mercredi 4 janvier 2012

Atas Nama Blekberi

Jadi ini kisah pas gue masih kelas 8, hehe. Sebenernya sih ini kisah pait yang nggak perlu diceritain, tapi siapa tau ini bisa jadi inspirasi bagi kalian, PLUS bikin kalian hati-hati dan nggak kejebak :D Selamat membaca!

Pas gue kelas 8 (PS: sekarang gue kelas 9!), yang namanya Blekberi tuh booming banget. Di mana-mana orang ngobrol, pasti yang pertama ditanyain adalah, "Eh, pin lo berapa?" Itupun, setelah mereka duduk, bukannya ngobrolin yang penting dan akrab, malah sibuk sama BB masing-masing. Hubungan sejauh apapun yang kepisah, pasti jadi serasa dekat karena Blekberi.

Jujur, sampe sekarang gue nggak tertarik sama tuh HP, karena gue nggak suka desainnya yang rada "Mbok-mbok" (?). Dan belom lagi, kelebihannya paling fitur BBM-annya doang, sama aja kayak punya Yahoo! Messenger di HP. Plus, gue nggak kuat beli pulsa bulanannya, belom lagi nggak bisa Wi-Fi-an, lah, nggak bisa browser, lah! Ribet!

Tapi kira-kira pas bulan Mei, gue sempat tergoda sampe nabung mati-matian buat beli gadget yang konon bisa bikin kita "naik derajat" itu. Dan itu gara-gara satu orang.

Sebut aja namanya Jerry. Ngng, gue ngasih dia nama itu karena walau gue sepantar sama dia, dia lebih pendek lima senti--tapi believe it or not, sekarang dia lebih tinggi dari gue! DANG!--dan dia item + lagaknya tengil, persis si tikus dalam drama Tom and Jerry itu. Beloman lagi, kalo gue ketemu dia, seringnya kita berantem. Sampe-sampe semua temen yang kenal kami pasti komen, "Duh, permasalahan dalam maghligai rumah tangga jangan dibawa-bawa ke sini, dong," atau nggak, "Duh, udah kayak kucing sama tikus aja, deh."

Jadi waktu itu gue ikut klub yang bikin gue lumayan akrab sama dia, dan ANEHNYA, kalo ada apa-apa, gue pasti sekelompok sama dia. Terus banyak juga junior-junior gue yang ngomong, "Kak Echa, Kak Jerry kan suka sama Kak Echa..." terus tiap gue bilang, "Apaan siiih..." eh malah diledek lebih kenceng lagi.

Biar kata sepantar + lebih pendek, dia lebih dewasa daripada gue. Omongannya seringkali sok filsuf, tapi bikin dia keliatan "beda" dari yang lain. Makanya, kadang kalo lagi bercanda, gue suka manggil dia "Kak" dan dia manggil gue "Dek". Padahal, gue lebih tua dua bulanan daripada dia. Gue lahir bulan Oktober, dia Desember. Plus, tanggal lahir kita sama, 12 *brb ngitungin kalender*. Dan... gue selalu ngeliat "sesuatu" di matanya tiap kali kita ngobrol. Entah apa itu.

Terus puncaknya, setelah lima bulan kenal sama dia, publik pun mengenal gue sebagai "Esa Khairina, hobi macarin pedofil yang lebih muda dua bulan, tercatat sebagai kekasih dari Jerry XXX..." JDERRR! Ke mana-mana, gue selalu usahain biar gue nggak berduaan sama dia, yang--apesnya--susahnya minta ampun. Mungkin karena gue klop sama dia atau gimana, yang paling sering jalan bareng ya gue sama dia.

Bukannya apa-apa, hati gue masih belom siap buat nerima masuknya orang baru. Masih terlalu dini. Hati gue masih dalam proses penyembuhan, mengumpulkan kembali keping-kepingannya yang terpecah gara-gara kehilangan seseorang yang bener-bener gue sayang Desember 2010 lalu. Plus bonus yang bikin hati gue makin sekarat: kenyataan kalo orang yang gue sayang itu pindah ke Bandung, dan dua bulan setelah perpisahan itu, dia udah nemu yang baru. Hati gue makin remuk. Hancur sehancur-hancurnya.

Back to Jerry.

Dia lama-lama makin deket sama gue, dan anehnya, dia satu-satunya cowok yang nggak pernah gue banding-bandingin dengan "Si Itu yang Telah Lenyap ke Bandung". Dari sekian banyak cowok, cuma dia yang bikin gue comfort karena gue nggak pernah flashback dengan Si Itu. Karena apa? Karena dia emang beda banget sama Si Itu. Si Itu tinggi, putih, jago main basket, dan omongannya to the point. Blak-blakan tapi bikin gue melting dengan sempurna. Beda banget sama si Jerry yang seringnya bikin gue ilfeel.

Terus satu kelemahan si Jerry adalah, dia tuh orangnya pamer. Norak, bahasa kasarnya. Punya Blekberi Gemini aja--atau Javeline? Entahlah, tanyakanlah pada Abang-Abang Roxy Mas--sombongnya udah selangit. Dikit-dikit dia bakalan ngeluarin HP-nya, terus ngomong, "Aduh, ribet deh punya contact banyak di BBM."

Najong senajong-najongnya. Bweeeh. Sok laku banget sih jadi cowok! Muka kayak penguin belom cebokan aja belagunya udah banget-bangetan, dalem hati gue ngedumel.

Dan entah sejak kapan, sejak gue sadar dengan cara BBM-an adalah cara untuk stay closer ke dia, gue pun punya ambisi besar untuk beli Blekberi. Dan bahkan, yang lebih cangguih daripada punyanya dia! Lagian, Blekberi berapa sih harganya? dalem hati gue udah stay cool dan nyombong.

Pas gue pulang ke rumah, gue langsung ngudek-ngudek celengan gue--betul, sampe jaman ketika ATM bertebaran di mana-mana, celengan kaleng tetep jadi alternatif penyimpanan duit kecintaan dan favorit gue. Amannya lebih daripada ATM, soalnya. Kalo misalnya ada maling, gampang, tinggal kita jedotin aja pake tuh celengan. Simpel, nggak ribet--dan gue juga ngelongok isi dompet gue. Whatthehell, duit gue ditotal cuma ada 1.200.000!

Kurang 800.000-an, lah.

Sebagai anak emas, gue minta duit segitu (maybe) dikasih, tapi gue urungkan niat gue, berhubung waktu itu gue baru dapet rezeki. Jadi yah, jadilah gue bersakit-sakit ke hulu (tapi nggak pernah sampe ke tepian, itupun juga soakiiit banget). Gue nabung. Gue bela-belain nggak jajan di kantin meski muka gue bener-bener mupeng dan mengundang kasihan. Duh, kok dramatis amat....

Gue terus nabung biar bisa beli BB, sedangkan makin hari, gue sama Jerry makin deket. Hampir nggak ada bayangan Si Itu dan pacarnya yang mirip sama Sinta yang di video Keong Racun--sumpah, mirip persisss!--dan jelaslah, dia jauuuuh lebih... "yahgitudeh" daripada gue. Cocok pula profesinya. Si Itu kapten tim basket, pacarnya wakil ketua tim cheers sekolah mereka. There's no place to me :'>

Impian gue sedikit lagi terkabul! Dan sekitar awal Mei, gue udah mutusin bakal beli BB akhir Minggu itu, dan hari Sabtu-nya gue mau ngetraktir temen-temen di klub, sekalian mau *ehm* yaaah, mengenal lebih dekat si Jerry.

Sampe di situ, gue belom mau ngakuin kalo gue udah jatuh sama si Jerry.

Tapi hari Senin, gue ngeliat pemandangan yang super-nggak-enak. Di suatu tempat di Blok M, gue ngeliat dia. Jerry. Pegang-pegangan tangan. Sama cewek lain.

Gue shock kayak diserang tegangan listrik ribuan watt. Ceweknya gue kenal pula! Dia temen yang lumayan akrab sama gue, dan dulu dia tuh SAHABAT gue!

Si cewek senyum manis, dan Jerry nyengir salting gitu.

Gue langsung sesek napes.

Gue tau cengiran itu.

Cengiran yang Si Itu sering kasih di awal-awal kami jadian....

Gue ditabok sama temen gue, dan diseret ke Blok M. Tapi kok rasanya ada yang aneh, ya? Kayak gue ninggalin sesuatu di suatu tempat nun jauh. Kayak ada sesuatu yang... hilang.

Abis itu tuh cewek--yang juga temen klub gue, nanya, "Cha, katanya mau beli BB? Cek harga dulu, sana!"

Gue melamun.

Temen gue itu main-mainin sedotan limun terus ganti pertanyaannya, "Cha, hari Sabtu jadi kan lo traktir-traktirnya?!"

Gue masih melayang-layang dalam dunia gue.

"Cha!" gue digebrak. Gue kaget, dan buru-buru nyengir. Temen gue mengeriputkan kening.

"Lo kenapa sih? Gue tanyain dieeem mulu dari tadi. Kerasukan jin dari mane?"

Gue senyum tipis sambil geleng. Ciri khas gue adalah: karena gue nggak bisa diem dan talkative, begitu gue diem kayak sapi ompong, temen-temen gue langsung tau ada hal yang nggak beres. Yah, seenggaknya bagi orang-orang yang akrab sama gue.

"Jadi kan hari Sabtu?!" desak temen gue. Gue ngangguk sekenanya.

Benar. Gue punya hari Sabtu!

Dua hari kemudian, gue ketemu lagi sama temen gue itu, dan dia teriak-teriak heboh ke gue, "Cha, Cha, lo tau nggak, si Jerry jadian, tau! Sama si Febri *nama disamarkan* anak XX itu!"

Jleb. Gue langsung lunglai.

Gue speechless, tapi gue langsung maksain tawa.

"Hahaha, bagus deh, seenggaknya sekarang gue nggak perlu digosipin lagi sama dia, hahahahahaha," gue ketawa supermaksa. Sama maksanya dengan mata gue yang kedap-kedip biar nih air mata tak jatuh jua *najis kok melankolis banget sih*

Dan nggak berapa lama kemudian, Jerry dan sohibnya--yang juga seklub sama gue--dateng, terus mulai deh ngejailin gue. Dan bener, gue ngeliat di tangannya, tulisan, "Febriana XXX, tanggal jadian..." dan dikasih lope-lope norak *tapi giliran gue yang nyorat-nyoret tangan dan ditegur, gue lebih galak dari yang negur*. Cih, noraaaak!

Terus gue ledek aja, "Cieee jadian..."

Si Jerry cuma nanggepin sekenanya, seolah-olah yang gue omongin sama sekali nggak penting, nggak ada artinya. Gue tatap matanya.

"Sesuatu" itu udah hilang entah ke mana....

Matanya udah kosong. Sama sekali kosong.

Sumpah, barulah saat itu gue ngerasain perasaan itu lagi. Perasaan yang gue rasain lima bulan sebelumnya. Rasa kecewa. Rasa pahit menyiksa gara-gara mati-matian menelan bongkahan pahit di tenggorokan *maksudnya ludah*. Dan rasa campur aduk itu membuahkan sesuatu yang gue benci.

Air mata.

Sesuatu yang juga gue keluarin lima bulan sebelumnya.

Pas gue sampe di rumah, gue langsung... mewek. Yah, gue emang cemen. Tapi serius, hubungan yang berlangsung lama ini cuma berakhir dalam hitungan minggu.

Dan ambisi gue terhadap Blekberi pun menguap seiring dengan harapan gue yang juga tak berbentuk.

Gue coba tarik nafas dan gue tidur-tiduran. Cuma ada satu orang yang gue hubungin saat itu. Orang yang tau siapa si Jerry, satu-satunya orang yang tau kisah ini secara lengkap... Satu-satunya orang yang tau siapa itu Febriana.

Tapi emang bener Tuhan Maha Adil. Gue cuma sayang sama dia kira-kira sebulan, dan sakit hati ini juga cuma bertahan selama seminggu. Seminggu yang murung. Seminggu yang kelabu.

Kalo dulu gue sayang sama Si Itu selama 10 bulan, wajarlah gue nangis 4 jam pas nggak ketemu dia untuk terakhir kalinya. Wajarlah kalo gue baru bisa move on enam bulan setelah break up.

Uang yang udah gue kumpulin buat beli BB gue tabung lagi, dan pada bulan Juni, gue beli digicam baru karena digicam gue yang lama udah butut abis. Sekarang gue gigit jari pengin SLR dan dalam tahap penabungan.

Bulan Juni barangkali bulan paling kelabu. Bulan paling kelam. Karena selain masih ada rasa nyelekit tiap kali ngobrol sama Jerry, itu bulan gue galau terus-terusan gara-gara Si Itu. Betul-betul galau. Belum lagi ceweknya yang ngeselin itu nyindir gue abis di Twitter--gue nggak follow dia. Gue stalking TL-nya -_-. Gue balesin aja nyindir dia juga. Bener-bener, deh. Mirip gitu sama lagu You Belong With Me-nya Taylor Swift. She wear short skirts, I wear t-shirt. She's cheer captain and I'm on the bleachers. Dreaming bout the day, when you wake up and find that what you're looking for, has been here the whole time...

Dan gue juga tau kok, dari tweets-nya tuh cewek, dia tuh udah nggak sayang lagi sama Si Itu.

Inilah hebatnya cinta. Dari yang udah disakitin, dibikin mewek empat jam, dibikin bengkak tuh mata, masiiiih aja naro harapan. And... wanna know something? Si Itu dan si Jerry putus sama cewek masing-masing di bulan yang sama!

Duluan si Jerry, sih. Hubungan dia sama ceweknya nggak bertahan lama karena--maaf--ceweknya emang rada manja sedangkan dia tipe cuek. Tapi SI ITU! Cowok paling perhatian sejagad yang kalo udah punya cewek sayangnya ampun-ampunan... kok bisa putus?! Belakangan gue tau dari temen gue, kalo ternyata ceweknya Si Itu belom bisa move on dari mantannya dan...

Si Itu dikit-dikit ngomongin mantannya terus.

NAH LHO?!

Gue nggak tau mau ngomong apa. Rasa seneng gue tertutup oleh rasa kasihan. Jujur, gue udah berkali-kali ngerasain yang namanya brokenheart dan nggak tega kalau orang lain ngalamin. Bukannya gue sok strong atau sok pahlawan. Gue benci ngeliat orang yang gue suka jadian sama orang lain, tapi giliran mereka putus... seneng juga nggak pada tempatnya banget, kan?

Dan najisnya, si Jerry masa SMS gue berkali-kali.

Nggak gue bales, lah. Tapi pas kami ketemu langsung, gue sengaja banyak-banyakin ngelawak. Gue nggak pengin jadi pelampiasannya dia, tapi gue siap kok jadi a shoulder to cry on. Jadi harus dikerasin dikit, tapi jangan terlalu keras juga.

Cuma karena Blekberi, hubungan kami jadi kayak gini....

Duh, ini mah namanya bener-bener atas nama Blekberi, bukan atas nama cinta!

Tapi bulan kelam gue--Juni--berganti dengan bulan yang terlalu menyilaukan di Juli. Buku kedua gue terbit. Gue masuk kelas yang dapet julukan "kelas favorit". Dan yang paling bikin hepi, gue nakilab sama Si Itu, dan alhamdulillah sampe sekarang kita masih :') Februari 2012 nanti, resmi dua tahun sejak dia pertama kali nge-shoot gue.

Bisa kalian liat moral value of the story? Semuanya udah diatur sama Tuhan, men. Mau lo megang Blekberi sampe lo megang Esia, kalo bukan jodoh lo nggak akan ketemu. Eh, ini untung lho si Jerry jadian pas sebelum gue beli Blekberi. Coba bayangin kalo gue beli BB dulu, terus dia jadian? Bisa-bisa BB-nya gue lempar dari balkon -__-

Sedangkan Si Itu yang jauh di sana, buktinya kita akur-akur aja, tuh. Jangan jadiin gadget sebagai alasan untuk memulai hubungan *omaigat bahasa gue...*, karena hubungan yang bener-bener itu nggak mandang seseorang dari HP yang mereka kantongin. Nggak mandang seseorang dari kendaraan yang mereka pake. Nggak mandang seseorang dari butik yang mereka sambangin tiap shopping. Bahkan, nggak mandang dari muka. Banyak lho, orang kece yang jadian sama yang biasa-biasa aja. Yang sirik mah bilang, "Dih, nggak pantes!" tapi menurut gue, itu ajaib. Itu membuktikan kalo cinta yang tulus bisa merobohkan apa saja yang merintangi dua insan itu *oke, sekarang bahasa gue bener-bener kayak presentes Insert*.

Yah, cukup sekian deh cerita gue. Apa ceritamu? Haha. Petiklah yang baik-baik yaaa, jangan contoh atau fotokopi kebodohan gue di masa lalu, oke?

Keep smile! God is preparing a wonderful love-story for you! ;)

4/1/2012.
Esa Khairina.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire