vendredi 20 janvier 2012

Secangkir Cinta untuk Mereka

Di sana
kutemukan apa yang kucari
Kedamaian, cinta, kasih sayang...
Memelukku di sela-sela lebatnya hujan

Aku yang penikmat hening, dan mereka yang mencintai keramaian
Sungguh berbeda, bukan?
Namun sungguh, saat bersama mereka,
aku yang lemah dan cengeng ini,
bisa menjadi kuat.
Bisa kembali bangkit.

Saat aku terjatuh, aku tak perlu memikirkan tangan siapa yang harus kuraih,
karena tangan mereka selalu terulur,
karena sorot mata mereka selalu membuatku percaya,
Kapanpun, di mana pun, dalam kondisi apapun...


Kawan,
kutemukan sebutir kasih dalam senyummu,
kutemukan setetes sayang dalam perkataanmu,
kutemukan secangkir cinta dalam matamu,
Kusyairkan doa dan cinta dalam puisi ini,
karena seribu gurindam pun tak akan bisa menandingi,
apa yang telah kalian beri.
Ribuan detik, ratusan hari,
tawamu menghangatkanku,
senyummu menenangkanku,
godaanmu memotivasiku.
dan kuharap sampai seterusnya...
kita bisa seperti ini.


Buat mereka yang udah kaya akan perasaan kayak gini, gue yakin mereka nggak perlu muter jauh-jauh buat ngeh apa akan apa yang gue tulis. Saat ini, otak gue lagi korslet karena terlalu banyak kata yang pengin gue tumpahin, dan semuanya berintikan hal yang sama: rasa terima kasih.

Dulu, gue sering nge-blacklist orang karena gue cuma mandang dari sisi negatifnya aja. Tapi pas gue nulis ini... gue sadar betapa butanya gue akan apa yang Allah udah beri. Gue punya keluarga dan sahabat yang super dan selalu mendukung.

Kayak misalnya hari ini.... January 20, 2012. Gue kenyang ledekan gara-gara seharian Dyna sama Ajeng abis-abisan ngecakkin gue. Mulai dari ngatain gigi gue, ngatain muka gue, apa aja kayaknya dipandang lucu sama mereka -_- Tapi yaa dasar gue cepet kebawa suasana. Biar kata yang jadi sumber guyonan itu gue sendiri, gue akhirnya ikut haha-hihi sama mereka.

But... biar kata paginya gue abis diketawain, tapi pas siang gue sadar mereka itu baik dan... asyik (oke, sebenernya ini gue udah sadar dari lama, tapi bener-bener "nyeresep"-nya itu sekarang). Tadi ketua kelas gue yang cantiknya lebih-lebih dari Miss Universe, Mohammad Arravy, bener-bener bikin gue pengin ngemut kepala orang. Bayangin aja, kan pas lagi istirahat gue dikasih amanat sama Nisa 9-4 buat ngasih soal Mtk ke bendahara, nah bendahara kelas gue (Olin-Dwita), ngasih kertasnya ke Ravy. And then Ravy asked me how to doing that homework, jelas gue nggak tau karena gue cuma diinfoin buat motokopi tuh soal. Ehhh udah nanya, nyolot pula! Udah tau gue lagi ngerjain soal dan fokus, eh gara-gara gue nggak jawab, dia nyewot, "Ah setan nih si gigi."

Anjrit banget kan! Cih cih cih! Kalo gue setan dia apa?! Dajal?! Tapi emang ada dajal yang jerawatan?! HAH?! *emosi*

Tapi akhirnya Dyna juga ngebentak si Ravy *atau itu kemarin, ya? Haha lupa*, pokoknya intinya dia ngebela gue :p *ngerasa menang*

Oke, gue akan lanjutkan.

Sebelumnya gue flashback dulu dengan mesin waktunya Doraemon. Pas ulangan Tata Boga, tiba-tiba perut gue melilit. Dan atas dasar faktor kuat belom sarapan, gue simpulkan... mag gue kambuh. Kali ini bener-bener kuat, kayak dililit tambang itu gimana si -,- Tapi alhamdulillah Dzalika nganterin gue... mulai dari ke toilet buat ngoles minyak kayu putih, ke UKS (dan suprise... UKS-nya belom buka!), dan akhirnya ke Bu Pur. Sialnya apa coba?! Gue dikasih obat mag tablet!!

Matilah awak.

Jadi gini... satu kelemahan gue yang dengan rendah hati gue akui adalah... sampe umur segini gue belom bisa nelen tablet (apalagi pil), dan harus digerus atau nggak dijadiin puyer. Gue trauma gara-gara dulu pas kelas 1 SD pernah disuruh nenggak obat cacing mahapahit dengan ukuran jumbo. Dua hari rasanya tenggorokan gue dipampet. Makan apa aja nggak enak. Duh, kelamnya masa kanak-kanak gue...

Abis itu Dzalika maksa, mulai dari ngajuin saran yang lumayan kayak dimakan sama roti, sampe saran nggak sehat kayak ditelen bulet-bulet-_- Yang bener aja! Terus pas gue buka, dia malah bikin gue takut dengan bilang, "Ih, pasti pait, deh. Baunya aja kayak remason."

Berhubung gue suka mint, akhirnya gue beranikan diri buat masukin tuh tablet ke dalam mulut. Netral sih, tapi kayak ada sensasi mint gitu. Dzalika tepok tangan mirip penonton di arena pacu kuda, nyuruh gue minum air, tapi akhirnya...

Obatnya gue kunyah.

Iya, beneran, obatnya gue kunyah -_- Rasanya nggak aneh-aneh amat, kok. Pas udah menyerupai serpihan kecil, baru deh gue minum air. Yak, seenggaknya satu kemajuan baru telah gue lakukan hari ini: minum obat tablet! Yey! Tepok tangan donggg...

Dari situ gue belajar bahwa temen ibarat tetangga kita di sekolah. Kalo kita sakit, mereka yang bakal pertama nolong kita. Kalo kita konflik, mereka yang bakal pertama ngebela kita. Kalo kita kepleset, mereka yang bakal pertama ketawa ngeliatin kita.

Dan temen juga orang yang bakal rela bercapek-capek buat mereka. Konkret nyata ini gue buktikan setelah tengah hari bolong jalan ke Blok M sama Sentani buat nyari buku. Pertama, ke Gramed (dan sialnya... gue ketemu my beautiful class leader lagi, sama temennya yang badannya kayak burger salah takaran, Dhana -_-). Abis ke Gramed, gue turun ke lantai UG (Underground) tempat buku-buku murah dan langka dijual. Setelah keliling seharian, sampe deh kita di tempat langganan gue, dan gue akhirnya beli beberapa buku.

Hal kedua yang membuktikan fakta kalo temen adalah orang yang bakal bercapek-capek buat kita adalah pas gue mandi abis renang sama Senta. Gara-gara sangkutan pakaiannya cuma ada satu, akhirnya gue mandi duluan. Senta yang megangin tas gue karena tas gue dari katun dan warnanya putih, tipis. Padahal cuma gue dan Allah yang tahu berapa ton kira-kira berapa berat tuh tas. Duh, maaf dan makasih ya, Sen....

Selain itu, tau nggak? Temen adalah orang yang bakalan ribut karena ngekhawatirin kondisi kita. Hal ini gue dapet setelah pas gue renang di Senayan tadi, Pak Fulmer, guru olahraga gue, ngasih tes gaya punggung dan gaya bebas. Pas gaya punggung--itu lho, yang badannya kebalik gitu :$--kaki gue kram di tengah jalan. Gue langsung teriak heboh, "PAAAK! KAKI SAYA KEERAAAAMMMM!" dan anak-anak BlakBlakans langsung ngegiring gue ke pinggir dan ngebantuin gue naik. Terus Pak Fulmer neken kaki gue dan alhamdulillah gue lebih rileks setelahnya :)

Pas kaki gue ditarik, Ulfa, Lista, dan yang lain pada heboh. Pas gue udah mendingan dan lari-lari kecil muterin kolem buat ngelemesin, mereka bilang hati-hati. Dan pas gue pengin nyebur lagi, mereka bilang, "Jangan dulu, Rin, sampe sembuh bener." Dari situ gue dapet pelajaran baru yang berharga: gue disayang banget sama temen-temen gue.

Terus pas pulang ke Blok M naik bus 19 yang penuhnya nadzubillah juga, temen-temen gue pada teriak, "Tuh, Rin, duduk!" tiap ada penumpang yang turun, padahal mereka sendiri berdiri. Gue yang lagi dipenuhi oleh rasa hangat ngegeleng biar kata bawaan gue bejibun. Akhirnya semuanya bisa duduk. Gue sama Ulfa, terus Senta sama Ajeng, dan Dinda-Rachmi-Umami di paling belakang. Lista, Ayu (Fadhila Ayu, 9-6), sama Fia beda jalur sama kita, jadi tadi misah di jalan.

Gue juga tahu kalo temen adalah orang pertama yang paling gampang kita "sesatin". Sesat di sini maksudnya dibikin PENASARAN, HAHA *evil laugh*. Jadi tadi pas nungguin Pak Fulmer setelah renang, kita ngegosip dan gue mulai curcol soal someone that have a crush on me. Abis itu mereka langsung ribut dan curcol pun berganti dengan atmosfer penuh kecurigaan. Mulai dari tahap hangman, sampe gue kasih banyak clue, mereka sampe nggak bisa nebak.

(Sebenernya, bisa. Salah satu dari mereka udah nyebut nama orang yang tepat, tapi gue ngegeleng biar mereka makin penasaran HAHA.)

Tahu sesuatu, nggak? Penasaran itu bermakna peduli, lho. Hal itu gue tahu dari diri gue sendiri. Gue paling kesel kepo kalo temen-temen deket gue pada ngobrolin sesuatu dan gue nggak tahu. Tapi giliran orang yang jauh sama gue, nggak akrab sama gue, mereka keras-keras nyebut inisial nama orang yang mereka taksir juga gue masa bodo-_- Kesimpulannya? Yap, temen-temen gue peduli sama gue.

Dan temen adalah a shoulder to cry on. Ini gue dapetin pas gue galau atau pengin nangis, temen-temen gue yang selalu nyediain bahunya buat gue (asalkan bajunya nggak gue peperin ingus). Selain BlakBlakans, Ajeng, Senta, dan my bestfriends in school, shoulders to cry on gue ada banyak. Shabi, Gani (dia ini cewek. Nama aslinya Ganisha Radhisti), Maria, Safir, Nadine.... Mereka semua unik-unik dan biar kata ngeselin, tapi mereka kayak krayon, selalu bikin hari-hari gue lebih berwarna.

Selama ini gue selalu mikir kalo temen-temen gue nggak peduli sama gue, tapi mungkin itu karena gue "cepet marah dan melupakan seribu kebaikan hanya karena kakinya terinjak sekali." Emang udah nggak terhitung berapa kali gue ngambek, marah sama mereka, tapi gue nggak bisa memungkiri fakta bahwa mereka nggak pernah ninggalin gue sendiri dalam kegelapan, meraba-raba mencari jalan. Tangan mereka selalu ada untuk menuntun gue perlahan-lahan menemukan setitik cahaya baru. Intinya, mereka selalu ada buat gue.

Ortu gue adalah tipikal ortu over-protective, jadi dari tadi HP gue krang-kring-krang-kring mulu. Tapi gue tau kok, mereka ngelakuin itu karena khawatir. Dan gue, sebagai anak, nggak sepantasnya mengeluh.

Gue juga tahu kalo gue beruntung dilahirkan di kota kayak Indonesia. Biar kata macetnya naudzubillah, tapi sebenernya Jakarta nggak kalah sama Los Angeles, Singapore, bahkan Paris. Bahkan kalau kita mau membuka mata kita lebar-lebar, Jakarta udah lebih keren dari tiga kota itu. Kita punya landmark, Monas, yang nggak kalah dari Eiffel, kita punya shopping district dan tempat keren yang lebih banyak dan luas daripada Orchard (oke, gue belom pernah ke Spore dan cuma denger ini dari tante), dan sebagainya. Keindahan itu cuma terletak pada sudut mana kita memandang. Kalo kita terus-terusan banding-bandingin negara Indonesia sama negara maju lain tanpa menyadari apa kelebihan negara sendiri, kapan negara kita bisa maju? Penduduknya aja sama sekali nggak punya kebanggaan terhadap tanah airnya.

Yang kurang dari Jakarta (dan ini super-mengenaskan) mungkin adalah keretanya. Gue masih sedih karena proyok monorel di Jakarta dihentikan, padahal siapa tau aja kan kalo dilanjutin, bisa mengurangi kemacetan. Coba tengok Prancis yang punya Metro, kereta cepat bawah tanah yang dioperasikan sejak tahun akhir 1800-an. Orang dari 100 tahun lalu bisa tanggap betul dalam mengatasi masalah kemacetan dan memberikan solusi brilian. Apa Indonesia nggak bisa seperti itu?

Gue yakin kita bisa... mungkin kalo bukan sekarang, suatu saat nanti. Pokoknya, gue harap Jakarta bisa segera berbenah, amiin.

I'm blessed and I'm thankful. Thanks God it's Friday :)

20/1/2012, 9:00 pm.
Esa Khairina.

[Dedicated for those who loves me and know myself more than I do: my family, SentaniAyu, MegaAjeng, AdindaMahardhika, AnnisaNurhikma, ListaApriyani, RachmiAnindyaputri, UlfaJamilah, NurAfiani, PratiwiAmalia, ElsavanieNadine, ZahraFauziyyah, DiniWahyuningtyas, NunikNur, someone overthere, ShabinaAlya, GanishaRadhisti, MariaChristia, SekarSafira, NadinePramestia. Keep rockin' my days! I heart y'all :)]

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire