dimanche 19 juin 2011

George, si Kura-Kura Galapagos, Hewan Terlangka di Dunia :O

Selama ini, kita sering mengira kalau badak Jawa adalah spesies terlangka di dunia karena jumlahnya tinggal 25 ekor. But, jangan salah, dude, karena ada hewan lain yang jumlahnya lebih sedikit dari badak Jawa, malah jumlahnya tinggal SATU ekor di seluruh jagat!

He is George, kura-kura Pinta yang mendiami Pulau Pinta, Ekuador. Dia adalah pejantan yang masuk dalam spesies Giant Galapagos Turtoise. Usianya kira-kira 60-90 tahun dan George sama sekali nggak ada keinginan buat kawin.

Lonesome George adalah spesies kura-kura raksasa terakhir dari pulau Pinta. Ia ditemukan pada 1 Desember 1971 oleh biologis AS, Joseph Vagvolgyi. Demi keselamatannya, George kemudian dipindahkan ke tempat penangkaran di Pusat Penelitian Charles Darwin. Setelah mencoba berbagai cara, mulai dari melakukan pembuahan buatan sampai membiarkan George melihat perkawinan kura-kura lain yang lebih muda, penjaganya hampir kehilangan harapan. George dinyatakan nggak mampu berkembang biak.

George udah dapet pacar :O
But, anyway, sekarang kita nggak perlu terlalu cemas lagi! Karena pada 2008 lalu, dia telah mengejutkan pengawasnya dengan mengawini seekor dari dua 'teman betina' yang spesiesnya hampir mirip dengan George yakni kura-kura darat Galapagos. Penjaga taman menemukan sebuah sarang dengan beberapa telur di kandang George dan menempatkan tiga butir diantaranya ke dalam inkubator.

Wah, kalo gitu, yuk kita berdoa supaya George bisa bertahan hidup dan Pulau Pinta nggak tersentuh tangan jahil manusia! Karena Ekuador telah mengumumkan bahwa kepulauan tersebut dalam keadaan bahaya, dan PBB mengatakan bahwa upaya untuk melindungi mereka harus diteruskan. Sekitar 20.000 spesies kura-kura darat sekarang hidup di kepulauan tersebut.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire