jeudi 5 janvier 2012

Lima Iklan Terkoplak versi gue

Iklan, salah satu hal yang bikin kita tetep nongkrongin TV dan ujung-ujungnya, tagihan listrik naik. Sadar nggak, kalo 30% dari apa yang kita tonton di TV tuh iklan? Contoh nih, nyokap lo nonton sinetron, lamanya 2 jam. Paling yang nyokap lo tonton, netto-nya cuma 1 jam 15 menit, sisanya mah iklan doang.

Ada iklan yang bagus dan kreatif, kayak iklan yang jargonnya Life is An Adventure itu. Gue demen banget sama nih iklan, soalnya udah anaknya ucul-ucul, puisinya juga keren. Versi satu dan versi duanya gue suka.

Terus iklan yang bikin gue rada mabok, "Ini ceritaku, apa ceritamu?" Itu iklannya bagus. Terlepas dari sangkut-paut mi instan terhadap kehidupan tokoh-tokohnya, tuh iklan bagus. Menceritakan perjuangan, apalagi yang bisa lulus dari jualan mi, sama mahasiswi Italia yang bela-belain ke Belanda demi nyari makanan kesukaannya (beda banget sama gue. Kepengin martabak depan rumah yang ngesot-juga-nyampe aja, gue terlalu males buat nyeret kaki dan ngeluarin duit). Tapi ada berapa iklan yang rada koplak, gue share beberapa, dan anehnya, semuanya itu iklan provider dan iklan mi instan.

Provider pertama, nggak usah gue sebut, lo pasti tau. Itu lho, iklan rada kobam yang sepasang pasangan lari-lari dibawah rinai hujan *terlalu dangdut, ya*, abis itu si cewek teriak gini, "Kamu kenapa sih? Nelpon nggak pernah, SMS nggak pernah!" Dan si cowok dengan mental anak mamihnya ngejawab, "AKU NGGAK PUNYA PULSAAAA...!"

Sumpah. Ini. Krik. Banget.

Maksud gue, pulsa berapa sih harganya? Kayak gitu aja sampe didramatisasi segitu berlebihan. Kenapa nggak sekalian aja ada truk tronton lewat begitu si cewek jatoh, terus kepalanya kelindes?! HAH?! Biar tambah sinetron! Mungkin yang nulis script perlu dikasih Panadol dulu.

Yah, lanjut saja, lah.

Provider selanjutnya, nah, yang ini juga lebai. Nggak usah disebut namanya, deeeh, lo pasti tau. Itu, yang katanya ada dua orang baru turun dari terminal, si cewek yang gendut bilang, "Ini Jakartta (medok), ddi sini, cuma aku yang kamu kenal!" cewek yang kurus cuma nyengir. Abis itu banyak yang nyapain si kurus, sampe mereka makan, si kurus digratisin, dan tiap dipelototin si gendut, dia selalu nyahut, "Temen pesbuqq," dengan aksen Jawir-nya. Sampe-sampe, si gendut naik angkot, si kurus naik Jaggy "temen pesbuqq"-nya.

Nah, ini menurut gue lebai. Kalo kita bandingkan dengan kehidupan nyata, sudikah lo memberikan makanan gratis pada cewek medok yang lo kenal dari "pesbuqq"? Nggak, kan?! Sudikah lo memberikan tumpangan sama dia? NGGAK, KAN?! Dan setau gue, nih provider juga pernah bikin iklan yang tokohnya itu kawin sama monyet, terus honeymoon naik mobil sama tuh monyet. Andai Gregor Mendel masih hidup, abis deh yang nulis script kena amuk. Lho, apa hubungannya? Sekarang gue tanya, kalo manusia sama monyet kawin, FILIAL/ANAKNYA KAYAK GIMANA?! HAH?! Bisa-bisa bakal ada teori persilangan yang lain. Bukan lagi monohibrid, dihibrid, trihibrid, nanti sekalian ada quarterhibrid!

Gue emosi.

Kenapa? Dari jauh-jauh aja guru IPA gue udah nasehatin biar gue nggak mikirin trihibrid karena jumlah kotak kalo ditabelin itu ada 32 kotak. Lah kalo quarterhibrid ada berapa kotak?! Gimana tingkat kesulitan gue dan temen-temen gue saat menghadapi UN kelak?!

Yak, lanjut deh, ke iklan selanjutnya.

Iklan yang ini tuh rada aneh. Ada cowok psycho yang selalu mantengin FB biar tau apa yang distatusin cewek yang dia incer. Menurut gue, kalo iklan ini ditonton oleh anak dibawah umur, bisa berabe. Ini ngajarin anak-anak kecil buat nguntilin orang. Melototin orang. Sampe-sampe, bisa-bisa mereka jadi benjol-benjol gara-gara niruin si tokoh cowok jatoh setelah make kostum Superman.

Terus iklan yang ini, gue lupa awalnya. Pokoknya ini iklan mi instan. Ada bapak-bapak lagi ngapainn gitu, abis itu Ayu Tingting tiba-tiba nongol pake kecrekan terus nyanyi, "DUUUUAAAAA~" INI MAKSUDNYA APA?!

Yah, segaje-gajenya iklan di atas, masih gajean iklan yang ini. Itu, lo pasti tau. Iklannya ada anak bongsor diomelin gurunya, terus pas pulang disuguhin mi instan. Abis itu dia teriak, "AYAMKU MANA?!" dan kamera disensor ke tempat lain. Gurunya megangin tuh mi sementara ayam-ayamnya ada di atas kepalanya. Menurut gue, ini nggak baik. Adek gue yang kelas 5 SD aja, begitu ngeliat tuh iklan, ngomong, "Ooo, berarti Pak Guru-nya yang nyolong ayam!" Bayangin kalo iklan itu ditonton oleh anak-anak yang lebih muda dan ingusan daripada adek gue, terus mereka punya cita-cita, "Aku mau jadi gulu, abis itu maling ayam, dehhhh..." Hancur sudah moralitas anak bangsa!

Yah, itu dia rangkuman lima iklan terkoplak versi gue. Bagaimana iklan terkoplak versimu?

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire