo mau bahagia, bersyukurlah, tapi jangan takabur. Ibaratnya, andai lo astronot, melayanglah di tengah-tengah galaksi, jangan terlalu ke bawah karena lo bakal gampang ketarik gravitasi, tapi jangan terlalu ke atas juga karena bakal susah buat balik *ini asosiasinya bener apa ngawur, yah? Tapi ya udahlah, gue kan cuma blogger biasa yang nggak luput dari kekurangan :p*

Btw, ini sih ada beberapa cara pribadi gue nikmatin hidup, hehe, semoga bisa bermanfaat yah, kalo kalian nyoba-nyoba terapin :) :p

  1. Bersyukur. Nah, yang itu tadi. Bersyukur adalah cara utama buat kita untuk nikmatin hidup. Karena udah gue jabarin dari A ke Z dan dari Z ke A lagi, nggak gue re-write, ya, capek...
  2. STOP COMPARING YOURSELF! Nah, yang ini, nih. Hari genee, masih jaman ngebanding-bandingin diri kita sama orang lain? Mereka ya, mereka, gue ya, gue. HP mereka smartphone sedangkan lo masih megang BB, so what? Kan udah gue bilang, setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan, tapi kadang virus minder itu emang bisa jder di mana aja, jadi triknya, selain ngebandingin kekurangan mereka dengan kelebihan lo, kita sadar kalo kita selalu punya potensi lebih dari mereka. Misalnya, si A pinter Matematikanya udah 11/12 sama Einstein, terus kenapa? Emangnya dia bisa dapet nilai 100 dalam Sejarah kayak lo tanpa belajar? :p wk, tapi tetep aja, jangan sombong, riya, takabur, atau terserah deh apa yang mau lo bilang. Confidence, aja, tapi standar-standar saja kadarnya, oke?
  3. "Alah, masih banyak yang lain...." Kadang, ada fasenya ketika kita rapuh serapuh-rapuhnya, hancur sehancur-hancurnya, mau nangis sejadi-jadinya, karena sesuatu nggak sesuai dengan harapan kita. Jujur, gue juga baru ngalamin, jadi gue ngerasain banget, hehehe. Inget, loh, apapun yang terjadi, ini semua udah rencana Tuhan, dan rencana Tuhan itu nggak pernah jelek. Dia selalu tahu apa yang lebih baik untuk kita, karena cuma Dia yang tahu kedepannya kita kayak apa. Contoh, gue ambil dari curhatan temen gue (dan curhatan gue sendiri, sih, hehe). Contoh, lo udah belajar mati-matian, belajar sampe keliyengan, ikut beragam kursus dan les yang bikin kepala lo cenut-cenutan, tapi nilai rapor masih jauh dari bayangan. Don't worry, karena kesempatan masih ada di depan mata, dan kita nggak boleh menyia-nyiakannya! Jangan paksain lo untuk "berdiri" di saat lo masih pengin "jatuh" loh, tapi. Waktu lo lagi pengin nangis, nangis aja, itu wajar, kok, manusiawi. Tapi nangisnya jangan overdosis, dan kita harus bangkit lagi! Di semester berikutnya, kita harus lebih baik lagi! Tapi inget, kalimat, "Alah, masih banyak kesempatan yang lain...." jangan lo jadikan alasan yang bikin lo lebih males dari sebelumnya. Keep spirit, lah! Dalam contoh yang lain, misalnya lo cowok, dan lo diputin cewek yang lo sayaaang banget, mukanya secakep Miss Universe, bibirnya seseksi Angelina Jolie, bodinya sekeren Kate Moss, don't worry! Masih banyak kok, yang lebih cakep, lebih seksi, lebih keren! Ingat, "Ketika Tuhan mengabulkan doamu, artinya Dia sayang padamu. Ketika Tuhan lama mengabulkan doamu, artinya Dia ingin menguji kesabaranmu. Ketika Tuhan tidak mengabulkan doamu, artinya Dia punya sesuatu yang lebih baik untukmu." Yuk, yuk, ah, berdiri lagi, nggak pegel apa duduk terus? ;)
  4. Ingat keluarga, ingat pacar, ingat orang-orang yang kamu sayang. Ini salah satu faktor yang berpengaruh. Saat kita down karena sesuatu, pasti orang-orang di atas deh, yang selalu megang tangan kita erat-erat, bantu kita untuk bangkit, terus mengarahkan kita supaya kita nggak tersesat di jalan yang salah untuk kedua kali. Dan sebagai wujud terima kasih, kita wajib memperlihatkan yang lebih baik kepada mereka! Waktu kita mau nangis banget nih, tapi tempatnya nggak pas, coba inget saat lo dibikin ngakak sejadi-jadinya sama adek lo. Inget saat lo main kuda-kudaan sama bokap dan lo digendong ke mana-mana, reaksinya bomm banget loh! Kalo kurang manjur, coba lo inget muka *ehm* doi. Inget deh cara dia senyum, cara dia ketawa, cara dia natap lo dengan mata menyala-nyala *brb jedotin kepala ke tembok*, pasti lo akan senyum lagi, yah, walau lo bahagia karena kebahagiaan simpel yang nggak ada hubungannya sama situasi sekarang, sih. Terus inget deh muka mereka, dan kalo lo udah di rumah dan inget sama kejadian yang bikin lo pengin nangis, menangislah, Nak, tapi ya kayak tadi. Jangan lebai. Jangan overdosis. Jangan jadi ratu drama.
  5. Bad memories, gone! Good memories, come! Selalu inget saat-saat yang bikin lo senyum, saat-saat yang bikin lo bahagia. Yang buruk-buruk? Bakar aja! Cuma nyapein diri sendiri, tau nggak. Dan satu lagi, ketika hidup lo lagi rumit, lo selalu inget kalo selalu ada sisi kehidupan lo yang bikin lo bahagia. Misalnya, lo jadi berantem mulu sama sahabat, tapi inget, di rumah selalu ada Mama, Papa, adek, bahkan pembokat yang selalu bikin lo ketawa.
Nah, gimana, gimana? Itu sih cuma cara gue aja, hehe. Cara-cara setiap orang kan, beda-beda. Siapa tau cara kalian lebih simpel dan variatif. So, enjoy your life, you just live once, loh! Dan saat kita udah kembali, kita nggak akan bisa balik lagi ke dunia.

28/12/2011.
Esa Khairina H.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire