vendredi 13 janvier 2012

Email penting

Di saat gue lagi ngetik nih post, gue masih rada speechless karena ada kira-kira 9 pembaca blog yang ngirim gue email. Rata-rata sih, tau email gue dari Facebook haha. Mari kita sapa empat di antaranya! ;D

Q: Halo ka echa, aku nadhira. aku suka sama blog kaka, keren! desainnya juga pas, lucu kaya yang nulis ehe ( jangan gr loh tapi ka! ). keep writing ka! oh iya, anyway kaka mau jadi psikiater ( atau memang udah jadi? ) ya? tulisan kaka menginspirasi aku banget soalnya hehehe.

Sekian dulu ya ka. Bales email-ku yaaa :)

A: Halo jugaaa Dek Nadhira yang cantik! Aduh makasih bangettt atas pujiannya, dan lebih terima kasih lagi soalnya udah mau baca blog Echa. Untuk nulis, Insya Allah selalu dan selamanya *ehem*, masa sih menginspirasi? Alhamdulillah, seenggaknya salah satu target Echa ada yang kecapai :)

NOOO! I wanna be a nice blogger as well as a great writer, not a "psikiater" ;) Hehehe. Makasih yaaa Nadhira! Btw email kamu Echa jadiin post yaaa :D Thanks for visit my site! Papay....

Q: Morniiing sis Echa , how r u? I wish you're fine and pass your day happily (hehe ngesok biar dikira bisa bahasa inggris :p). Kak Echaa aku Gistha dari surabaya , ini aku temen kakak di facebook! Awalnya aku cuma tergoda buat buka blog kakak , eh ketagihan. Aku juga udah punya buku kakak yang *Fantastic Five* , sama kerennya sama blog ini!

Kak , kan udah taun 2012 nih , kakak punya resolusi apa ditahun ini? Aku doain sih semua resolusi kakak tercapai , aamin. Resolusi aku sih , pengin ngarang buku kaya kak Echa dan bisa jadi blogger yang baik kaya kak Echa juga :3

A: Halooo Gistha dari Surabaya! Arek-arek Suroboyo (loh?!). Aduh kok tersanjung banget, makasih ya udah baca blog Echa dan buku Echa :) Kritik + sarannya ditunggu, lho!

Tahun 2012? Wah apa ya? Pikiran pertama Echa setelah baca email kamu... kenapa resolusi selalu identik dengan pergantian tahun? Menurut Echa, kita nggak harus nunggu tahun baru untuk membuat resolusi. Setiap hari, bahkan jam, menit, detik, pasti kita punya resolusi. Resolusi Echa sehari-hari sih, "today must be better than yesterday, and tomorrow must be better than today." Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini. Tapi karena kamu nanyanya tahun 2012, jujur Echa nggak punya resolusi spesial. Mungkin adanya target, kali ya? Echa mau lebih lancar Bahasa Inggris dan Prancis, bisa melalui UN dan masuk ke SMA tujuan Echa (amiin, doain yaaa), terus bisa lebih produktif dalam menulis. Tapi target harian Echa, Echa mau punya manfaat buat orang lain, mau lebih menghargai waktu, mau lebih rajin belajar dan nggak nunda-nunda, terus lebih bersyukur dan bersabar. Itu aja, sih. Hehe, makasih atas doanya :) Echa harap Gistha juga gitu yaaa :D SEMANGAT!

Q: Assalamu'alaikum echaaa. AKu tiara, 16 tahun, aku temen facebook kamu dan aku udah baca blog kamu. Keren! Maksudku gimana gitu ya, anak segede echa pikirannya udah jauh lebih mature dan bisa melihat hari2 dari sisi yang positif, itu keren. Kamu mesti bersyukur, soalnya dikelilingi teman2 yang baik.

Oh iya, menurut aku blog kamu lucu bangettt. Gaya kamu cerita itu "show them, not tell them" sehingga aku gampang ngebayangin dan suka ketawa sendiri. Aku liat foto2 kamu di fb sama temen2 kamu, kalian lucu2 deh, kelihatan bff banget. Kamu juga cantik dan keliatannya periang :) AKu harap aku bisa punya sahabat kayak sahabat2 kamu.

Bytheway, kamu ada niat buat bikin buku komedi gitu ngga? Pasti aku beli deh hehehe. Kamu berbakat banget jadi penulis. Semoga suatu saat bisa jadi penulis yang hebat, amin.

A: *mendadak merasa seperti orang penting* Wa'alaikum salam Kak Tiaraaa! Makasih ya udah ngirim aku email, aduh seneng banget dikasih masukan :) Aku juga udah ngeliat blog kakak dan NGGAK KALAH KEREN! Malah mungkin lebih. Hihihi, amiin aku mature, tapi sebenernya enggak juga, kok. Kadang aku labil dan emosional, malah di antara sahabat-sahabat aku, aku yang paling childish dan bikin orang naik darah! Hihihi.

Aku bersyukur banget punya temen kayak mereka. Mereka selalu ngerti aku, dan walau nggak jarang aku suka kesel sama mereka dan sebaliknya, satu fakta terindah yang aku tahu adalah kenyataan kalau mereka nggak pernah ninggalin aku. Mereka selalu ada dan mengulurkan tangan saat aku jatuh *brb ngambil tisu* dan aku sayanggg sama mereka *latar suara biola*.

Hehe mungkin karena aku suka baca buku, jadi yaaa gitu deh. Aku juga udah suka nulis dari umur 7 tahun, jadi udah nggak kagop lagi pas nulis. Rasanya lepas aja, gitu. Hehe aamiin. Wah buku komedi? Gimana ya, soalnya Echa lebih suka nulis novel yang tokohnya mengalami kejadian-kejadian yang "boom!", yang langka dan cuma dia yang ngerasain, sedangkan Echa nggak.

Kakak tau nggak? Sebenernya sahabat itu bisa kita dapetin di mana aja. Saat kakak senyum sama seseorang dan orang itu bales senyum kakak, sebenernya secara teknis dia udah jadi sahabat kakak. Tapi emang sih, nyari orang yang bener-bener klop sama kita itu susahnya bukan main. Aku harap, suatu saat kakak punya sahabat yang jauh lebih hebat dari sahabat-sahabatku (walau menurutku sih mereka nggak ada tandingannya, hehe).

Q: Halo ecacae! Ayo tebak siapa akuuu hehe, pokok nya aku kenal kamu dan kamu kenal aku :p Ecacae yang mahaimut ekstracantik namun superlebai, nanya dong nanya, boleh kan? Kamu kok bahasa inggris-nya canggih banget, belajar dimana? Aku aja kadang harus buka kamus kalo baca english post kamu. Emang sih ada beberapa kata yang incorrect, tapi itu udah hebat banget loh.Vocab kamu luas.

Aku juga suka nulis, tapi lebih ke fanfiction gitu. Tapi aku pernah liat dimanaaa gitu, jadi seorang penulis itu ribet. Harus menyatu sama cerita dan harus "sayang" sama pembaca. Itu maksudnya gimana? Nulis itu kan, hobi, bukan tuntutan! Tolong dikasih penjelasan yaa pacar nya f**** :p sekian yee, kalo lo nggak bales nih email secara memuaskan, berarti you're not a truly writer.

A: *anjrit nggak sopan bet -_-* Halo juga Kak, Dek, Tante, Om, Mbak, Mas, Ibu, Bapak yang terhormat.... LO INI PEMBACA BLOG GUE ATAU STALKER, SIH?! Sampe panggilan khusus gue dari SuperGreen aja lo tau. Oh, lo anak Napoleon juga, kan?! Ngaku!

Oke, karena gue profesional (baca: nggak mau dibilang bukan writer beneran), bakal gue jawab satu-satu. Dengan bahasa yang SOPAN.

Dari kelas 1-4 SD aku udah ikut les Bahasa Inggris di sekolah, terus kelas 5 aku berhenti gara-gara ikut banyak olimpiade dan pas kelas 6 udah mau ujian. Tapi aku tetep belajar sama "guru privat" aku di rumah: Mama aku. Jadi tetep belajar Bahasa Inggris. Dan dulu juga pas aku masih kecil, Mama kalo bangunin pasti, "Wake up sayanggg, udah jam enam nih!" dan kalo aku kelamaan mandi, Mama bakal teriak, "Kakaaak, hurry up sweetie...!" jadi dalam kehidupan sehari-hari, pemakaian Bahasa Inggris udah diterapin. Terus pas kelas 8, aku ikut les lagi, tapi keluar. Nah pas kelas 9 sekarang, aku ikut bimbel Bahasa Inggris di sekolah, dan ikut kursus juga di ILP. Belajarnya sama native (orang non-Indonesia) dan bahkan suka ditegur kalo kita ngobrol (atau nanya) sama sesama murid pake Bahasa Indonesia. Jadi emang harus casciscus dalam ber-conversation. Tapi sebenernya, aku lancar di writing, tapi kalo speaking, nggak bisa terlalu cepat dan nggak tau kenapa impuls otak juga bekerja sedikit lebih lambat daripada pas nulis pake Bahasa Inggris. Dan untuk pujiannya, saya ucapkan amiin dan terima kasih.

Jujur, aku juga suka kayak ih-sok-tau-banget-sih-jadi-orang kalo ada yang bilang jadi penulis harus gini dan blablabla. Karena aku orangnya nggak suka terikat (bahkan inspirasi kadang macet kalau harus nulis dengan tema tertentu), menurut aku yang penting adalah nulis dari hati. Let it flow. Biarkan kehidupan dalam ceritamu hidup dan mengalir begitu saja. Jangan pusing-pusing sama apa yang orang bilang tentang nulis. Ya, lo bener. Nulis itu hobi, bukan tuntutan. Mungkin kita cuma dituntut untuk memandang suatu peristiwa dengan otak kreatif kita aja, dan memandangnya dari sudut pandang yang berbeda. Udah kok, cuma itu.

DID YOU KNOW WHAT'S MY BOYFIE'S NAME?! *pingsan*

*nggak lanjut nge-post*

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire