mercredi 4 janvier 2012

Dilema Sang Shopaholic

Halo para penonton, eh, pembaca setia When A Girl Speaks Up Her Mind yang budiman! Hoahaha, kali ini, gue pengin, ehm, curhat dikit soal dilema gue sebagai cewek boros yang doyan belanja.

Sebenernya sih, nggak tepat juga dibilang "shopaholic" karena gue bukan tipe cewek yang langsung ngacir ke mal begitu ngeliat iklan BIG SALE di TV. Tapi, please deh, cewek mana sih yang nggak suka belanja?

Gue suka belanja, belanja apa aja. Entah itu buku, baju, sepatu, tas, sampe barang-barang nggak guna pun gue belanjain. Hasilnya? Ya gitu deh, dompet gue kadang kosong melompong kayak kepompong yang dimakan kakek-kakek ompong.

Masalahnya, gue lagi nabung mati-matian karena ada sesuatu yang mengelitik urat mimpi gue. Ada sesuatu yang gue pengiiiiin banget, tapi gue sadar hal itu nggak akan bisa kesampean kecuali gue nabung, berhemat, DARI SEKARANG! Sampe-sampe di celengan kaleng gue, gue tempelin label yang tulisannya, "SAVE YOUR MONEY FOR YOUR FUTURE!" Yah, kadang sih nggak aman juga nabung di celengan karena tangan nyokap suka ngegerayangin sudut kamar gue buat nyari duit recehan--bilangnya sih, minjem, tapi abis gitu... suka lupa dikembaliin. Terus, gue juga mencanangkan program "Satu Hari Lima Belas Ribu" yang gue terapkan mulai Januari ini.

Jadi gini. Sehari duit jajan gue 30.000--bener-bener sehari, jadi pas gue kursus, naik bajaj, nggak dikasih duit lagi. TEGA!--dan buat sekolah, gue dibekalin nasi dan air putih. Buat balik ke rumah, gue naik bajaj yang kisaran argonya 8-10 ribu. Nah, nah, itu aja udah berapa. Plus kalo ada biaya fotokopi, beli kertas ulangan, deesbe-deesbe, itunglah goceng. Artinya, gue nggak bisa jajan lagi.

Sebenernya dari semester lalu gue udah nerapin sistem "Satu Hari Sepuluh Ribu", tapi seminggu, cuma gocap. Dua minggu, cepe. Belom lagi kalo gue jalan--pasti ujung-ujungnya bakal ke Gramedia--itu bisa abis paling minim gocap. Lain lagi ceritanya kalo gue mampir ke Gramed, bisa-bisa 200.000 ludes.

Bokap sih, nggak tega-tega amat, beliau juga ngasih uang diluar uang jajan gue, perbulan cepe. Jadi kalo kepepet, gue bisa pake itu. Dan emang berhasil sih, tapi duit gue menipis dengan cepat begitu liburan tiba.

Pertama, gue ke Blok M Plaza--ya, tongkrongan keluarga gue memang nggak jauh-jauh dari Melawai--sebelum bokap ke Bandung buat dinas selama 11 hari *whatthe...*. Gue ke sana, beli buku empat biji dan juga beliin nyokap buku masak gitu di TGA. Kalo dijumlahin, total 217.000. Abis itu--berhubung bokap gue ganti kaca mata--gue sama nyokap keliling-keliling, lumayan cuci mata. Sialnya buat gue, gue nggak sengaja masuk ke gerai kaus-kaus kawaii yang diskon akhir tahun 75%!

Gue shock. Tapi sumpah, ini fantastis dan sangat disayangkan untuk dilewatkan!

Akhirnya gue beli dua kaus lengan panjang kawaii yang masing-masing 30.000, jadi kaliin aja, tuh, udah 60.000. Ditambahin pengeluaran gue buat BUKU, JADINYA BERAPA?!

*Gemeteran megang kalkulator*

Dan karena waktu itu gue bawa uang lumayan banyak, jadi gue cuek aja dan ngajak nyokap keliling nyari sepatu, karena kebetulan sepatu gue udah jauh dari kata layak. Abis itu *mungkin hari itu gue lagi lucky* karena gue nemuin toko sepatu yang diskon 50%.

I. SWORE. THIS. IS. FANTASTIC.

Beragam model mulai dari yang merek Converse, sampe merek-merek yang udah didiskon aja harganya 400.000, dijajakan *kenapa gue jadi membayangkan tukang-tukang kacang goreng yang jualan di Metro Mini?* di sana. Setelah make-copot sepatu beberapa model, nyokap nunjuk satu sepatu dari bahan denim gitu, tapi lembut. Warnanya biru dan enteng, dan harganya 75.000. Jelas kan? Kalo belom dikorting, itu 150.000 *bangkrut*.

Dasar ibu-ibu, ngeliat barang kualitas top yang harganya udah *ehm* murah banget aja masih ditawar. Kebetulan sih yang jualan cowok, yang nggak sewangkeng pramuniaga cewek dalam memberi kepuasan kepada pelanggan. Believe it or not, gue pulang memboyong tuh sepatu dengan harga 35.000 aja!!!

*brb jemuran di pantai*

Nah, nah, coba deh ambil kalkulator, atau nggak pulpen sama kertas, terus jumlahin deh pengeluaran gue hari itu. 217.000 + 60.000 + 35.000 =
312.000.
*nelen ludah*

Well, perjalanan liburan gue nggak sampe di situ aja. Baru kemarin gue ke Blok M Square karena nyokap gue belanja bulanan, nggak sama bokap, tapi. Dan lagi-lagi, gue mampir ke Gramed dan beli empat buku lagi.

Ini bisa mecahin rekor karena sebelumnya, gue belom pernah beli buku delapan biji dalam dua minggu.

For those who hesitate, FYI, gue emang suka baca. Gue suka baca apa aja, mulai dari rambu-rambu lalu lintas, imbauan-imbauan sepele kayak "JANGAN INJAK RUMPUT!" di jalan, baca blog orang, stalking timeline temen, baca koran, baca apa aja, deh! Dan gue emang udah biasa hidup di lingkungan penuh buku sejak masih kecil. Bokap gue juga bilang, "Baca buku bisa bikin candu," dan well, asosiasi itu sama sekali nggak lebai. Rasanya gue megap-megap tanpa buku. Pokoknya, sehari gue harus baca buku diluar buku pelajaran.

Akibat negatifnya? Selain kantong jebol, mata gue minusnya sedikit demi sedikit memburuk--apalagi gue ANTI-sayuran dan BENCI WORTEL!!! Tidaaaaak--dan buku gue terlantar. Lahan di rumah gue rada sempit, dan bokap udah beliin dua rak buku kecil tiga tingkat, dulu sih muat, tapi lama-lama... yah, bisa dibayangin, deh, kalo seminggu gue beli empat buku.

Di meja belajar gue juga ada rak buat naro buku--selain buku pelajaran--dan muat! Seenggaknya, sampe bulan Oktober buku gue muat ditaro, tapi sekarang... buku-buku gue terpaksa gue taro di mana aja, mulai dari di atas kasur, di atas kursi lipet, ditumpuk-tumpuk, dll-dll. Adek gue sampe ngalah rak bukunya gue embat.

Gue sih bisa beli rak buku raksasa. Tapi DITARO DI MANA? Dan emangnya beli rak buku itu, kita bayar pake daon sirih?! Hah?! Ya butuh duit, lah! Kalo gue beli rak buku yang gede, bisa-bisa jatah shopping bulanan gue jadi ancaman. Duh, nggak mau ambil resiko, deh.

Back to kemarin.

Selain gue beli buku, adek gue juga beli komik dan buku pelajaran, dan ditotal semuanya 214.000. Alahmak. Itu juga gue seselektif mungkin milih buku. Sayangnya, makin tua selera buku gue makin bermutu. Sekarang gue malah doyan "melahap" buku yang tebelnya 200 halaman ke atas. Kalo dibawah itu, rasanya nggak puas. Dan gue juga hobi baca buku traveling yang rata-rata harganya lebih, errr, mahal. Selain itu, gue juga suka baca novel-novel klasik kayak karya-karyanya Mark Twain yang harganya bisa Anda kira sendiri.

Apesnya, gue salah ambil dompet. Jadi bukannya dompet yang isinya duit, yang gue bawa malah dompet yang isinya kartu-kartu ATM dan struk-struk belanja.

*brb nangis sinetron*

Ya mau gimana lagi. Gue ambil BCA card gue, satu-satunya yang bisa di Gramed, terus gue bayar pake itu. Itu ATM harian gue, dan ATM buat kepepet ada lagi. ATM harian gue isinya duit transferan bokap kalo gue kepepet dan butuh ngeluarin royalti. Nah, jadi royalti di rekening bokap ditransfer ke punya gue.

Pas gue ngeliat struknya, gue mau nangis.

Simpenan gue berkurang 214.000.

Hiks.

Ya udah mau gimana lagi. Habis dari situ, gue ke Carrefour, tempat nyokap belanja. Gue juga beli jajanan, sih, haha, dan untungnya dibayarin nyokap. Abis dari Carrefour, kita mampir ke Texas Chicken Melawai sebelum pulang. Untungnya, ni restoran superhemat, jadi duit selipan (baca: duit-duit sisa yang ketinggalan di tas) bisa gue pake buat bayar.

Bayangin aja, gue dan adek gue makan nasi + chicken crispy, nyokap mesen blackpapper chicken, plus nasi goreng karena emang porsi makan-makanan itu dikit. Gue mesen spageti dan puding (dua biji) juga, dan semua itu ditotal cuma 85.000!

HAHAHA *tertawa merdeka*

Udah enak, murah pula. Dan pelayanannya cepet. Puas banget deh. Kalo di D'Cost, terakhir kali gue ke sana, gue sampe "ngelabrak" pelayannya gara-gara gue udah mesen dari 30 menit yang lalu, NGGAK TAUNYA belom dianterin ke meja pesanan. Darah gue udah mendidih semengepul-ngepulnya pas itu.

Abis itu kita pulang naik bajaj. Yah, oke, nyokap gue yang bayar. Gue sih maklum kenapa sekarang dikit-dikit gue yang bayar, karena nyokap-bokap udah ngeluarin uang banyak buat gue. Sekarang bayar sekolah aja berapa, belom lagi bayar kursus, terus bayar kontrol behel gue, dan uang modem. Selain itu, kalo apa-apa yang gue bayar, gue maklumin.

Tapi ya itu. Kalo gue yang bayar, gue suka nggak ikhlas sendiri pas nyadar duit gue kepotong banyak. Tapi pas di mal, gue bener-bener kalap. Lupa diri kalo gue harus hemat.

Ini. Bener-bener. Jadi. Dilema.

Gimana mimpi gue bisa kesampean kalo gue boros terus?

Akhirnya gue terapin deh tuh program. Satu Hari Lima Belas Ribu untuk masa depan! Dan ini harus berhasil! Sekarang, seminggu gue 5 hari sekolah, jadi seminggu udah 75.000. Sebulan, udah gue itung gue 20 hari sekolah, jadi kaliin aja 75.000 dikali 4 berapa. 300.000. Terus kaliin lagi, 300.000 dikali 12. 3.600.000. Kaliin lagi 3.600.000 dikali lima tahun! Berapa hayo, banyak kan? Itupun belum *ehm* penghasilan gue lainnya.

Yah, ini dia cerita dilemaku, bagaimana ceritamu?

4/1/2012.
Esa Khairina H.

4 commentaires:

  1. Wiih...
    Kak Echa baru kelas 9 (bener gak?) sehari jajannya 15.000, itupun udah di potong...
    Aku sih (kelas 8 kak, jadi adek kelas) sehari jajan 1000, ya kadang sih 1500, dan kalo belanja bareng bunda, makanan yang kuambil tuh harus bayar pake uang sendiri.
    Kalau sama ayah sih, selalu di bayarin lah...
    *Kakak orang kaya yah??

    RépondreSupprimer
  2. Hah serius segitu? Hehe tapi itu kan soalnya Echa kursus, sekolah Echa jauh, terus makanan di sekolah Echa mahal -_-" Ah nggak kok, sederhana aja hehe :)

    RépondreSupprimer